Produk Paving Unggulan Dari Trakindo Ini Siap Dukung Peningkatan Kualitas Jalan Nasional

Oleh : Hariyanto | Selasa, 01 September 2020 - 14:46 WIB

Produk Paving Dari Trakindo
Produk Paving Dari Trakindo

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Untuk mendapatkan hasil konstruksi jalan yang optimal dibutuhkan pengerjaan yang maksimal dalam setiap tahapannya, serta dukungan alat yang tepat. Karena alasan itu, jajaran lini produk paving unggulan dari Trakindo siap mendukung peningkatan produktivitas dan kualitas jalan di beragam kondisi dan kontur tanah di Indonesia.

Ertrianta Adi Prabawa, Product Manager Trakindo mengatakan, bahwa tahapan proses konstruksi jalan aspal yang baik sejak awal, bisa memperpanjang umur dari jalan yang dibuat. Untuk itu, Trakindo memiliki jajaran lini produk paving unggulan untuk memastikan hasil jalan aspal terbaik di berbagai kondisi dan kontur tanah Indonesia.

"Mulai dari pekerjaan memadatkan tanah dengan vibratory soil compactor Cat CS11GC, menutup seluruh bagian jalan dengan aspal dengan produk asphalt paver Cat AP355F, memadatkan dan meratakan aspal dengan produk tandem roller Cat CB10, serta tahapan akhir yang membuat permukaan jalan menjadi mulus dengan produk pneumatic tire roller (PTR) Cat CW34," kata Ertrianta lewat keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (1/9/2020).

Salah satu tahapan awal yang harus dilakukan dalam proses pembuatan jalan aspal, yaitu proses pemadatan tanah. Pada tahapan ini Trakindo mengedepankan produk Cat CS11GC dengan berat operasi  10 ton. Produk ini merupakan vibratory soil compactor yang pintar dengan desain kontrol operator yang mudah, bahkan untuk operator pemula sekalipun.

Cat CS11GC memiliki berbagai fitur unggulan, seperti machine drive power (MDP), teknologi pintar ini dapat memberikan informasi jika kepadatan sudah sesuai dengan persentase yang dibutuhkan, hal ini membantu pekerjaan pemadatan tanah agar lebih efektif karena menghindari terjadinya pengulangan lintasan

Dilengkapi dengan high amplitude dan static linear load terbesar di kelasnya sehingga menghasilkan pemadatan yang lebih cepat dan maksimal, serta kemampuan gradeability hingga 55%, menjadikannya sangat tepat untuk wilayah Indonesia yang memiliki beragam kontur tanah, bahkan untuk beroperasi pada jalan menanjak.

Dari sisi penghematan biaya operasional, produk ini dilengkapi dengan fitur Eco-Mode yang membuatnya lebih hemat bahan bakar hingga 18% dibanding pendahulunya, serta desain pod style eksklusif dengan servis interval hingga 3 thn/3000 jam.

Setelah tanah memiliki tingkat kepadatan yang diharapkan, langkah selanjutnya adalah penutupan tanah dengan aspal menggunakan produk asphalt paver unggulan dari Trakindo, yaitu Cat AP355F. Dilengkapi dengan lebar paving atau gelar aspal 4,6 meter atau sesuai dengan kebutuhan pembangunan jalan di Indonesia mulai dari jalur pedesaan hingga jalur lintas provinsi.

Produk ini juga didukung dengan berbagai inovasi teknologi, yaitu undercarriage dengan mobile track system yang menggabungkan kelebihan dari paver steel track dan rubber wheel sehingga memungkinkan alat mendapatkan traksi yang optimal dengan mobilitas tinggi.

Selain itu, juga dilengkapi dengan generator yang terbesar di kelasnya, sehingga proses pemanasan material aspal lebih optimal dan tidak menggumpal pada saat ditempatkan ke lokasi yang ditentukan, hal ini tentu membuat waktu tunggu operator semakin cepat dan membuatnya lebih hemat bahan bakar.

Setelah dilakukan penuangan aspal, kemudian jalan akan dipadatkan kembali dengan tandem roller unggulan Trakindo  Cat CB10  yang memiliki berat operasi 10 ton. Sangat tepat untuk pekerjaan pembuatan jalur ibu kota, lintas provinsi, hingga landasan pacu pesawat secara tepat.

Hadir dengan dua buah drum roller berukuran 1,7m dengan penggetar independen yang mampu dioperasikan secara simultan maupun secara terpisah. Membuat proses pemadatan aspal pada jalan semakin luas dan cepat.

Pada tahapan selanjutnya, Trakindo mengedepankan produk pneumatic tire roller Cat CW34 dengan berat operasi di antara 10 sampai 27 ton guna menghasilkan pemadatan dan tingkat kehalusan aspal yang sesuai. Produk ini hadir dengan 8 roda penggilas dari ban karet khusus yang dipompa (pneumatic).

Hal ini memungkinkan kneading effect, yaitu proses penekanan air dan udara menuju daerah luar tepi ban dan menguap pada keadaan udara yang kering sehingga aspal akan semakin padat dan halus untuk dilintasi. Selain itu, operator juga dapat mengatur posisi duduknya sesuai keinginan, maju mundur serta ke kiri dan ke kanan sehingga akan lebih memudahkan operator dalam pengoperasiannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Tujuan diselenggarakannya Entry Briefing adalah sebagai ruang untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat Danyonmarhanlan XII yang baru, menyampaikan rencana pembinaan dan operasi Yonmarhanlan…

345 Bintara dan Tamtama Remaja Perkuat Korps Baret Ungu

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:00 WIB

345 Bintara dan Tamtama Remaja Perkuat Korps Baret Ungu

Bintara dan Tamtama Remaja tersebut resmi menyandang Baret Ungu Korps Marinir, setelah disematkannya baret pada Upacara Pembaretan yang dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar)…