Meski Dituding 'Pembunuh Massal', Sejumlah Asosiasi Industri Akui Keberanian Menperin Agus Selamatkan Ekonomi Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:10 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita sempat mencurahkan isi hatinya dalam acara Webinar Relocating Investment to Indonesia in The Time of Covid-19: Opportunity and Challenge INDEF, Selasa (4/8/2020), kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkapkan bahwa seiring dengan upaya menjaga perekonomian melalui pembukaan izin beroperasinya sejumlah pabrik di tengah pandemi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendapatkan berbagai respon negatif dari beberapa masyarakat.

Bahkan, terang Agus, Kemenperin dituding melakukan pembunuhan massal karena kebijakan ini. Padahal, pemberlakuan izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) ini juga harus dibarengi protokol kesehatan COVID-19.

"Banyak sekali saya mendapat kritikan di mana saya bertubi-tubi masuk ke WA pribadi, ke WA saya yang mengatakan Kemenperin merupakan pembunuh massal katanya, membiarkan pabrik-pabrik tetap beroperasi," ujar Menperin.

Namun, dijelaskan Agus, dirinya tidak ambil pusing dengan gelombang kritikan yang dilayangkan kepadanya maupun kementerian yang dipimpinya. Bahkan, dia meyakini dengan kebijakan yang ditempuh pihaknya dapat membantu ekonomi dalam negeri tidak terkontraksi secara dalam pada kuartal pertama 2020.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menilai Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan sosok Menteri Perindustrian (Menperin) yang paling berani.

"Kita patut bersyukur Menperin (Agus Gumiwang Kartasasmita) ini yang paling berani," kata Sanny saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penilaian ini bukan tanpa alasan, menurut Sanny, kebijakan dispensasi atau relaksasi melalui surat Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) di masa pandemi Covid-19 menjadi kunci utama keberlangsungan sektor industri.

"Beliau (Menperin Agus) sangat berani. Dalam situasi di awal Covid-19, ia mengeluarkan kebijakan melalui IOMKI dan ini terua berjalan. Ini sangat penting sekali, sehingga ekonomi kita terua berjalan," terangnya.

Dikesempatan terpisah, Ketua Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) Yustinus Gunawan mengapresiasi keberanian Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita terkait pemberian izin IOMKI untuk sejumlah parusahaan manufaktur di masa pandemi.

"Dengan IOMKI kami bisa terus beroperasi, dan ini sangat-sangat membantu kami selaku industri," jelas Yustinus.

Tak hanya IOMKI, lanjut Yustinus, Menperin Agus Gumiwang juga telah berhasil membuat sejumlah pelaku industri tersenyum.

"Beliau (Menperin Agus) telah berhasil menyelesaikan sejumlah Pekerjaan Rumah yang belum terselesaikan Menperin sebelumnya salah satunya terkait penurunan harga gas," kata Yustinus.

Yustinus berharap Menperin Agus dapat kembali memberikan keputusan-keputusan atau kebijakan yang pro industri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.