Revolusi Industri 4.0 Jababeka Menjadi Pusat RnD

Oleh : Michelle Prayogo | Sabtu, 01 Agustus 2020 - 17:15 WIB

Michelle Prayogo
Michelle Prayogo

INDUSTRY.co.id - Potret industri Indonesia menjadi sorotan pemerintah dalam mengembangkan perekonomian negara, namun dihadapkan dengan situasi pandemi dan terus naiknya biaya upah pekerja, tidak dipungkiri terjadi efisiensi besar-besaran di beberapa sektor industri khususnya manufaktur. Kali ini pemerintah menggencarkan kembali program Making Indonesia 4.0 agar transformasi industri bisa dipercepat dan ekonomi bertumbuh lebih baik lagi.

Realisasi teknologi 4.0 nyatanya sudah dapat mendobrak batas-batas ruang maupun SDM bagi pelaku industri. Diulas dalam Talkshow virtual yang diselenggarakan oleh Jababeka, Program inisiatif memajukan industri dihadirkan oleh Jababeka kali ini dengan menggandeng Asosiasi Riset High-Tech AICIA Internasional yang menjadi pusat RnD industri penerbangan dan Real-Tech di Spanyol.

“AICIA mengembangkan dan melakukan riset dalam manufaktur termasuk teknologi 3D Printing untuk komponen plastik dan bahkan metal dengan hasil yang bisa melampaui hasil dari manufaktur konvensional, ini telah diterapkan di industri penerbangan dan kereta di eropa”, ungkap Sheikh Faleigh - pendiri dan Futurist AICIA ASEAN.

“Jababeka berkomitmen untuk menjadi pelopor perubahan dalam mendukung transformasi industri 4.0, sebagai pemaparan lanjutan kita tidak berhenti di digitalisasi saja, tapi juga sampai ke additive manufacturing. Kami percaya bahwa kesuksesan suatu industri sangat dipengaruhi oleh kemampuan riset dan pengembangan produk, maka itu kedepannya Jababeka bersama AICIA dan President University akan mendukung hal itu.” Ungkap Michelle Prayogo, Manager Investasi Industrial Jababeka yang menjadi MC dari talkshow itu.

Dr. Anand Doraisingam selaku CEO EXNI Group, menyampaikan dalam talkshow itu “Kami mau berinvestasi dan berkolaborasi dengan Jababeka, yang kami percaya dapat menjadi pusat riset dan pengembangan produk (RnD) industri se-Jawa Barat.”

Saat ditanya kenapa memilih Jababeka, Sheikh Faleigh menambahkan “Ada 3 elemen Jababeka yang tidak dimiliki kawasan lain, yakni komitmen dan kesiapan infrastruktur, geo-lokasi strategis, dan populasi tenant industri terbesar se-Indonesia” tukasnya lugas.

“Kami akan membuka pusat RnD dan 3D printing yang dapat meringankan biaya industri karena kami tau membuat Mold itu mahal dan banyak scrap juga yang menambah pengeluaran. Dengan 3D printing, bahan yang digunakan menjadi lebih efisien dan tidak perlu keluar biaya membuat Mold. Konsep yang diusungkan adalah cost-sharing sehingga perusahaan tidak perlu membeli mesin 3D printing sendiri.” ujar Dr. Anand.

Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan dan meringankan bagi perusahaan yang hendak mengembangkan produknya, dan tidak perlu keluar biaya besar atau mencari jauh-jauh karena semua fasilitas ini akan segera tersedia di Kawasan Industri Jababeka.

Dr. Anand juga menambahkan “Kedepannya kami percaya bahwa 3D printing ini bahkan bisa dikembangkan untuk produksi masal dengan hasil yang harga dan kualitasnya sangat kompetitif, disrupsi teknologi ini akan segera terjadi di semua sektor industri, maka sudah saatnya pelaku industri melirik ke arah situ.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:12 WIB

GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru: Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan GrabFood untuk menikmati makanan dengan lebih praktis dan terjangkau. Untuk pemesanan…

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.