Gerbang Betawi: Corona Ingatkan Masyarakat Selalu Bersih Lahir dan Batin

Oleh : Wiyanto | Minggu, 13 September 2020 - 12:52 WIB

Ondel-ondel, Merupakan Salah Satu Ciri Khas Masyarakat Betawi (Foto: mrosyidin8.wordpress.com)
Ondel-ondel, Merupakan Salah Satu Ciri Khas Masyarakat Betawi (Foto: mrosyidin8.wordpress.com)

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Di tengah Pandemi Covid-19, Gerakan Kebangkitan Betawi (Gerbang Betawi) menggelar Rapat Kerja (Raker) II via zoom, Sabtu (12/9/2020). Raker yang bertemakan “Saatnya Gerakan Kebangkitan Betawi Memimpin Perubahan Masyarakat Betawi” diikuti oleh sejumlah Pengurus Gerbang Betawi.

Ada beberapa agenda yang dibahas dalam Raker Gerbang Betawi II, yakni: Evaluasi Kinerja, Restrukturisasi Organisasi, dan Penyusunan Program Kerja. Acara dimulai dengan melantunkan ayat Suci Al Qur’an dan Saritilawah, dilanjutkan menyanyikan lagu Mars Gerbang Betawi.

Raker Gerbang Betawi dibuka oleh Direktur Eksekutif Gerbang Betawi, dr. H. Ashari, dilanjutkan Pidato Kebudayaan “Perang Budaya Tiada Henti” oleh dr. Chairil Anwar. Sesi berikutnya, Rapat Pleno (membahas Restruktur Organisasi dan Program).

Dalam sambutan Raker Virtual, Direktur Eksekutif Gerbang Betawi, dr. H. Ashari, Sabtu (12/9/ 2020), mengatakan, Allah Swt yang memungkinkan kita bisa menggelar Rapat Kerja atau Raker Gerbang Betawi, di tengah pandemi Covid-19 yang dalam banyak hal, mengubah kebiasaan-kebiasaan hidup kita, menjadi lebih terbatas.

“Sudah enam bulan kita seolah hidup dalam ketidak-pastian. Kehidupan kita seolah berada di antara kecemasan dan harapan. Kita seperti berjalan di lorong panjang yang gelap tidak berujung,” kata Bang Ashari.

Dikatakan dr. Ashari, makin maju peradaban manusia, makin canggih ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan, makin unik juga karakter virus. Dan COVID 19 telah menyeret dunia ke bibir jurang krisis kesehatan yang dahsyat. Terutama karena dampak ikutannya secara sosial, ekonomi, dan politik.

“Berbagai negara dan bangsa di berbagai belahan dunia, bahkan yang mempunyai sistem layanan kesehatan yang maju, dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir, juga mengalami persoalan yang nyaris sama.”

Lebih lanjut, dr. Ashari mengatakan, Protokol Covid-19, secara hikmah dapat dipahami sebagai cara Allah untuk mengingatkan kembali kita untuk menjalani kehidupan sungguh bersih lahir dan batin, sehat jasmani dan ruhani. Seimbang dalam menjalankan kewajiban utama manusia untuk beribadah sebagai bagian dari upaya mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, dan terbebas dari malapetaka.

“Protokol Covid-19 secara hikmah juga dapat dipahami sebagai cara Allah mengingatkan agar manusia kian mendekat kepadanya, kian intens melakukan hubungan dengan-Nya. Jauh dari kerumunan yang lebih banyak menimbulkan kemudharatan.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselir Jerman Angela Merkel saat membukan Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:21 WIB

Menperin: Bapak Presiden Optimis Industri 4.0 Jadikan Indonesia Top 10 Ekonomi Global di 2030

Pemerintah optimistis penerapan industri 4.0 dapat mewujudkan visi besar untuk menjadikan Indonesia bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Aspirasi…

Presiden Jokowi di Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:17 WIB

Jokowi Bicara Pentingnya SDM Industri 4.0 di Hannover Messe 2021

Saat pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, Presiden Joko Wododo (Jokowi) menegaskan tiga hal utama dalam mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0.  Pertama, penguatan SDM…

Hotel Boutique Sala Bangkok

Selasa, 13 April 2021 - 12:00 WIB

Tim Eksekutif Dukung Pembukaan Hotel Sala Boutique Bangkok

Boutique Sala Bangkok, hotel dan resor bergaya dan bersahabat dari SALA Hospitality Group, telah memperkenalkan jajaran profesional perhotelan yang sangat terampil untuk memimpin sala bang pa-in,…

Pertamedika IHC Bersama Google Cloud

Selasa, 13 April 2021 - 11:42 WIB

Wow! Pertamedika IHC Bersama Google Cloud Luncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi di 73 Rumah Sakit BUMN

Sistem OSS yang dihosting di Google Cloud merupakan pilar utama dari transformasi digital Pertamedika IHC dan menjadikan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia ini sebagai ujung tombak inovasi…

dr Terawan (foto Ist)

Selasa, 13 April 2021 - 11:22 WIB

VAKSIN Nusantara sudah dimatikan. Hidup Vaksin Nusantara!

Kemarin pagi orang antre di Rumah Sakit TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta: menjalani vaksinasi mandiri lewat Vaksin Nusantara. Salah satu yang kelihatan di situ adalah tokoh…