Shopee: Pembayaran Digital Meningkat di Era New Normal

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 14 Juli 2020 - 10:15 WIB

Dukungan Menuju Indonesia Cashless Society di Era New Normal
Dukungan Menuju Indonesia Cashless Society di Era New Normal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tengah situasi pandemi , Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, melihat adanya peningkatan masyarakat Indonesia memilih opsi pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara online. Sejak awal pandemi lebih banyak orang menggunakan pilihan pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay untuk transaksi pembayaran mereka.

Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut, sebagaimana mengutip laporan yang dirilis oleh Boston Consulting Group , 1 "Wabah COVID-19 dan dampaknya yang diperkirakan akan mendorong lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara untuk menerapkan pembayaran digital".

"2020 telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja online di tengah masyarakat. Di antara perubahan ini, salah satunya dalam mewujudkan cashless society di Indonesia. Sejalan dengan upaya physical distancing, kami melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif, dengan dukungan upaya dari pemerintah dalam mendorong langkah ini. Demikian pula, Shopee terus menawarkan berbagai pilihan pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan, termasuk ShopeePay, fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi yang terdapat di aplikasi Shopee," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (13/7/2020).

Shopee mencatatkan 3 hasil pengamatan pada tren pembayaran digital di Indonesia:

1. Peningkatan pembayaran digital di antara pengguna berusia lanjut: 80% dari jumlah total pembelian menggunakan pembayaran digital, dilakukan oleh pengguna antara usia 18 hingga 34 tahun. Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja online. Sebanyak 45% jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun. Mengingat pengguna yang lebih tua cenderung lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital, tren ini sekaligus menunjukkan kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan ShopeePay dan kepercayaan yang telah dibangun oleh pengguna.

2. Penerapan pembayaran digital oleh pria lebih tinggi daripada wanita: Tampaknya pria semakin menghargai kenyamanan dan keamanan dari metode pembayaran digital. Selama setahun terakhir, tercatat pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35% lebih tinggi untuk pria dibandingkan wanita.

3. Pembayaran digital lebih umum di perkotaan: Kota-kota seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi. Kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur TIK yang lebih maju. Individu di kota-kota ini juga memiliki penetrasi smartphone yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada adopsi pembayaran digital.

Shopee berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Melalui fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi, ShopeePay, Shopee berusaha memastikan bahwa pengguna dapat berbelanja dan melakukan pembayaran secara efektif.

Selain kemudahan penggunaan, ShopeePay menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna yang meliputi kenyamanan, efisiensi, keamanan, dan penghematan biaya yang lebih besar.

- Pengisian saldo yang nyaman dan mudah: Saldo ShopeePay dapat secara mudah diisi ulang melalui berbagai pilihan metode pembayaran, diantaranya adalah melalui kartu kredit/debit, transfer bank/online banking, dan melalui minimarket. Melalui ShopeePay, pengguna dapat melakukan pembayaran secara non-tunai, melakukan pengisian saldo, hingga mentransfer dan menarik dana.

- Pengalaman berbelanja yang efektif dan efisien: Selain pembayaran online, pengguna ShopeePay juga dapat melakukan pembayaran secara offline di ribuan merchant yang terdapat di lebih dari 200 kabupaten di Indonesia, serta menawarkan pengalaman belanja yang instan dan aman kepada pengguna.

- Metode pembayaran yang aman dan terpercaya: ShopeePay menerapkan standar keamanan tertinggi. Selain memiliki tim Customer Service 24 jam khusus, privasi pengguna juga secara aman terlindungi melalui sistem dengan proses pendaftaran otomatis.

- Promo menarik ShopeePay untuk belanja lebih hemat: Pengguna ShopeePay berkesempatan untuk dapat menikmati berbagai promo menarik, seperti:

- Voucher Cashback 60% secara online di aplikasi Shopee

- Cashback 30% di merchants offline ShopeePay

- Cashback 60% pembelian voucher prabayar offline di aplikasi Shopee

- Promo pembelian produk pilihan di gerai Alfamart & Alfamidi

- Promo menarik pada merchants offline: McD, Starbucks, Alfamart, Alfamidi, JNE, Gramedia, KFC khusus Jabodetabek menggunakan ShopeePay

“Karena semakin banyak konsumen yang beralih ke platform kami untuk tetap terhubung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, kami berupaya untuk meningkatkan fokus dan komitmen utama kami dalam membantu konsumen beradaptasi dengan kenormalan baru, dan memberikan akses mudah ke layanan pembayaran digital seperti ShopeePay, melalui ekosistem yang aman dan terintegrasi," tutup Handhika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:29 WIB

Keren! Jumlah Subscribernya Lebih dari 1 Juta , Kini Sicepat Ekspres Bagikan Hujan Hadiah Youtube Sebesar 7.5 Milyar

Jakarta-SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua Partai Demokrat Agus Yudhoyono

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:38 WIB

Ketum Demokrat Agus Yudhoyono Temui Ketua DPR Puan Maharani di Ruang Kerja, Ada Apa?

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu diruang kerja Puan Maharani di gedung DPR pada Kamis (6/8) Pertemuan kedua tokoh muda tersebut…

Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan (Doc: Kementan)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:04 WIB

Nasrullah Didapuk Jadi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penyegaran organisasi pada pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lingkup Kementerian Pertanian. Dalam penyegaran ini, Direktur Jenderal Peternakan…

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:30 WIB

20,48 Persen Laba Bersih 2019 Semen Baturaja Dibagikan Sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Para pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), sebuah BUMN industri semen di Sumatera Selatan, dalam Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (05/08/2020),…

Lintasarta Raih Penghargaan Secure SD-WAN Excellence Award

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:27 WIB

Diakui Dunia Internasional, Perusahaan ICT Nasional Ini Raih Penghargaan Sistem Keamanan Siber Terbaik Kelas Dunia

Jakarta–Perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions, Lintasarta, dinobatkan sebagai penyedia jasa SD-WAN dengan sistem keamanan terbaik oleh perusahaan multi…