Morotai Dapat Bantuan Bus Air Berkapasitas 50 Penumpang dari Kemenhub, Layani Rute Daruba-Dodola

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:50 WIB

Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara
Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara

INDUSTRY.co.id - Morotai - Sebagai bentuk dukungan kepada Morotai sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Perhubungan memberikan bantuan berupa Bus Air bekapasitas 50 Penumpang.

"Bus Air ini merupakan kapal bantuan Kemenhub, melalui Ditjen Perhubungan Darat," kata Bupati Morotai Benny Laos pada Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara, Selasa (25/8/2020).

Benny menceritakan, saat peletakan lunas secara simbolis, saya diinformasikan oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi bahwa Bus Air tersebut multi fungsi. Artinya, Bus Air ini bisa untuk mengangkut penumpang, juga untuk kapal wisata. 

"Jika rampung nanti, dan telah diserah-terimakan, Bus Air yang merupakan Ide Pak Menteri Perhubungan ini akan kita gunakan melayani Daruba-Dodola PP," kata Benny.

Ia juga menyampaikan, bahwa dukungan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat untuk Morotai tersebut merupakan Komitmen Pemerintah. "Komitmen Bapak Presiden dalam menjalankan 6 (enam) kebijakan mandatori di antaranya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," ungkapnya.

Benny menambahkan, Bus Air dengan kapasitas 50 orang penumpang ini adalah salah satu dari sekian banyak bantuan Kemenhub, Khususnya Ditjen Perhubungan Darat yang sudah di terima. 

Aelain memberikan bantuan Bus Air, sebelumnya Kemenhub juga turut berperan serta terhadap pengembangan KSPN di Morotai melalui Ditjen Perhubungan Darat menghadirkan Pelabuhan Penyebrangan, Bus-bus Wisata, lampu jalan, serta peremajaan bus-bus Damri. 

"Seperti yang sudah terlihat, revitalisasi Pelabuhan Ferry, bantuan bus-bus wisata, peremajaan armada Damri, serta penerangan jalan umum," ujarnya.

Dia berharap, dengan keberadaan Bus Air tersebut akan meningkatkan layanan transportasi dengan harga terjangkau menuju destinasi wisata. 

"Dengan demikian, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Karena bagi wisatawan, pelayanan dan fasilitas-lah yang utama. Sebagai insan pariwisata, kita mesti menjemput berkah ini untuk kemakmuran masyarakat Morotai," katanya.

Dengan peletakan lunas yang dilakukan secara simbolis bersama-sama dengan Dirjen Perhubungan Darat, Direktur Transportasi SDP, Kepala BPTD Wilayah XXIV Maluku Utara, Biro Klasifikasi Indonesia, Direktur Utama PT.ASDP Indonesia menandai dimulainya implementasi rancangbangun kapal.

Rencananya, Bus Air Ro-Ro (rol on rol off) yang dibangun akan melayani rute Daruba-Dodola Pulang Pergi (PP). "Dengan semakin banyak moda transportasi murah dan aman diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisata di Morotai. Untuk itu, bisnis pariwisata Morotai semakin hidup dan membawa kemaslahatan bagi warga Morotai," tutupnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…