Tekankan Peran Aktif Kolaborasi Multipihak dalam Penanganan Covid-19

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 16 September 2020 - 11:15 WIB

Anggota Komisi VII DPR RI - Andi Yuliani Paris (Photo by Parlementaria Terkini-DPR)
Anggota Komisi VII DPR RI - Andi Yuliani Paris (Photo by Parlementaria Terkini-DPR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berbicara soal penanganan Covid-19 Anggota BKSAP DPR RI Andi Yuliani Paris menekankan pentingnya peran aktif multipihak. Kolaborasi multipihak antara lain ditunjukkan melalui kerja sama Indonesia dengan berbagai negara.

Indonesia juga menjadi bagian komunitas internasional dalam pengembangan vaksin. Hal itu disampaikan Andi Yuliani Paris saat menghadiri Sidang Komisi Sosial pada Sidang Umum ke-41 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) secara virtual, baru - baru ini.

Politisi dari F-PAN ini mengingatkan agar upaya penanganan pandemi jangan sampai mengalihkan perhatian dari isu-isu mendesak lainnya. Sektor pariwisata termasuk yang paling terpukul oleh pandemi dan sekarang saatnya bersama-sama mengembangkan rencana pemulihan pasca Covid-19.

"Ide travel corridor antar Negara Anggota ASEAN yang dikemukakan oleh Presiden Joko Widodo pada KTT ASEAN patut untuk dibahas secara lebih rinci," tutur Andi Yuliani Paris melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (16/9).

Andi Yuliani juga menyoroti proses pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs) yang terhambat akibat pandemi Covid-19. Ia menyampaikan,  menurut penilaian dari UNESCAP, pemenuhan agenda SDGs menjadi terhambat terutama pada agenda yang berkaitan dengan lingkungan.

Oleh karena itu parlemen anggota AIPA diharapkan tetap mempertahankan komitmen serta meningkatkan upaya dalam memerangi perubahan iklim tanpa mengesampingkan fenomena pandemi Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut, dia juga memberikan input terhadap draf resolusi yang akan dihasilkan dengan mengusulkan untuk menghapus pembentukan komite biodiversity.

Delegasi Indonesia menilai dengan adanya pembentukan komite tersebut, maka timbul potensi budaya proliferasi dalam mekanisme pembahasan di AIPA.

Andi Yuliani menilai bahwa pembahasan isu biodiversity akan lebih baik jika tetap dilaksanakan dalam kerangka komisi sosial. Selain itu, penanganan biodiversity telah berada di dalam kerangka komite ASEAN.

Komisi Sosial sendiri menghasilkan rancangan resolusi yang berjudul “Advancing AIPA’S Role in Supporting ASEAN Socio Cultural Community in Responding to COVID-19” yang kemudian diadopsi sebagai salah satu outcome dokumen SIUM ke-41 AIPA.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pastor Roberto Malgesini, seorang imam berusia 51 tahun ditemukan tewas akibat luka tikam pada Selasa, 15 September 2020 di dekat parokinya di Gereja St. Rocco di Kota Como, Italia/ foto sumber: sesawi.net

Senin, 21 September 2020 - 09:19 WIB

Pastor Ganteng di Italia Ini Tewas Ditikam oleh Imigran yang Biasa Dibantunya

akarta– Pastor Roberto Malgesini, seorang imam berusia 51 tahun ditemukan tewas akibat luka tikam pada Selasa, 15 September 2020 di dekat parokinya di Gereja St. Rocco di Kota Como, Italia.…

Gedung Kementerian ESDM

Senin, 21 September 2020 - 09:19 WIB

Gedung Kementerian ESDM Raih Penghargaan Gedung Hemat Energi se-ASEAN

Pengumuman dan penganugerahan pemenang akan dilakukan pada The 38th ASEAN Ministers on Energy Meeting di Da Nang, Vietnam, November 2020 mendatang.

Pengurangan Risiko Penularan Covid-19 di Transportasi Udara

Senin, 21 September 2020 - 09:05 WIB

Kaji Penguatan Standar Kesehatan pada Transportasi Udara Selama Pandemi, Litbang Perhubungan Gandeng Universitas Indonesia

Jakarta–Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total selama dua minggu terhitung sejak per 14 September 2020.

Pembangunan madrasah

Senin, 21 September 2020 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Genjot Rehabilitasi 780 Sekolah dan 192 Madrasah pada 2020

Tercatat rehabilitasi sekolah yang telah ditangani hingga September 2020 mencapai 2.247 Sekolah dan 334 Madrasah yang sebanyak 780 unit sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 192 unit madrasah (Ibtidaiyah,…

Labuan Bajo NTT

Senin, 21 September 2020 - 09:00 WIB

Pembangunan Bandara dan Pelabuhan Disiapkan Dukung Pariwissata Labuhan Bajo

Pembangunan infrastruktur khususnya dalam sektor transportasi harus dilanjutkan karena dapat membantu percepatan ekonomi nasional dengan menciptakan lapangan kerja baru hingga membuka konektivitas…