Rossa Rilis Lagu 'Hati Yang Kau Sakiti ' Versi Korea 'Sangcheo Badeun Maeum'

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 15 Agustus 2020 - 08:18 WIB

Rossa
Rossa

INDUSTRY.co.id - JAKARTA – Jika selama ini artis artis Korea atau yang lebih dikenal dengan K-POP membombardir Indonesia dengan lagu dan budayanya,  artis penyanyi Rossa membuat "serangan balik". Dia masuki pasaran musik Korea dengan membawakan lagu berjudul _Sangcheo Badeun Maeum_. Ini memang bukan lagu baru. Tapi merupakan versi bahasa Korea dari lagu yang kini jadi amat populer karena jadi soundtrack sejumlah sinetron yang berjudul _Hati Yang Tersakiti_. 

Perilisan single tersebut secara resmi dilakukan pada Jumat (14/8). Jumpa pers digelar secara virtual dengan melibatkan wartawan dari Indonesia, Malaysia, Singapura bahkan Korea. 

Rossa tertarik mengalihbahasakan lagu ciptaan Enda Ungu tersebut ke dalam bahasa Korea setelah lagu Hati Yang Kau Sakiti booming lagi di tahun ini usai menjadi sountrack sebuah sinetron di televisi swasta. Lagu itu lantas banyak di-cover orang dan sempat menjadi trending beberapa waktu lalu. Dan orang yang meng-cover lagu itu bukan hanya masyarakat Indonesia. Sejumlah orang Korea juga tertarik lagu itu.

Rossa menceritakan awal mula ia mengcover lagi Hati Yang Kau Sakiti dalam bahasa Korea. Bermula dari dirinya menghubungi salah satu sahabat yang kebetulan tinggal di Korea. Rossa kemudian minta diajari bahasa Korea.

“Dia yang mengajarkan saya bahasa Korea sedikit demi sedikit. Vita kemudian mengajak sahabatnya bernama Marsha. Nah, Marsha ini yang kemudian mengubah lirik lagu Hati yang Kau Sakiti menjadi Sangcheo Badeun Maeum,” kisah Rossa 

Penyanyi asal Sumedang ini mengakui bahasa Korea cukup sulit bagi dirinya. Supaya dapat membawakan lagunya dengan baik, Rossa sempat mengikuti les privat bahasa Korea. Namun berhubung terjadi pandemi, dia lantas memutuskan berhenti.

Kendati demikian, bukan berarti proses belajar Rossa terhenti total dengan tidak adanya guru les. Rossa kemudian belajar bahasa Korea kepada sejumlah sahabat. Dia bahkan sengaja membuat grup khusus supaya bisa bicara atau menulis bahasa Korea setiap hari. Salah satu artis yang berada di dalam grup itu adalah Boy William.

“Boy William jago bahasa Korea. Di grup itu peraturannya harus memakai bahasa Korea, tidak boleh bahasa lain,” ucap Rossa.

Untuk proses rekaman lagu Sangcheo Badeun Maeum, Rossa mengaku cukup lama hingga 5 jam lebih. Sementara menjalani rekaman dalam bahasa Indonesia dia biasanya dapat merampungkannya hanya dalam waktu sekitar 1 jam dan maksimal 2 jam.

Rossa cukup berhati-hati menyanyikan lagu itu untuk meminimalkan kesalahan dalam pengucapan. Namun andai saja masih terdapat kesalahan, Rossa tidak masalah karena dirinya bukan orang Korea.

Lagu itu sejatinya sudah diunggah Rossa di Youtube sejak beberapa waktu lalu. Siapa sangka, dalam waktu singkat lagu Sangcheo Badeun Maeum ditonton oleh banyak orang dan sempat viral. Rossa mengatakan tidak pernah menyangka lagu itu akan mendapat perhatian publik yang luar biasa.

“Pas di-upload di YouTube jadi viral, aku kaget. Padahal itu cuma iseng saja dan bukan recording,” kata Rossa.

Melihat sambutan yang begitu baik,  akhirnya Rossa putuskan untuk membuat aransemen serta rekaman dengan kualitas yang lebih baik. "Semoga saja lagu ini bisa diterima oleh masyarakat Korea dan menjadi pintu masuk bagi saya mengembangkan karir internasional, " harap oca. Begitu panggilannya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.