Soal PSBB Pengusaha Pasrah, KADIN: Semoga Anggaran PEN Ditambah untuk Pelaku Usaha Bertahan Menyambung Nafas

Oleh : Candra Mata | Senin, 14 September 2020 - 16:06 WIB

Ketum KADIN Indonesia Rosan P Roeslani (foto ANTARA)
Ketum KADIN Indonesia Rosan P Roeslani (foto ANTARA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) meminta Pemerintah agar dapat menambah alokasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membantu para  pelaku usaha bertahan di menghadapi PSBB Jilid II Jakarta.

"Pemerintah diharapkan menambah anggaran pengaman sosial bagi pelaku usaha, karena cash flow masih menjadi masalah utama. Semoga pemerintah bisa meningkatkan anggaran PEN untuk menyambung nafas para pelaku usaha," kata Rosan kepada Bisnis.com seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari laman Tempo.co pada Senin (14/9). 

Menurut Rosan, para pelaku usaha tidak memiliki pilihan lain kecuali menerima dan mencoba bertahan akibat dampak dari keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mulai berlakukan PSBB hingga dua pekan kedepan.

"Poses pemulihan bisnis akan berlangsung sedikit lebih lama dengan adanya PSBB Jilid II," ujarnya.

Perlu diketahui, ada 11 sektor yang masih di izinkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan beroperasi, selama PSBB jilid II yakni sektor kesehatan, bahan pangan, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis. 

Kemudian pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu.

Sedangkan Mal, seluruh tempat hiburan dan wisata seperti Ragunan, Monas, Ancol, dan taman kota akan tutup selama PSBB total. 

Sementara untuk kafe dan restoran di Jakarta tetap boleh beraktifiyas namun dengan hanya melayani atau menerima pesanan take away dan delivery.

Adapun, seluruh perusahaan di Jakarta diharuskan melakukan Work From Home (WFH) selama masa PSBB berlangsung. 

Namun, perusahaan tetap diizinkan beroperasi dengan melakukan pengurangan jumlah pegawai serta pengetatan protokol kesehatan.

"Apabila kedapatan ada kasus, maka tidak hanya perusahaan tersebut yang dilarang beroperasi melainkan satu gedung akan ditutup selama tiga hari," ujar Anies pada Minggu (13/9).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…