Morotai Dapat Bantuan Bus Air Berkapasitas 50 Penumpang dari Kemenhub, Layani Rute Daruba-Dodola

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:50 WIB

Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara
Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara

INDUSTRY.co.id - Morotai - Sebagai bentuk dukungan kepada Morotai sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Perhubungan memberikan bantuan berupa Bus Air bekapasitas 50 Penumpang.

"Bus Air ini merupakan kapal bantuan Kemenhub, melalui Ditjen Perhubungan Darat," kata Bupati Morotai Benny Laos pada Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara, Selasa (25/8/2020).

Benny menceritakan, saat peletakan lunas secara simbolis, saya diinformasikan oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi bahwa Bus Air tersebut multi fungsi. Artinya, Bus Air ini bisa untuk mengangkut penumpang, juga untuk kapal wisata. 

"Jika rampung nanti, dan telah diserah-terimakan, Bus Air yang merupakan Ide Pak Menteri Perhubungan ini akan kita gunakan melayani Daruba-Dodola PP," kata Benny.

Ia juga menyampaikan, bahwa dukungan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat untuk Morotai tersebut merupakan Komitmen Pemerintah. "Komitmen Bapak Presiden dalam menjalankan 6 (enam) kebijakan mandatori di antaranya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," ungkapnya.

Benny menambahkan, Bus Air dengan kapasitas 50 orang penumpang ini adalah salah satu dari sekian banyak bantuan Kemenhub, Khususnya Ditjen Perhubungan Darat yang sudah di terima. 

Aelain memberikan bantuan Bus Air, sebelumnya Kemenhub juga turut berperan serta terhadap pengembangan KSPN di Morotai melalui Ditjen Perhubungan Darat menghadirkan Pelabuhan Penyebrangan, Bus-bus Wisata, lampu jalan, serta peremajaan bus-bus Damri. 

"Seperti yang sudah terlihat, revitalisasi Pelabuhan Ferry, bantuan bus-bus wisata, peremajaan armada Damri, serta penerangan jalan umum," ujarnya.

Dia berharap, dengan keberadaan Bus Air tersebut akan meningkatkan layanan transportasi dengan harga terjangkau menuju destinasi wisata. 

"Dengan demikian, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Karena bagi wisatawan, pelayanan dan fasilitas-lah yang utama. Sebagai insan pariwisata, kita mesti menjemput berkah ini untuk kemakmuran masyarakat Morotai," katanya.

Dengan peletakan lunas yang dilakukan secara simbolis bersama-sama dengan Dirjen Perhubungan Darat, Direktur Transportasi SDP, Kepala BPTD Wilayah XXIV Maluku Utara, Biro Klasifikasi Indonesia, Direktur Utama PT.ASDP Indonesia menandai dimulainya implementasi rancangbangun kapal.

Rencananya, Bus Air Ro-Ro (rol on rol off) yang dibangun akan melayani rute Daruba-Dodola Pulang Pergi (PP). "Dengan semakin banyak moda transportasi murah dan aman diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisata di Morotai. Untuk itu, bisnis pariwisata Morotai semakin hidup dan membawa kemaslahatan bagi warga Morotai," tutupnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menpeein Agus Gumiwang, Menko Perekonomian Airlangga, Menteri PUPR, Menkeu Sri Mulyani saat Konfrensi Pers Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:49 WIB

Agus Gumiwang Unggah Potret Bareng Airlangga, Basuki dan Sri Mulyani, Netizen: Sukses Pak....

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mencuri perhatian masyarakat usai mengunggah sebuah potret "langka" bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR,…

Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:18 WIB

Cinta Buatan Indonesia, Erick Thohir: Selalu Menempel! Mulai dari Batik, Makanan Sampai Sneakers...

Menteri BUMN Erick Thohir menuai banjir komentar dari masyarakat usai mengunggah sebuah lagu berjudul "Aku Cinta Buatan Indonesia" yang diciptakan oleh musisi legendaris Indonesia, Bimbo. Menurut…

Menkeu Sri Mulyani

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:42 WIB

Sri Mulyani Blak-blakan Soal Sulitnya Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik, Publik: Hebat Ibu Menteri...

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah tulisan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. "Bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik?,"…

Tim Lazismu Pusat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi lembaga pendidikan di Yogyakarta.

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:33 WIB

BPK Bersama Lazismu Audit Program BPKH Untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) Republik Indonesia bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi dua lembaga pendidikan…

Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:21 WIB

Demi Serap Banyak Pekerja, Pembatik Ini Pertahankan Cara Tradisional, Omzetnya Ratusan Juta Per Bulannya

Jakarta– Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan Nusantara diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya dengan membina banyak perajin kain baik.