Morotai Dapat Bantuan Bus Air Berkapasitas 50 Penumpang dari Kemenhub, Layani Rute Daruba-Dodola

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:50 WIB

Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara
Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara

INDUSTRY.co.id - Morotai - Sebagai bentuk dukungan kepada Morotai sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Perhubungan memberikan bantuan berupa Bus Air bekapasitas 50 Penumpang.

"Bus Air ini merupakan kapal bantuan Kemenhub, melalui Ditjen Perhubungan Darat," kata Bupati Morotai Benny Laos pada Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara, Selasa (25/8/2020).

Benny menceritakan, saat peletakan lunas secara simbolis, saya diinformasikan oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi bahwa Bus Air tersebut multi fungsi. Artinya, Bus Air ini bisa untuk mengangkut penumpang, juga untuk kapal wisata. 

"Jika rampung nanti, dan telah diserah-terimakan, Bus Air yang merupakan Ide Pak Menteri Perhubungan ini akan kita gunakan melayani Daruba-Dodola PP," kata Benny.

Ia juga menyampaikan, bahwa dukungan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat untuk Morotai tersebut merupakan Komitmen Pemerintah. "Komitmen Bapak Presiden dalam menjalankan 6 (enam) kebijakan mandatori di antaranya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," ungkapnya.

Benny menambahkan, Bus Air dengan kapasitas 50 orang penumpang ini adalah salah satu dari sekian banyak bantuan Kemenhub, Khususnya Ditjen Perhubungan Darat yang sudah di terima. 

Aelain memberikan bantuan Bus Air, sebelumnya Kemenhub juga turut berperan serta terhadap pengembangan KSPN di Morotai melalui Ditjen Perhubungan Darat menghadirkan Pelabuhan Penyebrangan, Bus-bus Wisata, lampu jalan, serta peremajaan bus-bus Damri. 

"Seperti yang sudah terlihat, revitalisasi Pelabuhan Ferry, bantuan bus-bus wisata, peremajaan armada Damri, serta penerangan jalan umum," ujarnya.

Dia berharap, dengan keberadaan Bus Air tersebut akan meningkatkan layanan transportasi dengan harga terjangkau menuju destinasi wisata. 

"Dengan demikian, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Karena bagi wisatawan, pelayanan dan fasilitas-lah yang utama. Sebagai insan pariwisata, kita mesti menjemput berkah ini untuk kemakmuran masyarakat Morotai," katanya.

Dengan peletakan lunas yang dilakukan secara simbolis bersama-sama dengan Dirjen Perhubungan Darat, Direktur Transportasi SDP, Kepala BPTD Wilayah XXIV Maluku Utara, Biro Klasifikasi Indonesia, Direktur Utama PT.ASDP Indonesia menandai dimulainya implementasi rancangbangun kapal.

Rencananya, Bus Air Ro-Ro (rol on rol off) yang dibangun akan melayani rute Daruba-Dodola Pulang Pergi (PP). "Dengan semakin banyak moda transportasi murah dan aman diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisata di Morotai. Untuk itu, bisnis pariwisata Morotai semakin hidup dan membawa kemaslahatan bagi warga Morotai," tutupnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:42 WIB

Surplus Neraca Perdagangan RI Perkuat Perekonomian Indonesia dan Kepercayaan Investor Asing

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesiakembali surplus US$ 4,37 miliar pada September 2021, sehingga secara akumulatif sembilan bulan tahun ini mencapai surplus sebesar…

Ilustrasi Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:40 WIB

Kemenkop UKM Diminta Komisi VI Evaluasi Penyaluran BPUM, Enggak Tepat Sasaran?

Anggota Komisi VI DPR RI Haeny Relawati Rini Widyastuti berharap agar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dapat menyalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)…

Anggota Komisi IX DPR RI drg. Putih Sari

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:31 WIB

Penumpang Pesawat Wajib PCR, DPR Cantik Ini Geleng-geleng! Makin Susut Covid-19 Kok Aturannya Makin Ribet

Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sati menyoroti soal kebijakan pemerintah yang mewajibkan tes PCR bagi penumpang pesawat.  Padahal diketahui sebelumnya syarat perjalanan udara cukup hasil tes…

Ilustrasi Foto ATM Bank Banten di Lebak

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:25 WIB

Dukung Bulan Inklusi Keuangan, Bank Banten Hadirkan ATM Bagi Warga Baduy

PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten / BEKS) mendukung penuh penyelenggaraan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 sepanjang Oktober ini dengan menghadirkan ATM bagi masyarakat Baduy…

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:12 WIB

AH For President Menggema! Ketum Airlangga: Tujuan Akhir Partai Golkar adalah Menciptakan Rakyat yang Sehat, Maju, dan Sejahtera

Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengunggah sejumlah momen puncak HUT Partai Golkar ke-57 yang diadakan di plataran Kantor DPP Partai Golkar. Dalam momen…