Raih Pendanaan Seri A Sebesar Rp101 Miliar, NextBillion.ai Berencana Ekspansi ke Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 10 Juli 2020 - 15:55 WIB

Gaurav Bubna dan Ajay Bulusu, Co-founder NextBillion.ai
Gaurav Bubna dan Ajay Bulusu, Co-founder NextBillion.ai

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Startup teknologi hiperlokal berbasis kecerdasan buatan (AI), Nextbillion.ai menutup pendanaan Seri A dengan total investasi senilai Rp101 miliar atau US$7 juta yang dipimpin oleh perusahaan modal ventura dari Amerika Serikat, Lightspeed Venture Partners dan Falcon Edge Capital.

Nextbillion.ai berencana melakukan ekspansi bisnis ke pasar-pasar potensial seperti Indonesia. Hal tersebut diperkuat dengan di rekrutnya Country Manager dan langkah kemutraan dengan perusahaan-perusahaan logistik dan transportasi lokal untuk memperluas cakupan mereka di Indonesia. Nextbillion.ai juga telah mencatatkan pertumbuhan pesat di beberapa negara lain di Asia. 

“Indonesia adalah pasar yang sangat menjanjikan. Solusi yang kami tawarkan telah disesuaikan dengan keunikan geografi dan budaya hiperlokal dengan sangat baik, karena kami menyadari bahwa satu versi peta saja tidak akan bisa memenuhi seluruh Indonesia,” kata Ajay Bulusu, Co-founder NextBillion.ai melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (10/7/2020).

NextBillion.ai juga berencana untuk membangun infrastruktur digital berbasis AI untuk memperkuat layanan logistik, transportasi, dan rantai pasok di seluruh ekosistem. Perusahaan ini mengembangkan teknologi pemetaan, moderasi konten, fitur pengenalan wajah, sistem keamanan siber, dan natural language processing untuk bahasa Indonesia guna mewujudkan Smart City Master Plan Indonesia , yang diperkuat teknologi AI berbasis lokasi geografi dari Nextbillion.ai.

“ Dengan produk pertama kami, nextbillionmaps, kami membangun platform AI yang intuitif dan cerdas dengan menggunakan data open-source yang dikombinasikan dengan data klien eksklusif, untuk menawarkan solusi yang efektif, efisien, dan terjangkau bagi keperluan logistik, transportasi, jasa pengiriman, dan solusi e-commerce. Kami berencana untuk memperluas lini bisnis dengan memberikan solusi AI kelas dunia," tambah Gaurav Bubna, Co-Founder NextBillion.ai.

Nextbillionmaps adalah produk pertama dari NextBillion.ai. Peta SaaS berbasis AI ini menyediakan akses Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API), seperti rute, navigasi, arah, dan matriks jarak, untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan peta digital. Untuk pertama kalinya di dunia, Nextbillionmaps akan menghadirkan kemampuan AI khusus untuk mendukung kurasi dan pemeliharaan data peta.

“NextBillion.ai memiliki keahlian kelas dunia dalam menciptakan solusi pemetaan bagi perusahaan dalam skala besar. Kami percaya mereka dapat membangun solusi pemetaan yang customisable, terukur, dan efektif, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan negara-negara berkembang di seluruh dunia. Untuk mencapai hal tersebut, tim NextBillion.ai akan mengandalkan kecerdasan buatan yang canggih serta keahlian digital yang mumpuni,” kata Navroz Udwadia, Co-Founder dan Partner dari Falcon Edge Capital.

Asal tau saja, NextBillion.ai didirikan pada awal tahun 2020 oleh tiga mantan pimpinan teknologi Grab, yaitu Gaurav Bubna, Ajay Bulusu, dan Shaoling Zheng. Sebelumnya, mereka telah berpengalaman mengembangkan Grab Maps, fitur Routing, Pricing, dan Estimated Time of Arrival (ETA). 

Selain Lightspeed Venture Partners dan Falcon Edge Capital, startup ini juga mendapatkan suntikan investasi dari angel investor ternama, seperti Nishant Rao, mantan COO Freshworks, Prashant Malik, Pendiri Cassandra, Anand Chandrasekeran dan Ashwini Asokan, Pendiri dari Mad Street Den.

Sejauh ini, NextBillion.ai telah membantu brand-brand perusahaan global dari berbagai bidang, mulai dari media sosial, transportasi online, pengantaran makanan, jasa pengiriman, dan logistik di Asia Tenggara, India, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan (Doc: Kementan)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:04 WIB

Nasrullah Didapuk Jadi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penyegaran organisasi pada pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lingkup Kementerian Pertanian. Dalam penyegaran ini, Direktur Jenderal Peternakan…

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:30 WIB

20,48 Persen Laba Bersih 2019 Semen Baturaja Dibagikan Sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Para pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), sebuah BUMN industri semen di Sumatera Selatan, dalam Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (05/08/2020),…

Lintasarta Raih Penghargaan Secure SD-WAN Excellence Award

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:27 WIB

Diakui Dunia Internasional, Perusahaan ICT Nasional Ini Raih Penghargaan Sistem Keamanan Siber Terbaik Kelas Dunia

Jakarta–Perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions, Lintasarta, dinobatkan sebagai penyedia jasa SD-WAN dengan sistem keamanan terbaik oleh perusahaan multi…

Pengendalian hama lewat penyemprotan

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:08 WIB

Wuih, Penyemprotan Basmi Hama di Tanjab Timur

Pertengahan Juli lalu petani bersama dengan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) melakukan pengamatan rutin di area pertanaman padi Desa Simpang Datuk, Kecamatan Nipah Panjang,…

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 18:49 WIB

Petani Kena Pajak PPN yang Beromzet Rp4,8 Miliar

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (Kepala BKF) Febrio Kacaribu mengatakan kontribusi sektor pertanian sangat besar bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, rata-rata sebesar 13%. Namun, kontribusi…