Carsome Membuat Pemulihan Berbentuk V pada Bulan Juni

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 13 Juli 2020 - 12:15 WIB

Co-Founder dan CEO Carsome, Eric Cheng
Co-Founder dan CEO Carsome, Eric Cheng

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Carsome, platform perdagangan mobil bekas online terbesar di Asia Tenggara, telah berhasil membuat pemulihan berbentuk V sejak memulai kembali bisnis di tengah kelonggaran lockdown Covid-19 di seluruh Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura.

Di bulan Juni, Carsome telah hampir membuat pemulihan sepenuhnya atas volume transaksi yang tinggi pada periode sebelum lockdown, menyaksikan pertumbuhan sebanyak tiga kali lipat pada bulan Mei 2020, dan lebih dari 70 persen pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi meskipun pusat inspeksi Carsome beroperasi dengan kapasitas yang terbatas selama periode lockdown.

Eric Cheng, Co-Founder dan Grup CEO Carsome, menghubungkan pemulihan yang cepat dengan ketahanan sektor ini, juga berkat keputusan untuk bertahan dan melatih para pekerja Carsome secara intensif selama lockdown di tengah tren PHK, yang berkontribusi pada kemajuan produktivitas yang signifikan dan moral tim yang tinggi.

“Kami senantiasa berinvestasi dalam memperkuat kompetensi inti tim kami saat lockdown. Kami sangat senang melihat pemulihan yang pesat berbentuk V dalam kurun beberapa minggu, sebagian karena digitalisasi kami yang dipercepat dan perolehan pangsa pasar yang kuat atas para kompetitor kami. Model bisnis kami telah terbukti tahan banting, dan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai pertumbuhan tertinggi sepanjang masa di bulan Juli,” ujar Eric Cheng melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (13/7/2020).

Berlakunya tarif pajak baru di Malaysia, Indonesia dan Thailand juga telah berkontribusi pada permintaan konsumen yang kuat atas mobil baru dan bekas, karena mereka tetap menghindari kendaraan umum dan layanan ride-sharing di tengah situasi pandemik. Mereka beralih ke kepemilikan mobil pribadi karena faktor kebersihan menyebabkan inspeksi yang lebih tinggi meningkat di semua cabang Carsome, dengan peningkatan yang signifikan dalam pembuangan mobil. Di sisi lain, Carsome juga melihat peningkatan permintaan dari para pedagang mobil bekas dalam mengisi kembali persediaan mereka untuk memenuhi permintaan yang belum kasat mata.

“Kalau selama lockdown, Carsome mempercepat pengembangan produk agar menjadi perusahaan pertama yang bangkit setelah lockdown,”tambah Cheng.

“Kami senantiasa mendorong pertumbuhan dengan meluncurkan beberapa produk, seperti aplikasi HP CarPartner dan CarsomeGO, untuk lebih mengotomatiskan alur kerja dan dalam mengambil keputusan,” lanjut Cheng.

CarPartner adalah aplikasi HP yang memungkinkan partner Carsome untuk membuat temu janji inspeksi, mengecek status temu janji, dan mendapat kisaran harga secara instan. CarsomeGO adalah aplikasi HP tersendiri di Indonesia yang memungkinkan pedagang mobil bekas lokal untuk menawar mobil kapan saja dan dimana saja.

Dalam konteks yang terpisah, menurut Survei Konsumen Carsome yang dilakukan di seluruh wilayah pada bulan April, kepercayaan konsumen terhadap layanan penjualan mobil seperti Carsome di Malaysia dan Indonesia senantiasa kuat. Satu dari empat warga Malaysia dan Indonesia yang mengisi survei menunjukkan keinginan mereka untuk tetap menggunakan layanan penjualan mobil online.

Penelitian tersebut juga menemukan kalau 34% warga Malaysia, 43% warga Indonesia dan 25% warga Thailand yang terlibat dalam survei berencana untuk menjual mobil mereka dalam waktu 12 bulan mendatang, mengutip sebagian besar alasan ingin menyingkirkan mobil lama mereka atau memiliki lebih banyak uang tunai.

“Carsome akan melanjutkan momentum optimis ini hingga akhir tahun dengan beberapa proyek baru, termasuk menciptakan pengalaman membeli mobil baru yang sangat berbeda, juga meningkatkan tenaga kerja melalui akreditasi,” pungkas Cheng.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) (Photo by RRI)

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:45 WIB

Legislator Ini Desak Pemerintah Tunda Kenaikan Tarif Tol Belmera: Jangan Tambahin Beban Baru, Rakyat Lagi Susah

Anggota Komisi V DPR RI Ahmad Syaikhu mendesak Pemerintah untuk menunda kenaikan tarif tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Tilang oleh Polisi Lalulintas

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:28 WIB

Catat! Kena Tilang Ganjil Genap di Denda Rp500 Ribu, Pelanggar: Saya Gak Tahu Jalan dari Bandung ke Jakarta, Padahal Udah Liat Google Maps

Wakil Kasat Lantas Polrestro Jaktim Kompol Maulana mengatakan di hari pertama sanksi tilang terhadap pelanggar ketentuan ganjil-genap di Jakarta Timur didominasi oleh pengendara dari luar wilayah…

PT Sumber Global Energy Tbk

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:10 WIB

PT Sumber Global Energy Tbk Raih Rp54 Miliar Dana IPO

PT Sumber Global Energy Tbk resmi menjadi perusahaan tercatat ke-35 sepanjang 2020 di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan perolehan dana IPO sebesar Rp54 miliar.

 PT Pegadaian (Persero)

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:02 WIB

Webinar Emas Merdeka Pegadaian Sukes Sedot 19.000 Peserta

Webinar yang bertajuk “Merdeka Finansial di Era New Normal” ini diadakan serentak di seluruh Indonesia dengan menghadirkan 12 Senior Vice President PT Pegadaian (Persero) dan 8 (delapan)…

Ilustrasi Investasi di Jakarta Selatan

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:02 WIB

Catat! Ini Fakta-fakta Jakarta Selatan Makin Seksi untuk Investasi

Realisasi investasi PMA dan PMDN berdasarkan wilayah kota administrasi, paling tinggi berada di Jakarta Selatan dengan total realisasi investasi sebesar Rp13,5 triliun.