Gelar IGDS 2020, Kemenperin Ciptakan Citra Positif Produk Anak Bangsa di Pasar Global

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 Juli 2020 - 17:42 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustian (Kemenperin) akan kembali menggelar Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020.

IGDS bertujuan untuk mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia agar menghasilkan produk dengan desain berkualitas, sehingga mampu meningkatkan citra positif produk Indonesia di dalam dan di luar negeri.

"Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk industri yang memiliki potensi pasar ekspor sehingga bisa meningkatkan citra positif terhadap produk Indonesia di kancah global," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih pada peluncuran IGDS 2020 secara virtual, Rabu, (22/7/2020).

Gati menilai ajang IGDS 2020 akan mampu memunculkan citra positif produk-produk industri anak bangsa yang tidak kalah saing dengan produk luar negeri.

"IGDS ini bisa dijadikan suatu gerakan yang dapat meningkatkan citra positif terhadap produk anak bangsa, apalagi sekarang ada gerakan Bangga Buatan Indonesia, ini sejalan sekali," terangnya.

Gati berharap, gelaran IGDS 2020 dapat melahirkan produk maupun konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis, namun juga fungsi serta mendatangkan manfaat ekonomi bagi desainer dan pelaku industri selaku pemilik desain sekaligus menjadi motor pendorong bagi dunia desain nasional.

"Kami ingin produk industri nasional bisa menembus pasar internasional," ungkapnya.

Mengusung tema 'Produk Keren Indonesia', IGDS 2020 memiliki dua kategori penghargaan, yaitu IGDS Design Product dan IGDS Design Concept.

Adapun kategori IGDS Design Produk diberikan atas desain produk industri berkualitas baik yang telah, sedang atau masih produksi. Sedangkan IGDS Design Concept diberikan atas konsep desain produk industri berkualitasxbaik dalam bentuk purwarupa/prototype dan/atau sampel produk.

Adapun para pemenang IGDS 2020 akan mendapatkan piagam, trofi, hak penggunaan logo IGDS dan sejumlah uang pembinaan. Pendaftaran ajang ini dimulai tanggal 22 Juli sampai 30 September 2020 melalui website www.igds.kemenperin.go.id

Dalam penyelenggaraan IGDS 2020, akan memperlombakan desain-desain dari 10 kelompok produk, yaitu: furnitur dan perabot rumah, kantor dan publik, kemudian produk industri kriya (craft), serta alas kaki dan aparel, aksesoris fesyen dan perhiasan.

Berikutnya, produk dekorasi dan aksesoris rumah, kantor dan ruang publik, produk anak, alat peraga pendidikan dan stasionari, produk peralatan olah raga, hobi dan kenyamanan (leisures), fasilitas rekreasi atau wisata, serta produk elektronika, teknologi informasi dan komunikasi, peralatan rumah tangga (home appliances), perawatan medis dan kecantikan.

Selanjutnya, produk transportasi, mobilitas, aksesoris dan peralatan dalam kendaraan, produk kemasan inovatif dan alat bantu pemasaran atau promosi, serta produk peralatan dapur perlengkapan makan dan peralatan kebutuhan sehari-hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Photo by Lifestyle - Bisnis.com)

Minggu, 20 September 2020 - 08:00 WIB

Pemerintah Didesak Tetapkan Standar Harga Test PCR dan Regulasi Vaksin Mandiri

Regulasi vaksin mandiri perlu segera dipersiapan, sehingga pada saatnya swasta dapat dilibatkan dalam pengadaan vaksin mandiri tanpa beban negara. Keterlibatan pihak swasta dapat membantu pemerintah…

Bank DKI terus berinovasi

Minggu, 20 September 2020 - 07:38 WIB

Raih BUMD Marketeers Award, Bank DKI Termotivasi Beri Layanan Terbaik

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc. Ketiga penghargaan tersebut mencakup predikat sebagai the most promising company…

DHL Express (Ist)

Minggu, 20 September 2020 - 07:21 WIB

DHL Express Umumkan Penyesuaian Harga Tahun 2021 di Indonesia

Jakarta-Penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan rata-rata penyesuaian harga yang berlaku efektif 1 Januari 2021.

Ilustrasi Online Shooping

Minggu, 20 September 2020 - 07:10 WIB

ShopeePay Bagikan Tips Belanja Aman Selama PSBB

Jakarta– ShopeePay, fitur layanan e-money terintegrasi di Indonesia, memperluas jangkauan transaksi digitalnya hingga ke merchant pasar swalayan agar lebih dekat dengan pengguna selama pandemi…

Jembatan Youtefa Hubungkan Infrastruktur Ekonomi Seputar Papua

Minggu, 20 September 2020 - 07:00 WIB

Selain Dukung Sektor Perekonomian, Jembatan juga Diberi Senuhan Nilai Seni

Indonesia saat ini membutuhkan pembangunan beberapa jembatan bentang panjang yakni dengan panjang lebih dari 100 meter, sehingga peluang kerja bagi para ahli jembatan di Indonesia masih sangat…