Enam Langkah Belanja Online Aman COVID-19, Dokter Reisa: Pertama, Buang Segera Bungkusnya...

Oleh : Candra Mata | Senin, 13 Juli 2020 - 08:59 WIB

Dokter Reisa Duta Adaptasi New Normal
Dokter Reisa Duta Adaptasi New Normal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia di awal maret 2020, masyarakat cenderung meggunakan layanan belanja berbasis daring atau via online. 

Namun, cara tersebut tidak serta merta dapat membebaskan masyarakat dari ancaman penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. 

Untuk itu, Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro menjelaskan setidaknya ada enam langkah untuk memastikan paket atau kiriman yang diterima aman COVID-19. 

Pertama, menurutnya buang segera bungkus atau wadah kemasan yang tidak perlu, lalu cuci tangan. Kedua, bersihkan wadah atau kotak kemasan dengan semprotan disinfektan pada bagian luar paket. 

"Ketiga, jangan membersihkan bahan makanan dengan cairan kimia berbahaya," kata Reisa dilansir dari saluran Youtube Gugus Tugas beberapa waktu lalu. 

Adapun keempat, cukup cuci dan bersihkan dengan air mengalir. Kelima, bila dicuci dengan sabun, gunakan sabun dengan syarat sabun khusus sayur dan buah (Food Grade).

"Terakhir keenam, apabila kiriman yang kita terima adalah makanan, maka masak sampai matang, atau panaskan dengan suhu minimal enam puluh lima derajat selama tiga menit," ungkapnya. 

Dokter Reisa lantas mengajak agar masyarakat dapat , sebagian membiasakan diri melakukan prosedur atau tahapan tersebut.

"Beberapa dari kita sudah rajin mempraktikkan tahapan-tahapan protokol ini. Bagi yang belum, mari kita biasakan," ujarnya.

Tak lupa, Dokter Reisa kembali mengingatkan agar masyarakat selalu disiplin untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak. 

"Dan memastikan juga rumah tetap aman dari risiko penyakit COVID-19 dan anggota keluarga tetap sehat," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IHSG Zona Merah (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:32 WIB

IHSG Ditutup Melemah ke Level 5.239 Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis (13/8/2020), pasar modal Indonesia ditutup turun 5,8 poin atau 0,11% ke 5.239,25 atau 5.239. 182 saham menguat,…

Dirut Bank BRI Sunarso (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Horee...4,3 Juta Nasabah BRI Bakal Dapat BLT UMKM Senilai Rp2,4 Juta

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengatakan 4,3 Juta nasabah BRI Akan menerima bantuan UMKM Sebesar Rp2,4 Juta. Menurut Sunarso, potensi menjadi penerima bantuan tersebut karena…

Dirjen PKH Nasrullah berkunjung ke Pusvetma (Doc: Kementan)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:12 WIB

Ditjen PKH Kementan Berharap Pusvetma Jadi BLU Terbaik

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Ir. Nasrullah, M.S melakukan kunjungan kerja ke Pusat Veteriner Farma (Pusvetma). Bagi Pusvetma…

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto Menerima Audiensi dari Direktur Poltekkes Jayapura Dr. Arwam Hermanus Markus Zeth beserta Jajaran dan Anggota Komisi IX DPR RI Mesak Mirin

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:15 WIB

Miliki Jumlah Dokter Dibawah Standar Hanya 0,25%, Menkes Genjot Perubahan Poltekkes Menjadi Institut

Menteri Kesehatan mendukung perubahan Politeknik Kesehatan menjadi Institut Teknologi Kesehatan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memenuhi rasio standar jumlah tenaga kesehatan dan dokter…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:00 WIB

Coach Teco Optimis Bali United Lolos Grup Piala AFC 2020

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra optimis bila skuad asuhannya bisa menyelesaikan tiga pertandingan lanjutan pada ajang Penyisihan Grup G di kompetisi Piala AFC 2020 tersebut. Meskipun dua…