Era Mandiri Cemerlang Tbk Patok Nilai Kontrak Capai Rp 86,11 Miliar

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 18 Agustus 2020 - 23:18 WIB

Penjualan Kuartal kedua sangat dipengaruhi kondisi Pandemi Covid-19
Penjualan Kuartal kedua sangat dipengaruhi kondisi Pandemi Covid-19

INDUSTRY.co.id, Jakarta -- Perusahaan eksportir produk olahan ikan PT Era Mandiri Cemerlang Tbk (IKAN) menargetkan bakal meraup nilai kontrak sepanjang tahun 2020 senilai Rp 86,11 miliar. Total nilai kontrak tersebut berasal dari berbagai negara mulai dari Asia hingga Eropa. Di Asia IKAN mencapai nilai kontrak sebesar Rp21,21 miliar, di UAE senilai Rp 110,26 juta. Adapun di Amerika Serikat berjumlah Rp52,93 miliar dan di Eropa sebesar Rp11,84 miliar.

Perusahaan tak memungkiri adanya dampak pandemi COVID-19 terhadap bisnis ekspor. Pada kuartal II tahun 2020 ini, perusahaan mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 27 persen dibandingkan 2019. Sementara, laba pada kuartal II 2020 pun turun sebesar 165 persen dibandingkan periode yang sama 2019.

"Penjualan Kuartal kedua sangat dipengaruhi kondisi Pandemi Covid-19. Hampir semua negara tujuan ekspor perseroan mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. Hal ini berimbas terjadinya penurunan penjualan perseroan," ujar Direktur Utama PT Era Mandiri Cemerlang Tbk, Johan Rose, Selasa (18/8).

Meski demikian, korporasi saat ini telah berupaya untuk memaksimalkan utilitas kapasitas yang ada dalam bisnis saat ini. Sebab, berbagai pengembangan miniplant di daerah daerah masih mengalami hambatan penundaan akibat pandemi sehingga baru akan direalisasikan setelah kondisi roda perekonomian berjalan kondusif.

"Saat ini pergerakan barang modal dan sumber daya manusia masih mengalami hambatan, demikian juga permintaan hasil produksi yang belum normal, sehingga strategi penundaan ini merupakan pilihan yang paling optimal saat pandemi," terangnya. Selain itu, perseroan juga meyakini melalui penanganan secara profesional pihaknya akan segera bisa mendongkrak kembali penjualan. "Penurunan inventory di pihak buyer memberikan indikasi selama ini, proses penjualan produk perikanan tetap berjalan. Perseroan optimis dalam waktu dekat penjualan akan meningkat sejalan dengan perkembangan menuju new normal," tegasnya.

Pada tahun 2020, PT Era Mandiri Cemerlang Tbk mencatatkan modal usaha (Capex) sebesar Rp 7,5 miliar yang digunakan utamanya dalam pembelian mesin serta instalansi di kawasan Gorontalo dan Jakarta.

PT. ERA MANDIRI CEMERLANG (IKAN) berdiri pada tahun 2000 dan merupakan produsen serta pemasok produk makanan laut berkualitas tinggi. Kami mencapai Sertifikasi BRC pada 23 Januari 2015 untuk memastikan semua produk diproduksi berdasarkan standar internasional.

EMC telah terlibat dalam berbagai bentuk penyediaan baik lokal maupun luar negeri dan telah mencapai reputasi yang baik sejalan dengan semangat dedikasi, upaya, keandalan dan prinsip kualitas, saling menguntungkan dan pengembangan. Kami memiliki kemampuan untuk memproses dan membekukan lebih dari 20 metrik ton makanan laut per hari dan 300 ton kapasitas penyimpanan dingin untuk pilihan Anda yang lebih baik dengan mengontrak untuk kualitas, volume dan program bisnis jangka panjang. PT. ERA MANDIRI CEMERLANG (IKAN) melepas saham perdana ke publik pada 12 Februari 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani sedang menggunakan alat mesin pertanian di sawah

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:12 WIB

Penggunan Alsintan Tingkatkan Produksi dan Kesejahteraan Petani

Kementerian Pertanian (Kementan) telah masif menerapkan berbagai langkah terobosan guna peningkatan produktivitas pangan pokok dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) mekanisasi pertanian…

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Tujuan diselenggarakannya Entry Briefing adalah sebagai ruang untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat Danyonmarhanlan XII yang baru, menyampaikan rencana pembinaan dan operasi Yonmarhanlan…