Tolong Dicatat! KemenkopUKM Sebut UMKM Jadi Nyawa Ekonomi Nasional, Jangan Kecilkan Peran Mereka

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:41 WIB

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo sangat peduli terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), ini terbukti dengan banyaknya skema-skema pembiayaan yang diberikan saat ini. 

Peran UMKM memang sangat strategis untuk membangun perekonomian Indonesia, terutama pasca pandemi covid-19 ini. 

Salah satu skema itu adalah program pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk UMKM yang nilainya Rp 123,46 triliun dari total keseluruhan dana PEN Rp 659 triliun, ditambah lagi program-program lainnya. Itu semua digelontorkan pemerintah agar ekonomi masyarakat tumbuh kembali. 

"Peran UMKM sangat strategis, jangan sekali-kali mengecilkan perannya, semua kebijakan harus selalu berpihak kepada mereka, UMKM merupakan nyawa perekonomian bangsa Indonesia," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73 sekaligus peringatan Hari UMKM Nasional ke-5, di Cianjur Jawa Barat (13/8/2020).

Koperasi juga, imbuhnya, merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam membangun UMKM. Ekonomi Indonesia saat ini memang sedang mengalami kondisi yang tidak mudah, pertumbuhan -5. 

"Tentu ini memerlukan kebersamaan untuk membangun kembali ekonomi secara nasional. UMKM tidak boleh berdiri sendiri, mereka harus berkolaborasi, salah satunya melalui koperasi," terangnya.

Pemerintah dalam waktu dekat ini tambah Rully, juga akan menyalurkan bantuan uang tunai senilai Rp 2,4 juta ke pelaku UMKM.

Bantuan akan diberikan untuk 12 juta UMKM. Meskipun masih memungkinkan untuk ditambah lagi jumlah UMKM penerima dana itu karena animo masyarakat yang terlalu tinggi. Dana itu diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro yang belum mendapat akses perbankan. 

"Skema-skema itu dilakukan untuk pemulihan ekonomi khususnya pelaku UMKM," jelas Prof Rully.

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73 sekaligus peringatan Hari UMKM Nasional ke-5 di Cianjur dengan tema "Koperasi kuat anggota sejahtera, UMKM unggul Cianjur manjur Indonesia maju, bangga buatan Indonesia", ini juga dihadiri Plt Bupati Cianjur Herman Suherman. 

Menurutnya di era new normal saat ini pertumbuhan Koperasi dan UMKM di Cianjur merosot. Meskipun juga beberapa waktu lalu sudah dilakukan pelatihan-pelatihan. 

"Insya Allah di masa adaptasi kebiasaan baru  ini, pelaku UMKM bersama koperasi bisa bangkit kembali produktivitasnya. Semoga pemerintah pusat mengucurkan dananya khusus buat pelaku UMKM di Cianjur," harap Herman. 

Atas nama Pemkab Cianjur ia mengucapkan terima kasih kepada KemenkopUKM atas bantuannya kepada pelaku UMKM dan Koperasi di Cianjur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…