Produk Paving Unggulan Dari Trakindo Ini Siap Dukung Peningkatan Kualitas Jalan Nasional

Oleh : Hariyanto | Selasa, 01 September 2020 - 14:46 WIB

Produk Paving Dari Trakindo
Produk Paving Dari Trakindo

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Untuk mendapatkan hasil konstruksi jalan yang optimal dibutuhkan pengerjaan yang maksimal dalam setiap tahapannya, serta dukungan alat yang tepat. Karena alasan itu, jajaran lini produk paving unggulan dari Trakindo siap mendukung peningkatan produktivitas dan kualitas jalan di beragam kondisi dan kontur tanah di Indonesia.

Ertrianta Adi Prabawa, Product Manager Trakindo mengatakan, bahwa tahapan proses konstruksi jalan aspal yang baik sejak awal, bisa memperpanjang umur dari jalan yang dibuat. Untuk itu, Trakindo memiliki jajaran lini produk paving unggulan untuk memastikan hasil jalan aspal terbaik di berbagai kondisi dan kontur tanah Indonesia.

"Mulai dari pekerjaan memadatkan tanah dengan vibratory soil compactor Cat CS11GC, menutup seluruh bagian jalan dengan aspal dengan produk asphalt paver Cat AP355F, memadatkan dan meratakan aspal dengan produk tandem roller Cat CB10, serta tahapan akhir yang membuat permukaan jalan menjadi mulus dengan produk pneumatic tire roller (PTR) Cat CW34," kata Ertrianta lewat keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (1/9/2020).

Salah satu tahapan awal yang harus dilakukan dalam proses pembuatan jalan aspal, yaitu proses pemadatan tanah. Pada tahapan ini Trakindo mengedepankan produk Cat CS11GC dengan berat operasi  10 ton. Produk ini merupakan vibratory soil compactor yang pintar dengan desain kontrol operator yang mudah, bahkan untuk operator pemula sekalipun.

Cat CS11GC memiliki berbagai fitur unggulan, seperti machine drive power (MDP), teknologi pintar ini dapat memberikan informasi jika kepadatan sudah sesuai dengan persentase yang dibutuhkan, hal ini membantu pekerjaan pemadatan tanah agar lebih efektif karena menghindari terjadinya pengulangan lintasan

Dilengkapi dengan high amplitude dan static linear load terbesar di kelasnya sehingga menghasilkan pemadatan yang lebih cepat dan maksimal, serta kemampuan gradeability hingga 55%, menjadikannya sangat tepat untuk wilayah Indonesia yang memiliki beragam kontur tanah, bahkan untuk beroperasi pada jalan menanjak.

Dari sisi penghematan biaya operasional, produk ini dilengkapi dengan fitur Eco-Mode yang membuatnya lebih hemat bahan bakar hingga 18% dibanding pendahulunya, serta desain pod style eksklusif dengan servis interval hingga 3 thn/3000 jam.

Setelah tanah memiliki tingkat kepadatan yang diharapkan, langkah selanjutnya adalah penutupan tanah dengan aspal menggunakan produk asphalt paver unggulan dari Trakindo, yaitu Cat AP355F. Dilengkapi dengan lebar paving atau gelar aspal 4,6 meter atau sesuai dengan kebutuhan pembangunan jalan di Indonesia mulai dari jalur pedesaan hingga jalur lintas provinsi.

Produk ini juga didukung dengan berbagai inovasi teknologi, yaitu undercarriage dengan mobile track system yang menggabungkan kelebihan dari paver steel track dan rubber wheel sehingga memungkinkan alat mendapatkan traksi yang optimal dengan mobilitas tinggi.

Selain itu, juga dilengkapi dengan generator yang terbesar di kelasnya, sehingga proses pemanasan material aspal lebih optimal dan tidak menggumpal pada saat ditempatkan ke lokasi yang ditentukan, hal ini tentu membuat waktu tunggu operator semakin cepat dan membuatnya lebih hemat bahan bakar.

Setelah dilakukan penuangan aspal, kemudian jalan akan dipadatkan kembali dengan tandem roller unggulan Trakindo  Cat CB10  yang memiliki berat operasi 10 ton. Sangat tepat untuk pekerjaan pembuatan jalur ibu kota, lintas provinsi, hingga landasan pacu pesawat secara tepat.

Hadir dengan dua buah drum roller berukuran 1,7m dengan penggetar independen yang mampu dioperasikan secara simultan maupun secara terpisah. Membuat proses pemadatan aspal pada jalan semakin luas dan cepat.

Pada tahapan selanjutnya, Trakindo mengedepankan produk pneumatic tire roller Cat CW34 dengan berat operasi di antara 10 sampai 27 ton guna menghasilkan pemadatan dan tingkat kehalusan aspal yang sesuai. Produk ini hadir dengan 8 roda penggilas dari ban karet khusus yang dipompa (pneumatic).

Hal ini memungkinkan kneading effect, yaitu proses penekanan air dan udara menuju daerah luar tepi ban dan menguap pada keadaan udara yang kering sehingga aspal akan semakin padat dan halus untuk dilintasi. Selain itu, operator juga dapat mengatur posisi duduknya sesuai keinginan, maju mundur serta ke kiri dan ke kanan sehingga akan lebih memudahkan operator dalam pengoperasiannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…