Tahun Depan, Jokowi Pasang Target Ekonomi Tumbuh Hingga 5,5 Persen

Oleh : Candra Mata | Jumat, 14 Agustus 2020 - 19:22 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat paripurna DPR pada Jumat (14/8) menyampaikan target pertumbuhan ekonomi indonesia dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 berkisar antara 4,5-5,5 persen.

Selain itu, asumsi makro seperti inflasi dikatakannya juga akan tetap terjaga pada tingkat 3 persen untuk mendukung daya beli masyarakat ditahun depan. Target selanjutnya ialah Rupiah akan diperkirakan bergerak di level Rp14.600 per USD.

Masih dalam RAPBN 2021, target defisit anggaran dipatok sebesar 5,5% dari PDB atau sebesar Rp971,2 triliun. 

"Defisit ini lebih rendah dibandingkan defisit anggaran di tahun 2020 sekitar 6,34% dari PDB atau sebesar Rp1.039,2 triliun," ungkap Jokowi.

Dijelaskan lebih lanjut, pertumbuhan ekonomi indonesia diharapkan datang dari peningkatan konsumsi domestik dan investasi.

Adapun terkait dengan suku bunga SBN 10 tahun diperkirakan sekitar 7,29 persen, selanjutnya harga minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan akan berkisar pada USD45 per barel. 

"Lifting minyak dan gas bumi diperkirakan masing-masing mencapai 705.000 barel dan 1.007.000 barel setara minyak per hari,' ujar Jokowi.

Sementara itu, terkait SDM, Jokowi menyampaikan pentingnya menjaga keberlangsungan kawasan industri yang memberi peluang besar bagi penyerapan tenaga kerja.

Diantaranya termasuk Kawasan Industri Batang serta Subang-Majalengka yang sedang dikembangkan dalam waktu singkat.

"Kawasan ini dirancang untuk mampu mengundang investasi berkualitas, yang bersinergi dengan UMKM kita, yang memberikan nilai tambah signifikan untuk perekonomian nasional, serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar," ujar Jokowi.
 
Ditambahkan Jokowi, kawasan industri serupa juga akan dibangun di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kawasan tersebut diupayakan agar selalu bersinergi dengan kewirausahaan masyarakat dan UMKM.

Perlu diketahui, di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi indonesia masih pkus 2,97 persen, namun pada kuartal kedua pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi hingga minus 5,3 persen. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Rabu, 24 April 2024 - 09:27 WIB

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Selama satu dekade terakhir, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menghubungkan konektivitas 8 provinsi di Sumatra melalui ketersediaan infrastruktur jalan tol. Pencapaian ini tidak…

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…