Sah! Safeguard Keramik Asal India dan Vietnam Diketok, Asaki Bakal 'Ngegas' Ekspor

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 Agustus 2020 - 13:53 WIB

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri keramik nasional kini bisa bernafas lega setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 111 Tahun 2020 tentang tindakan pengamanan (Safeguard) untuk produk-produk impor dari India dan Vietnam.

"Meskipun sedikit terlambat, namun kami mengapresiasi dukungan dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Keuangan," kata Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto kepada Industry.co.id di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Dijelaskan Edy, penetapan safeguard atas produk keramik impor asal India dan Vietnam menjadi angin segar bagi industri keramik nasional. Pasalnya, safeguard tersebut akan mempercepat industri keramik untuk bangkit kembali pasca gangguan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan rendahnya daya beli masyarakat saat ini.

Menurutnya, ancaman keramik impor dari India dan Vietnam sangat mengganggu langkah pemulihan industri keramik dan memaksa terpangkasnya tingkat utilisasi industri keramik khususnya untuk produksi homogeneus tiles atau granito dengan tingkat utilisasi dibawah 50%.

Berdasarkan data yang dihimpun Asaki, ditengah kondisi pandemi Covid-19, angka impor pada semester I-2020 hanya turun 2 persen.

"Angka ini tentunya mengejutkan dan mengkhawatirkan buat industri keramik dalam negeri, terlebih angka impor dari India malah meningkat 57% (yoy) dan tahun 2019 naik 13 kali lipat," jelas Edy.

Oleh karena itu, Asaki akan terus memantau efektivitas pemberlakuan safeguard dalam kurun waktu satu tahun kedepan, terlebih lagi harga gas India mulai turun per 1 april 2020 ke harga 2,5 USD/MMBTU

Ditambah lagi, mulai pertengahan Juni Produk India dikenai BMTP Antidumping oleh negara-negara Teluk dan Eropa dgn rata2 tambahan bea masuk di atas 60%.

"Ini merupakan ancaman serius, bakal terjadi pengalihan penjualan ke Indonesia dalam jumlah yang sangat masif," tegasnya.

Lebih lanjut, Edy berharap dengan penetapan safeguard atas produk India dan Vietnam ditambah stimulus harga gas USD 6 per MMBTU dapat meningkatkan daya saing industri keramik nasional serta memperkuat ekspor ditengah lemahnya daya beli di dalam negeri.

"Proyeksi Asaki semula penjualan tahun ini akan mengalami penurunaan sekitar 15-25%. Namun, dengan adanya safeguard dan stimulus harga gas bisa menekan penurunan penjualan di angka 10-15%," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Selasa, 13 April 2021 - 07:50 WIB

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam sambutannya mengatakan, latar belakang pemberian nama Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cup 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M.

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Pangkogabwilhan I Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Sambut Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan MT…