Alhamdulillah, Masyarakat Muslim Indonesia di Sydney Bisa Gelar Salat Idul Adha Berjamaah

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 03 Agustus 2020 - 20:15 WIB

Umat Muslim di Sydney yang Melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Al Hijrah
Umat Muslim di Sydney yang Melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Al Hijrah

INDUSTRY.co.id - Sydney - Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat di berbagai negara sudah mulai membiasakan diri dengan protokol-protokol kesehatan seperti menjaga jarak dilakukan agar masyarakat dapat melakukan kegiatan-kegiatan di luar rumah.

Seperti umat muslim di Sydney yang melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Al Hijrah, Sydney dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Hari Raya Idul Adha mengajarkan kita semua untuk memaknai ketaatan dan kesabaran sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," ujar Konjen RI di Sydney, Heru Subolo melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (3/8/2020).

Konjen Heru juga mengajak para jamaah untuk mendoakan para pemimpin, tenaga kesehatan, dan seluruh masyarakat Indonesia agar senantiasa diberikan kekuatan, kesabaran, dan perlindungan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ustadz Romzy Ali dalam khutbahnya menyampaikan kepada para jamaah untuk senantiasa berbuat kebaikan dan menolong siapapun yang membutuhkan bantuan, terutama dalam menghadapi situasi pandemi.

Pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Al Hijrah tidak hanya diikuti oleh masyarakat dan diaspora Indonesia, tetapi juga oleh warga muslim lainnya. Pelaksanaan salat tahun ini dikoordinasikan oleh sejumlah komunitas muslim, termasuk oleh komunitas muslim Indonesia, Center for Islamic Dakwah and Education.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Shalat Idul Adha di masjid-masjid yang berada di Sydney pada tahun ini harus dilakukan secara terbatas dan hanya boleh diikuti oleh maksimal 100 orang jamaah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, termasuk aturan physical distancing dengan jarak 1,5 m.

"Hal ini sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW)," jelasnya.

Sebagai informasi, sejak tanggal 24 Juli 2020 Pemerintah Negara Bagian NSW kembali menerapkan kebijakan restriksi menyusul adanya sejumlah kasus positif baru Covid-19 di Sydney, di antaranya pengurangan kapasitas pengunjung di restoran, fasiltias olahraga, acara pernikahan dan pemakaman, serta tempat ibadah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menurut Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif

Rabu, 23 September 2020 - 11:32 WIB

Menteri ESDM Paparkan Langkah Strategis Pemanfaatan Energi Bersih Indonesia pada Pertemuan CEM 11

Menurut Arifin, Indonesia memiliki sumber energi terbarukan yang sangat besar. Dengan potensi energi terbarukan yang mencapai 400 Giga Watt (GW), pengaturan suplai dan penggunaan energi menjadi…

Pelayanan Outreach KJRI Los Angeles (Photo by Kemlu)

Rabu, 23 September 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Colorado, KJRI Los Angeles Berikan Pelayanan Outreach

Program outreach ke masyarakat Indonesia dilaksanakan setelah otoritas di Denver memperlonggar protokol selama pandemik COVID-19.

H. Firli Bahuri: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia

Rabu, 23 September 2020 - 11:00 WIB

Dirgahayu Polantas Ke-65

Polri sebagai induk dan penganyom Korps Lalu Lintas, cepat melakukan beberapa perbaikan internal jajarannya dengan menggandeng KPK.

Presiden Joko Widodo

Rabu, 23 September 2020 - 10:37 WIB

Ini Tiga Pemikiran Presiden Jokowi yang Disampaikan Dalam Pidato Sidang Majelis Umum ke-75 PBB

Presiden Joko Widodo menyerukan tiga pemikiran dalam pidatonya pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disampaikan secara virtual Rabu, (23/9/2020).

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 23 September 2020 - 10:25 WIB

BSB Pemerintah Dterima Masyarakat Kabupaten Natuna

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Cegah Tangkal Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI). Bertempat di Gedung PPI, Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau,…