Wihh...Ericson Raih Kontrak 5G ke-100

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:15 WIB

Ericsson
Ericsson

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ericsson (NASDAQ: ERIC) telah mencapai tonggak sejarah 5G yang signifikan dengan keberhasilan perusahaan meraih perjanjian atau kontrak komersial jaringan 5G ke-100 dengan penyedia layanan komunikasi. Angka tersebut termasuk 58 kontrak yang diumumkan secara publik dan 56 jaringan 5G yang sudah live di lima benua.

Tonggak sejarah tersebut dicapai dengan diumumkannya perjanjian 5G dengan Telekom Slovenije pada 12 Agustus. Ericsson telah bekerja sama dengan mitra penyedia layanan utama sejak awal pengembangan R&D 5G. Perusahaan pertama kali mengumumkan secara publik kerjasama 5G pada 2014.

Perjanjian teknologi awal dan nota kesepahaman untuk kemitraan diikuti dengan tes dan percobaan teknologi 5G New Radio (NR). Kemudian disusul dengan perjanjian komersial dan pengumuman peluncuran jaringan. Peluncuran jaringan komersial pertama diumumkan pada 2018.

Kontrak Ericsson mencakup Radio Access Network (RAN) dan penerapan Core network, yang dimungkinkan oleh produk dan solusi dari Ericsson Radio System dan portofolio Core network Ericsson.

Penerapan teknologi 5G Ericsson termasuk 5G Non-Standalone, 5G Standalone dan Ericsson Spectrum Sharing serta kemampuan cloud native dengan Dual-mode 5G Core dari Ericsson.

Ericsson telah menerapkan 5G di pita tinggi, sedang, dan rendah di lingkungan perkotaan, pinggiran kota, dan pedesaan yang berbeda, untuk mendukung pita lebar seluler yang ditingkatkan dan implementasi layanan enhanced mobile broadband serta fixed wireless access.

Di beberapa pasar 5G yang sudah lebih maju, penyedia layanan komunikasi menawarkan augmented reality berkemampuan 5G dan layanan virtual reality dalam dunia pendidikan, hiburan, dan gaming.

“Kebutuhan pelanggan kami adalah bagian terpenting dari pengembangan dan evolusi teknologi 5G Ericsson di seluruh portofolio kami sejak awal. Kami bangga karena komitmen ini telah membuat 100 penyedia layanan komunikasi di seluruh dunia memilih teknologi kami untuk mendorong mereka mencapai ambisi keberhasilan 5G mereka,” ujar Presiden dan CEO Ericsson, Börje Ekholm melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Sabtu (15/8/2020).

“Kami terus memberikan perhatian khusus kepada pelanggan kami untuk membantu mereka memberikan manfaat 5G kepada pelanggan end-user, industri, masyarakat, dan negara mereka sebagai infrastruktur nasional yang kritikal,” lanjutnya.

Ericsson juga bekerja sama dengan penyedia layanan, universitas, institut teknologi, dan mitra industri untuk mengejar dan mengembangkan 5G use cases bagi bisnis dan konsumen, termasuk untuk otomatisasi pabrik, smart offices, operasi jarak jauh dan aplikasi perusahaan dan Industri 4.0 lainnya.

“Sebagian dari kemitraan kami berujung pada penerapan jaringan khusus 5G, termasuk fasilitas produksi Ericsson secara global. Ini adalah pencapaian yang luar biasa bagi Ericsson. Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun di pasar ini, kami akan melanjutkan kolaborasi erat kami dengan operator terkemuka Indonesia dalam bekerja dengan teknologi 5G kami yang telah terbukti secara global,” ujar Jerry Soper, Head of Ericsson Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…