Inilah 20 Perguruan Tinggi Terpopuler di Media Sosial

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 04 Agustus 2020 - 08:08 WIB

Kampus Institut Teknologi Bandung (jakarta.coconuts / international.itb)
Kampus Institut Teknologi Bandung (jakarta.coconuts / international.itb)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Di era teknologi dewasa ini, adopsi media sosial sudah menjadi hal yang sebaiknya dilakukan -jika tidak ingin dikatakan keharusan- oleh perguruan tinggi di Indonesia. Selain amat bermanfaat sebagai media promosi, media sosial tentunya juga sangat berguna sebagai sarana komunikasi, apalagi di masa pandemi Covid-19, dimana perkuliahan tidak lagi dilakukan lewat tatap muka langsung.

Di masa pandemi, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memaksimalkan fungsi media sosial, baik untuk tujuan kegiatan belajar mengajar, penerimaan mahasiswa baru, maupun kehumasan. Namun, bukan berarti adopsi media sosial baru mereka lakukan sekarang. Sebagian besar memang sudah lama memanfaatkan media sosial untuk tujuan-tujuan tersebut.

Lifepal.co.id melakukan riset guna melihat seberapa jauh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia memanfaatkan media sosial. Hasilnya, kami tuangkan dalam Kompilasi Daftar Perguruan Tinggi dengan Aktivitas Media Sosial Terbaik tahun 2020.

Riset dilakukan dengan mencari berapa banyak followers (pengikut) dan subscriber (pelanggan) akun resmi media sosial dari masing-masing perguruan tinggi. Kemudian, dibuat beberapa daftar untuk memperlihatkan peringkat berdasarkan jumlah follower maupun subscriber-nya.

Perguruan tinggi negeri dengan jumlah like terbanyak di Facebook

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama sebagai perguruan tinggi dengan total like Facebook terbanyak di Juni 2020. Seperti diketahui, akun resmi halaman Facebook UGM telah mendapat like dari 428 ribu pengguna Facebook.

Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan UGM di akun Facebooknya adalah memposting berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM.

UGM secara rutin memposting tiga atau empat konten berupa artikel dalam sehari di situs resmi universitas. Konten-konten tersebut tidak hanya sebatas update kegiatan terbaru UGM, melainkan berisikan edukasi dan tips-tips menarik.

Di posisi kedua, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 242 ribu like, Universitas Terbuka (UT) dengan 211 ribu like, dan Universitas Padjajaran di peringkat empat dengan 183 ribu like.

Posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Lampung (Unila) dengan jumlah like sebanyak 37.059.

Perguruan tinggi swasta dengan like terbanyak di Facebook

Lifepal mencatat, perguruan tinggi swasta yang sukses mendapat like terbanyak di halaman Facebook adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali. Jumlah like di halaman Facebook dari perguruan tinggi di Pulau Dewata ini mencapai 280 ribu di akhir Juni 2020.

Berbeda cara dengan UGM, STIKOM Bali berbeda cara dengan UGM dalam memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan konten di situs resmi ke media sosial.

STIKOM Bali melakukan sinkronisasi akun Facebook dengan Instagram mereka. Hal itu menyebabkan seluruh postingan di Instagram muncul di Facebook.

Selain itu, akun fan page STIKOM Bali juga memanfaatkan fitur Facebook chat bot atau robot pembalas pesan. Lewat chat bot itu, pengunjung dapat mengajukan pertanyaan seputar lokasi kampus, biaya kuliah, dan info lain seputar perguruan tinggi tersebut. Chat bot lantas akan mengarahkan penanya untuk menghubungi nomor resmi kantor perguruan tinggi, dan akun official LINE mereka.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Universitas Mercubuana Jakarta dengan jumlah like 150 ribu, Universitas Trisakti di angka 100 ribu, dan Universitas Bina Nusantara (Binus) di 96 ribu. Posisi 20 diduduki oleh Universitas Pasundan dengan like sebanyak 27.214.

Perguruan tinggi negeri dengan jumlah like terbanyak di Facebook 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI - Puan Maharani

Rabu, 23 September 2020 - 09:15 WIB

Pandemi Covid-19, Ketua DPR Apresiasikan Lonjakan Aktivitas Olahraga Pada Masyarakat

Puan meminta Pemerintah merespons tingginya minat berolahraga masyarakat dengan memfasilitasi sarana berolahraga yang memadai, aman, dan nyaman.

Pupuk Indonesia

Rabu, 23 September 2020 - 08:59 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pasokan Pupuk Jelang Musim Tanam

Para produsen pupuk yang terdiri dari PT Pupuk Kaltim, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Pupuk Sriwidjaja telah menyiapkan total stok pupuk bersubsidi yang…

Mappilu PWI Kunjungi Kapolri yang Diwakili Asops Kapolri, Irjen. Pol. Imam Sugianto, M.Si. di Mabes Polri

Rabu, 23 September 2020 - 08:45 WIB

Mappilu PWI Minta Ketegasan Polri Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Pilkada 2020

'Roadshow’ ini dalam rangka persiapan diskusi yang dilatar belakangi oleh gelaran Pilkada Serentak 2020 yang oleh banyak kalangan diminta untuk ditunda meski oleh Pemerintah dan DPR ditetapkan…

Pemakaman Pasien Covid-19

Rabu, 23 September 2020 - 08:44 WIB

Dunia Masih Berduka! Ini 10 Negara dengan Kasus Corona Terbanyak di Dunia Saat Ini

Jakarta - Virus corona (Covid-19) semakin merajalela. Per Rabu (23/9/2020) ini sudah ada 31.750.386 orang yang terinfeksi secara global.

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Rabu, 23 September 2020 - 08:20 WIB

Merinding! Ini Pidato Jokowi dalam Sidang Majelis Umum PBB

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pertama dalam Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara virtual.