Benarkah Buzzer dan Influencer Jadi Solusi? Kornas Jokowi: Enggak, Malah Bikin Gaduh!

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 05 September 2020 - 14:40 WIB

Deputi Sosial Politik G-7, Akhrom Saleh
Deputi Sosial Politik G-7, Akhrom Saleh

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kontroversi peran Buzzer dan Influenzer yang jasanya digunakan oleh pemerintah mendapat sorotan dari Relawan Jokowi (Relawan Darat). Pasalnya menurut Sekjen Kornas-Jokowi Akhrom Saleh, masalah dimasyarakat atau akar rumput sekarang ini tidak dapat diselesaikan hanya menggunakan pola-pola pendekatan komunikasi Buzzer dan Influenzer.

“Jadi pertanyaan, apakah Buzzer dan Influencer bisa mengetahui apa yang menjadi masalah di masyarakat atau akar rumput?,” ujar Akhrom dalan keterangannya, Sabtu (5/9/2020).

Menurutnya, salah satu masalah di akar rumput saat ini adalah terkait persoalan daya beli masyarakat yang menurun signifikan akibat dampak Covid-19. 

“Apakah hal itu bisa diatasi dengan cara-cara komunikasi buzzer dan influencer, kan nggak. Malah tambah bikin gaduh,” tegas Akhrom. 

Sebab, lanjutnya, miss-informasi kerap terjadi terkait kondisi riil diakar rumput, bahkan nyaris tidak nyambung dengan kebijakan yang dibuat.

"Sampai ada pejabat yang bilang terjadi kesalahan dalam menghitung APBN uuntuk pemulihan Ekonomi dari 35 Triliun menjadi hanya 3 Triliun, ini kan sangat fatal,"ujarnya.

Selain itu Akhrom menilai, dewasa ini para pembantu presiden tidak mempunyai kecakapan dan kepekaan (sense) terhadap apa yang menjadi problem atau kesulitan masyarakat.

"Birokrasi terlalu kaku, menteri dan wamennya tidak punya empati terhadap kesulitan di masyarakat bawah," imbuhnya.

“Mereka semua hanya mengandalkan konsultan, ditambah lagi kelakuan birokrasi yang makin memperburuk situasi. Menteri dan wakil nya nyaris sibuk mem-branding diri, sama sekali tdk mempunyai empati terhadap kesulitan diakar rumput” jelas Ahkrom.

Untuk itu, Ia berharap, persoalan yang ada dimasyarakat dapat dicarikan solusi melalui pendekatan secara langsung. Bukan melalui kampanye ala buzzer dan influencer langit.

“Saya kira peran relawan darat harus dioptimalkan. Apalagi kalau saya tidak salah ada 2700 organisasi relawan-Jokowi yang teregister. Ya untuk sebuah organisasi relawan bukan angka yang sedikit. Jadikan mereka bagian dari solusi, jangan hanya terkesan dipakai sekedar vote getter kala pilpres pilkada saja,” ungkapnya.

“Dan jangan lupa hampir semua organ relawan memiliki divisi udara, beberapa bahkan punya media online sendiri. kalau itu dioptimalkan pemerintah bisa dapat manfaat ganda, dan problem di akar rumput bisa terjawab,” tutup Akhrom yang organisasinya tergabung di Komite Penggerak Nawacita (KPN) ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…