Sutradara Garin Nugroho, Jadi Ketua Juri Seleksi Film Indonesia untuk Oscar 2021

Oleh : Herry Barus | Minggu, 13 September 2020 - 12:59 WIB

Sutradara Garin Nugroho
Sutradara Garin Nugroho

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ajang pemberian penghargaan insan film dunia berprestasi ke 93 yang digelar tahun 2021 mendatang siap untuk digelar. Indonesia yang sudah beberapa kali membuktikan ajang paling bergengsi insan film ini mulai memilah dan memilih film Indonesia yang bakal disertakan pada The 93rd Academy Awards atau penyerahan piala Oscar 2021 yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) rencananya baru akan diadakan pada 25 April 2021.

Meski masih delapan bulan ke depan, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) yang menjadi saluran resmi pengiriman film Indonesia ke ajang internasional di AS itu, telah membentuk Komite

Seleksi Oscar Indonesia atau The Indonesian Oscar Selection Committee yang bertugas memilih film dari Indonesia yang akan diikutkan dalam ajang tersebut.

Pada rapat perdana secara daring, Kamis (10/9/20) sore. Komite memilih Garin Nugroho  sebagai ketuanya. Komite yang beranggotakan 13 orang itu nantinya akan memilih film  Indonesia yang akan dikirim ke ajang Oscar untuk kategori International Feature Film Award,  yang sebelumnya bernama Best Foreign Language Film Award.

Selain Garin sebagai ketua, rapat komite juga memilih Titien Wattimena sebagai sekretaris  komite.

Komite Seleksi tersebut terdiri dari para profesional perfilman, pengamat perfilman, seperti,  Alim Sudio, Tya Subiakto, Benni Setiawan, Widyawati, Chand Parwez Servia, Yudi Datau, Deddy Mizwar, Zairin Zain, Garin Nugroho, Hanung Bramantyo, Ilham Bintang, Sentot Sahid  dan Tittien Wattimena.

Beberapa hal disepakati oleh komite. Misalnya, Komite Seleksi akan melakukan proses penilaian  awal dari tgl 11 -23 September 2020, berbasis data list film yang beredar di bioskop mulai  periode 1 Oktober 2019 . Kemudian, setiap anggota komite akan memilih 3-5 film pilihannya dan dikirim hasilnya tanggal 23 September 2020. Setelah itu Komite akan menetapkan film  Unggulan dilanjutkan penetapan akhir untuk film Pilihan Komite.

“Prosedur memilih dikembalikan pada etika profesional masing - masing anggota dalam menilai  dan memilih film” kata Garin Nugroho selaku Ketua Komite Seleksi.

Academy Awards membuka kesempatan bagi setiap negara untuk mengirim satu film sebagai  perwakilan resmi di kategori International Feature Film Award. Tahun ini, syarat terpentingnya  film itu harus sudah tayang selama minimal tujuh hari di bioskop, periode mulai dari 1 Oktober  2019 hingga Desember 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi mahasiswa Institut Teknologi Indonesi (foto ANTARA)

Senin, 12 April 2021 - 14:25 WIB

Komisi VII Dorong ITI Bermitra dengan Industri Nasional

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendorong Institut Teknologi Indonesia (ITI) untuk bermitra dengan dunia industri nasional. Menurutnya, ITI telah memnuhi syarat sumber daya manusia…

Anubis digadang – gadang oleh banyak pihak akan menjadi kendaraan listrik roda dua favorit generasi milenial

Senin, 12 April 2021 - 14:23 WIB

Dahsyat, Baran Energy Luncurkan Anubis, Sepeda Motor Listrik Bergaya Adventure Futuristic

Bogor – Baran Energy, salah satu perusahaan baterai listrik dan otomotif terdepan dan terinovatif di Indonesia, Senin (12/4/21), bertempat di Sirkuit Sentul, Bogor, secara resmi meluncurkan…

BSD City TOD

Senin, 12 April 2021 - 14:20 WIB

BSD City Segera Dilengkapi Fasilitas Proyek Transit Oriented Development

Lebih dari sekedar TOD, proyek tersebut akan menjadi pengembangan pertama di Jabodetabek yang akan terintegrasi dengan beberapa moda transportasi sekaligus. Proyek ini merupakan proyek pertama…

Makan malam Keluarga Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Senin, 12 April 2021 - 14:20 WIB

Kumpul Bareng Keluarga, Anies: Bahagia Itu Sederhana! Netizen: Aku yang di Mexico Senang Melihatnya...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai banjir apresiasi usai mengunggah sejumlah potret makan malam bersama keluarga di akhir pekan. "Kebahagiaan itu sederhana. Makan malam bersama sekeluarga.…

sumber : pinterest.com

Senin, 12 April 2021 - 14:01 WIB

Catat ya Kaum Hawa, Ada 5 Merk Sheet Mask yang Bikin Wajahmu Cerah dan Kenyal, Cocok untuk Semua Jenis Kulit!

Jakarta-Beberapa tahun kebelakang memiliki wajah glowing bak artis Korea memang menjadi impian banyak perempuan. Tapi mungkin, saat ini menjadi glowing bukan lagi impian para kaum hawa.