Masyarakat Diminta Siap-siap! Menko Luhut Sebut Tiga Bulan Kedepan Indonesia Alami Masa Krisis

Oleh : Ridwan | Sabtu, 19 September 2020 - 10:20 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)
Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia semakin bertambah dari hari ke hari. Pemerintah pun menyadari angka ini tidak bisa ditekan sepenuhnya karena belum tersedianya vaksin.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, tiga bulan ke depan merupakan masa kritis.

"Ini kita masuk dalam critical time, dua tiga bulan kedepan. Paling tidak sampai Desember ketika pemerintah sudah mengantongi vaksin," ujar Luhut dalam konferensi pers daring di Jakarta (18/9/2020) kemarin.

Dijelaskan Luhut, pemerintah baru akan mulai menyebarkan vaksin khususnya bagi para petugas medis secara bertahap mulai Desember mendatang hingga Januari tahun depan. Targetnya hingga Januari mendatang sudah ada 100 juta vaksin disebar ke masyarakat.

"Itu baru akan terkendali. Itu target kita. Lalu tahun depan baru kita akan dapat tambahan vaksin baru dari berbagai negara," ujar Luhut.

Namun, di masa genting tiga bulan ini pemerintah berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh protokol kesehatan.

Luhut memastikan penindakan atas pelanggaran protokol kesehatan akan lebih ditingkatkan ke depan. "Kita perlu upaya lebih tegas untuk bisa mengubah prilaku masyarakat," ujar Luhut.

Lebih lanjut, Luhut menegatakan, ada kenaikan jumlah kasus pada September dibandingkan Agustus meski kesembuhan juga naik. Namun, Luhut menilai ini memang karena masyarakat kurang disiplin terhadap protokol kesehatan sehingga kematian dan infeksi meningkat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BCA

Senin, 26 Oktober 2020 - 14:03 WIB

BCA Pastiakan Tak Ada Deposito Nasabah yang Hangus

Klaim tersebut tidak benar dan tidak berdasar karena deposito tersebut telah lama dicairkan. Bukti pencairan sudah sampaikan pada agenda pembuktian dalam proses pemeriksaan di Pengadilan Negeri…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 26 Oktober 2020 - 13:30 WIB

Menperin Agus Gerak Cepat Ciptakan Kawasan Industri Halal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong sektor manufaktur tanah air agar turut berkontribusi mewujudkan Indonesia yang mampu bersaing dalam industri halal hingga skala global.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan ke jajarannya

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:46 WIB

Satu Tahun Kerja, Mentan Minta Pertajam Program Yang Sudah Berjalan

Memasuki satu tahun kinerja Kabinet Indonedia Maju, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan sinergitas dan kinerja sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Pasar Indonesia Kegiatan Tahunan KBRI Pretoria (Photo by Kemlu)

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:15 WIB

Promosikan Kuliner Nusantara, KBRI Pretoria Selenggarakan Pasar Indonesia

Tahun ini walaupun diselenggarakan dengan skala lebih kecil, kami tetap menggelar Pasar Indonesia dengan semangat tinggi untuk memperkenalkan kuliner khas nusantara dan beragam produk Indonesia.

Trio Macan

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:00 WIB

Artis Trio Macan Ramaikan Mancing Galatama PWI Jaya dan IBR Relation

Acara Lomba Mancing Galatama ini baru pertamakalinya kami gelar, peminatnya luar biasa banyak, tetapi karena kita membatasi 100 peserta maka banyak yang terpaksa kami tolak karena keterbatasan…