Meski Dituding 'Pembunuh Massal', Sejumlah Asosiasi Industri Akui Keberanian Menperin Agus Selamatkan Ekonomi Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:10 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita sempat mencurahkan isi hatinya dalam acara Webinar Relocating Investment to Indonesia in The Time of Covid-19: Opportunity and Challenge INDEF, Selasa (4/8/2020), kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkapkan bahwa seiring dengan upaya menjaga perekonomian melalui pembukaan izin beroperasinya sejumlah pabrik di tengah pandemi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendapatkan berbagai respon negatif dari beberapa masyarakat.

Bahkan, terang Agus, Kemenperin dituding melakukan pembunuhan massal karena kebijakan ini. Padahal, pemberlakuan izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) ini juga harus dibarengi protokol kesehatan COVID-19.

"Banyak sekali saya mendapat kritikan di mana saya bertubi-tubi masuk ke WA pribadi, ke WA saya yang mengatakan Kemenperin merupakan pembunuh massal katanya, membiarkan pabrik-pabrik tetap beroperasi," ujar Menperin.

Namun, dijelaskan Agus, dirinya tidak ambil pusing dengan gelombang kritikan yang dilayangkan kepadanya maupun kementerian yang dipimpinya. Bahkan, dia meyakini dengan kebijakan yang ditempuh pihaknya dapat membantu ekonomi dalam negeri tidak terkontraksi secara dalam pada kuartal pertama 2020.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menilai Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan sosok Menteri Perindustrian (Menperin) yang paling berani.

"Kita patut bersyukur Menperin (Agus Gumiwang Kartasasmita) ini yang paling berani," kata Sanny saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penilaian ini bukan tanpa alasan, menurut Sanny, kebijakan dispensasi atau relaksasi melalui surat Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) di masa pandemi Covid-19 menjadi kunci utama keberlangsungan sektor industri.

"Beliau (Menperin Agus) sangat berani. Dalam situasi di awal Covid-19, ia mengeluarkan kebijakan melalui IOMKI dan ini terua berjalan. Ini sangat penting sekali, sehingga ekonomi kita terua berjalan," terangnya.

Dikesempatan terpisah, Ketua Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) Yustinus Gunawan mengapresiasi keberanian Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita terkait pemberian izin IOMKI untuk sejumlah parusahaan manufaktur di masa pandemi.

"Dengan IOMKI kami bisa terus beroperasi, dan ini sangat-sangat membantu kami selaku industri," jelas Yustinus.

Tak hanya IOMKI, lanjut Yustinus, Menperin Agus Gumiwang juga telah berhasil membuat sejumlah pelaku industri tersenyum.

"Beliau (Menperin Agus) telah berhasil menyelesaikan sejumlah Pekerjaan Rumah yang belum terselesaikan Menperin sebelumnya salah satunya terkait penurunan harga gas," kata Yustinus.

Yustinus berharap Menperin Agus dapat kembali memberikan keputusan-keputusan atau kebijakan yang pro industri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 19 September 2020 - 05:30 WIB

Atlet Dayung Korps Marinir Tinngkatkan Kemampuan Jelang Seleksi PON Papua

Pelatih dayung Marwiltim Sertu Marinir Ramijo mengatakan penjaringan atlet ini sangat penting untuk kaderisasi dan regenerasi dalam meningkatkan prestasi pedayung agar tidak kehabisan stok.…

Patroli Kewaspadaan Sungai dan Rawa Oleh Prajurit Yonif 5 Marinir Malang

Sabtu, 19 September 2020 - 05:00 WIB

Patroli Kewaspadaan Sungai dan Rawa Oleh Prajurit Yonif 5 Marinir Malang

Kegiatan latihan yang dipimpin Komandan Kompi Latihan Jaguar Yonif 5 Marinir Letda Marinir Mardian tersebut merupakan program pembinaan yang dilaksanakan Brigif 2 Marinir yaitu latihan Satuan…

Komandan Kavaleri 2 Mar Impin Pasukan dan Material Tempur

Sabtu, 19 September 2020 - 04:30 WIB

Komandan Kavaleri 2 Mar Impin Pasukan dan Material Tempur

Apel gelar pasukan dan material tempur melibatkan semua unsur latihan baik pelaku, pengawas dan pengendali latihan dari jajaran Kavaleri maupun pendukung latihan yaitu dari Yontaifib 2 Mar sebagai…

Batalyon Roket 2 Marinir Surabya Laksanakan Gun Drill

Sabtu, 19 September 2020 - 04:00 WIB

Batalyon Roket 2 Marinir Surabya Laksanakan Gun Drill

Guna menghadapi Latihan Satuan Lanjutan I (LSL I) TW II tahun 2020 prajurit Batalyon Roket 2 Marinir melaksanakan latihan Gun Drill dengan material 1 (satu) pucuk MLRS Vampire dan 1 (satu) RM…

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.