Carsome Membuat Pemulihan Berbentuk V pada Bulan Juni

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 13 Juli 2020 - 12:15 WIB

Co-Founder dan CEO Carsome, Eric Cheng
Co-Founder dan CEO Carsome, Eric Cheng

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Carsome, platform perdagangan mobil bekas online terbesar di Asia Tenggara, telah berhasil membuat pemulihan berbentuk V sejak memulai kembali bisnis di tengah kelonggaran lockdown Covid-19 di seluruh Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura.

Di bulan Juni, Carsome telah hampir membuat pemulihan sepenuhnya atas volume transaksi yang tinggi pada periode sebelum lockdown, menyaksikan pertumbuhan sebanyak tiga kali lipat pada bulan Mei 2020, dan lebih dari 70 persen pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi meskipun pusat inspeksi Carsome beroperasi dengan kapasitas yang terbatas selama periode lockdown.

Eric Cheng, Co-Founder dan Grup CEO Carsome, menghubungkan pemulihan yang cepat dengan ketahanan sektor ini, juga berkat keputusan untuk bertahan dan melatih para pekerja Carsome secara intensif selama lockdown di tengah tren PHK, yang berkontribusi pada kemajuan produktivitas yang signifikan dan moral tim yang tinggi.

“Kami senantiasa berinvestasi dalam memperkuat kompetensi inti tim kami saat lockdown. Kami sangat senang melihat pemulihan yang pesat berbentuk V dalam kurun beberapa minggu, sebagian karena digitalisasi kami yang dipercepat dan perolehan pangsa pasar yang kuat atas para kompetitor kami. Model bisnis kami telah terbukti tahan banting, dan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai pertumbuhan tertinggi sepanjang masa di bulan Juli,” ujar Eric Cheng melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (13/7/2020).

Berlakunya tarif pajak baru di Malaysia, Indonesia dan Thailand juga telah berkontribusi pada permintaan konsumen yang kuat atas mobil baru dan bekas, karena mereka tetap menghindari kendaraan umum dan layanan ride-sharing di tengah situasi pandemik. Mereka beralih ke kepemilikan mobil pribadi karena faktor kebersihan menyebabkan inspeksi yang lebih tinggi meningkat di semua cabang Carsome, dengan peningkatan yang signifikan dalam pembuangan mobil. Di sisi lain, Carsome juga melihat peningkatan permintaan dari para pedagang mobil bekas dalam mengisi kembali persediaan mereka untuk memenuhi permintaan yang belum kasat mata.

“Kalau selama lockdown, Carsome mempercepat pengembangan produk agar menjadi perusahaan pertama yang bangkit setelah lockdown,”tambah Cheng.

“Kami senantiasa mendorong pertumbuhan dengan meluncurkan beberapa produk, seperti aplikasi HP CarPartner dan CarsomeGO, untuk lebih mengotomatiskan alur kerja dan dalam mengambil keputusan,” lanjut Cheng.

CarPartner adalah aplikasi HP yang memungkinkan partner Carsome untuk membuat temu janji inspeksi, mengecek status temu janji, dan mendapat kisaran harga secara instan. CarsomeGO adalah aplikasi HP tersendiri di Indonesia yang memungkinkan pedagang mobil bekas lokal untuk menawar mobil kapan saja dan dimana saja.

Dalam konteks yang terpisah, menurut Survei Konsumen Carsome yang dilakukan di seluruh wilayah pada bulan April, kepercayaan konsumen terhadap layanan penjualan mobil seperti Carsome di Malaysia dan Indonesia senantiasa kuat. Satu dari empat warga Malaysia dan Indonesia yang mengisi survei menunjukkan keinginan mereka untuk tetap menggunakan layanan penjualan mobil online.

Penelitian tersebut juga menemukan kalau 34% warga Malaysia, 43% warga Indonesia dan 25% warga Thailand yang terlibat dalam survei berencana untuk menjual mobil mereka dalam waktu 12 bulan mendatang, mengutip sebagian besar alasan ingin menyingkirkan mobil lama mereka atau memiliki lebih banyak uang tunai.

“Carsome akan melanjutkan momentum optimis ini hingga akhir tahun dengan beberapa proyek baru, termasuk menciptakan pengalaman membeli mobil baru yang sangat berbeda, juga meningkatkan tenaga kerja melalui akreditasi,” pungkas Cheng.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…