Ini Strategi Perkuat UMKM di Bisnis e Commerce

Oleh : Wiyanto | Minggu, 26 Juli 2020 - 20:08 WIB

Ilustrasi kerja online menggunakan laptop
Ilustrasi kerja online menggunakan laptop

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di saat potensi resesi mengancam dunia usaha, terobosan dan kolaborasi pemasaran sangat dibutuhkan agar bisnis dapat bertahan dari dampak pandemi. Seperti yang terjalin antara Bhinneka.Com bersama Omnicom Media Group, agensi periklanan multinasional, dalam menghadirkan solusi pariwara dan promosi secara online.

Kolaborasi ini pada dasarnya membuka akses pasar e-commerce bagi brand, terutama untuk menyasar segmen korporat (B2B) dan UMKM. Dengan menjembatani korporasi dan pelaku UMKM secara omni channel (O2O), ada nilai tambah yang diperoleh klien-klien Omnicom Media Group. Yakni mendorong pertumbuhan bisnis, sekaligus meningkatkan pengalaman berbelanja.

Omnicom Media Group memperluas akses brand kliennya ke basis data B2B Bhinneka.Com. Mekanismenya, Omnicom Media Group menyusun strategi pemasaran dan periklanan secara komprehensif berdasarkan data dari Bhinneka.Com. Lalu, brand exposure atau keterpaparan pun ditingkatkan melalui digital marketing, email marketing, telemarketing, offline event, content marketing, dan sales team Bhinneka.Com. Dengan demikian, aktivitas periklanan yang dijalankan benar-benar berdampak.

"Kolaborasi kami adalah bentuk konkret dari upaya pasar yang terus beradaptasi, termasuk melalui saluran pemasaran alternatif. Sebagai Business Super Ecosystem dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di segmen B2B, kami memiliki pemahaman yang komprehensif tentang segmen B2B. Didukung dengan strategi omni channel dan algoritma yang canggih, kami menghubungkan produk yang sesuai dengan kebutuhan B2B dan UMKM. Langkah ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan UMKM di Indonesia, hingga diharapkan bisa melakukan penjualan dalam volume yang lebih besar ke pasar korporasi (B2B). Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah inisiatif pertama untuk bangkit kembali di era kenormalan baru," ujar Vensia Tjhin, Chief of Commercial & Omnichannel Bhinneka.Com.

Langkah strategis ini juga diharapkan dapat mendukung upaya penyelamatan UMKM dari dampak pandemi. IMF membeberkan hasil studinya, bahwa tanpa bantuan pemerintah, risiko gulung tikar pada usaha kecil dan menengah meningkat hingga tiga kali lipat. Yakni dari “hanya” 4% bisnis yang diperkirakan bangkrut, bisa melonjak hingga 12%.

“Besarnya database dikombinasikan dengan segmen pasar yang spesifik menjadikan Bhinneka.Com solusi periklanan yang efisien dan optimal. Sejak menjalin kerja sama dengan Bhinneka.Com, beberapa klien Omnicom Media Group telah mencatat peningkatan pendapatan berkat solusi iklan dan promosi online yang disediakan,” ujar Rohan Mahajan, Head of Performance Omnicom Media Group Indonesia.

Hal ini pun diperkuat dengan pernyataan dari Paul Shepherd, Chief Investment Officer Omnicom Media Group, Asia Pacific. “Mendengar feedback positif dari klien kami mengenai kesuksesan kampanye pemasaran mereka, kami sangat antusias untuk mempererat kemitraan dengan Bhinneka.Com. Di masa pandemi Covid-19, e-commerce telah menjadi platform promosi yang paling tepat, paling cepat dan paling efektif. Dengan 1,5 juta pelanggan Bhinneka yang terdiri dari korporasi, institusi pemerintah dan UMKM, kami yakin dapat mengoptimalkan anggaran iklan dan promosi setiap klien kami dengan efektif. Apalagi Bhinneka.Com tercatat sebagai e-commerce B2B dengan traffic paling tinggi di Indonesia. Bhinneka.Com telah menjadi mitra yang berharga bagi kami untuk mengenal perilaku pelanggan (consumer behavior) korporasi di Indonesia berdasarkan pengalamannya selama 27 tahun.”

Bhinneka.Com senantiasa berkomitmen untuk memperkuat Business Super Ecosystem di Indonesia. Tidak hanya menghadirkan solusi menjalankan bisnis di era kenormalan baru, Bhinneka.Com juga meluncurkan program #BangkitLagi yang bertujuan untuk mendukung semua pemilik brand baik korporasi maupun UMKM untuk segera pulih dengan insentif berbagai program.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Photo by Lifestyle - Bisnis.com)

Minggu, 20 September 2020 - 08:00 WIB

Pemerintah Didesak Tetapkan Standar Harga Test PCR dan Regulasi Vaksin Mandiri

Regulasi vaksin mandiri perlu segera dipersiapan, sehingga pada saatnya swasta dapat dilibatkan dalam pengadaan vaksin mandiri tanpa beban negara. Keterlibatan pihak swasta dapat membantu pemerintah…

Bank DKI terus berinovasi

Minggu, 20 September 2020 - 07:38 WIB

Raih BUMD Marketeers Award, Bank DKI Termotivasi Beri Layanan Terbaik

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc. Ketiga penghargaan tersebut mencakup predikat sebagai the most promising company…

DHL Express (Ist)

Minggu, 20 September 2020 - 07:21 WIB

DHL Express Umumkan Penyesuaian Harga Tahun 2021 di Indonesia

Jakarta-Penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan rata-rata penyesuaian harga yang berlaku efektif 1 Januari 2021.

Ilustrasi Online Shooping

Minggu, 20 September 2020 - 07:10 WIB

ShopeePay Bagikan Tips Belanja Aman Selama PSBB

Jakarta– ShopeePay, fitur layanan e-money terintegrasi di Indonesia, memperluas jangkauan transaksi digitalnya hingga ke merchant pasar swalayan agar lebih dekat dengan pengguna selama pandemi…

Jembatan Youtefa Hubungkan Infrastruktur Ekonomi Seputar Papua

Minggu, 20 September 2020 - 07:00 WIB

Selain Dukung Sektor Perekonomian, Jembatan juga Diberi Senuhan Nilai Seni

Indonesia saat ini membutuhkan pembangunan beberapa jembatan bentang panjang yakni dengan panjang lebih dari 100 meter, sehingga peluang kerja bagi para ahli jembatan di Indonesia masih sangat…