Morotai Dapat Bantuan Bus Air Berkapasitas 50 Penumpang dari Kemenhub, Layani Rute Daruba-Dodola

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Agustus 2020 - 14:50 WIB

Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara
Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara

INDUSTRY.co.id - Morotai - Sebagai bentuk dukungan kepada Morotai sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Perhubungan memberikan bantuan berupa Bus Air bekapasitas 50 Penumpang.

"Bus Air ini merupakan kapal bantuan Kemenhub, melalui Ditjen Perhubungan Darat," kata Bupati Morotai Benny Laos pada Peletakan Lunas (keel laying) Bus Air, di Galangan PT. Proskuneo Kadarusman, Muara Baru Ujung, Jakarta Utara, Selasa (25/8/2020).

Benny menceritakan, saat peletakan lunas secara simbolis, saya diinformasikan oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi bahwa Bus Air tersebut multi fungsi. Artinya, Bus Air ini bisa untuk mengangkut penumpang, juga untuk kapal wisata. 

"Jika rampung nanti, dan telah diserah-terimakan, Bus Air yang merupakan Ide Pak Menteri Perhubungan ini akan kita gunakan melayani Daruba-Dodola PP," kata Benny.

Ia juga menyampaikan, bahwa dukungan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat untuk Morotai tersebut merupakan Komitmen Pemerintah. "Komitmen Bapak Presiden dalam menjalankan 6 (enam) kebijakan mandatori di antaranya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," ungkapnya.

Benny menambahkan, Bus Air dengan kapasitas 50 orang penumpang ini adalah salah satu dari sekian banyak bantuan Kemenhub, Khususnya Ditjen Perhubungan Darat yang sudah di terima. 

Aelain memberikan bantuan Bus Air, sebelumnya Kemenhub juga turut berperan serta terhadap pengembangan KSPN di Morotai melalui Ditjen Perhubungan Darat menghadirkan Pelabuhan Penyebrangan, Bus-bus Wisata, lampu jalan, serta peremajaan bus-bus Damri. 

"Seperti yang sudah terlihat, revitalisasi Pelabuhan Ferry, bantuan bus-bus wisata, peremajaan armada Damri, serta penerangan jalan umum," ujarnya.

Dia berharap, dengan keberadaan Bus Air tersebut akan meningkatkan layanan transportasi dengan harga terjangkau menuju destinasi wisata. 

"Dengan demikian, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Karena bagi wisatawan, pelayanan dan fasilitas-lah yang utama. Sebagai insan pariwisata, kita mesti menjemput berkah ini untuk kemakmuran masyarakat Morotai," katanya.

Dengan peletakan lunas yang dilakukan secara simbolis bersama-sama dengan Dirjen Perhubungan Darat, Direktur Transportasi SDP, Kepala BPTD Wilayah XXIV Maluku Utara, Biro Klasifikasi Indonesia, Direktur Utama PT.ASDP Indonesia menandai dimulainya implementasi rancangbangun kapal.

Rencananya, Bus Air Ro-Ro (rol on rol off) yang dibangun akan melayani rute Daruba-Dodola Pulang Pergi (PP). "Dengan semakin banyak moda transportasi murah dan aman diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisata di Morotai. Untuk itu, bisnis pariwisata Morotai semakin hidup dan membawa kemaslahatan bagi warga Morotai," tutupnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 413/Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Satgas Yonif 413 Bremoro Amankan Oknum Penyakit Masyarakat

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif MR 413/Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto mengatakan bahwa pemuda berinisial JH itu ditangkap dan diamankan ketika membawa ganja yang disamarkan dalam…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB

KKSB Papua Hadang dan Tembaki Patroli TNI

Dijelaskan Kapen Kogabwilhan III, penghadangan dan penembakan brutal yang dilakukan KKSB tersebut terjadi pada pukul 09.30 WIT, Distrik Sarambakon tepatnya sekitar 15 meter lewat jembatan kayu…

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Menerima perintah Dansatgas, Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat yang juga menjabat selaku Wadansatgas segera menyiapkan personelnya termasuk menghubungi dari pihak Bea dan Cukai Jayapura yang…

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Danmenart 2 Mar Kolonel Marinr Aris Budiadi, S.Pi., dalam arahannya mengatakan bahwa tugas yang diemban oleh prajurit Korps Marinir sesuai Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas…

DukungSDG’s (Suitainable Development Goals), Indra Karya SediakanProgram Bantuan AksesAir Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:47 WIB

Indra Karya Sediakan Program Bantuan Akses Air Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Jakarta (19/10) –Terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia bahkan dunia.