Amelia Hapsari Asal Indonesia Jadi Juri Oscar

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Agustus 2020 - 13:00 WIB

Amelia Hapsari Terpilih Sebagai Anggota Terbaru Academy Award
Amelia Hapsari Terpilih Sebagai Anggota Terbaru Academy Award

INDUSTRY.co.id - Washington- Indonesia kembali mencatat sejarah, dengan terpilihnya Amelia Hapsari sebagai juri piala Oscar pertama asal Indonesia. Sebagai pegiat film dokumenter di Asia Tenggara, Amelia bertekad memberikan suara dan dukungannya, bagi yang "layak" dan biasanya "tidak punya tempat di kompetisi Oscar."

Terpilihnya Amelia Hapsari sebagai anggota the Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) yang menjadi pihak penyelenggara ajang Oscar di Amerika Serikat dinilai sebagai sebuah prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

Amelia adalah seorang sineas, yang juga menjabat sebagai program director organisasi nirlaba In-Docs di Indonesia, yang bertujuan untuk mendukung bakat para sineas dokumenter, serta mempromosikan film-film dokumenter di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baru saja terpilih menjadi anggota AMPAS, khusus untuk cabang dokumenter, Amelia langsung dibanjiri berbagai tugas.

“Tiap minggu email AMPAS masuk,” cerita Amelia Hapsari kepada VOA Indonesia baru-baru ini.

Sebagai anggota AMPAS, tugas Amelia tentu saja tidak hanya menjadi juri di ajang Oscar saja, tetapi ia juga berperan sebagai mentor di berbagai program yang diselenggarakan oleh pihak AMPAS, dimana ia diminta untuk berbagi pengalaman dan keahlian kepada generasi muda.

Mengingat dirinya tidak tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat, seluruh tugas, termasuk menonton puluhan film dokumenter dan menjadi mentor, dilakukan secara virtual.

“Dan tidak ada screening-screening resmi di teater sama sekali. Biasanya ada, tapi karena saya tidak tinggal di LA, tidak mungkin mengikuti yg seperti itu,” tambah peraih gelar sarjana S1 dan S2 dari Ohio University di Ohio, AS.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 26 April 2024 - 05:01 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Catatkan Premi Rp22 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15% berdasarkan nilai premi baru…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…