Tingkatkan Kapabilitas Personel di Tengah Pandemi Covid-19, Bakamla RI dan JCG Gelar Latihan Jarak Jauh

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 07 Juli 2020 - 20:15 WIB

Bakamla RI dan JCG
Bakamla RI dan JCG

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dan Komandan Japan Coast Guard (JCG) Admiral Okushima Takahiro secara resmi membuka Kegiatan Training For Maritime Law Enforcement, di Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat.

Namun, kegiatan latihan yang akan berlangsung empat hari ini dibuka dan diselengarakan secara virtual yang dilaksanakan di masing-masing negara. Fokus pelatihan yang bertajuk Long Distance Learning (latihan jarak jauh) kali ini, difokuskan kepada materi Penegakan Hukum di Laut.

“Kedua negara menyadari, bahwa aspek keamanan dan keselamatan laut harus tetap berjalan dan diperhatikan perkembangannya dalam setiap kondisi yang dihadapi,” ujar Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (7/7/2020).

"Bukan berarti tindak pelanggaran terhenti karena adanya pandemi Covid-19, seluruh instansi terkait dari manca negara justru harus tetap waspada di saat-saat yang tak lazim sekalipun," tegasnya.

Sebanyak 70 peserta dari Bakamla RI/IDNCG akan mengikuti pelatihan secara daring menggunakan video conference yang dipandu oleh instruktur dari JCG, selama empat hari ke depan.

Tidak hanya di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG di Jakarta, peserta latihan ini juga meliputi perwakilan personel di tiga Kantor Zona Kamla Maritim Bakamla RI, tiga Pangkalan Armada Bakamla RI, dan Awak Kapal Negara Bakamla RI.

Prosesi pembukaan kegiatan berjalan dengan lancar. Tak lupa dalam akhir sambutannya, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., juga menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk Japan Coast Guard yang telah sigap dan aktif dalam penanganan dan penyelamatan musibah banjir di Prefektur Kumamoto, Jepang, beberapa waktu lalu.

Selepas berakhirnya seremonial pembukaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan Pertemuan Bilateral antara Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dengan Komandan JCG Admiral Okushima Takahiro melaui video teleconference.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua petinggi Bakamla RI dan Japan Coast Guard saling memberikan informasi terkini terkait penanganan Covid-19 di negaranya masing-masing. Bakamla RI/IDNCG telah melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 di lingkungan Kantor Bakamla RI/IDNCG baik di Mabes, Kantor Zona Maritim, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL), Stasiun Bumi, dan Kapal Negara Bakamla RI/IDNCG dengan membentuk Tim Khusus Pencegahan Covid-19 di Bakamla RI/IDNCG, yang menerapkan protokol kesehatan seperti melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu yang memasuki lingkungan Bakamla RI/IDNCG, dan  menyediakan disinfektan berkala untuk ruangan kerja dan Kapal Negara di Bakamla RI.

"Diharapkan upaya tersebut mampu mengurangi penyebaran virus Covid-19," harap Kepala Bakamla RI.

“Bakamla RI/IDNCG juga telah merilis buku yang berjudul ‘Panduan Penanganan Pandemi COVID-19 di Laut’ dengan tujuan membantu pemerintah Indonesia, khususnya penegak hukum di laut dalam hal memberikan panduan dan protokol dalam menghadapi wabah Covid-19 di Indonesia,” jelas Kepala Bakamla RI.

Sebelumnya, Bakamla RI/IDNCG dan JCG telah menandatangani Memorandum of Cooperation (MoC) antara Bakamla RI/IDNCG dan JCG pada 26 Juni 2019 lalu di Tokyo, Jepang. Salah satu tujuannya adalah untuk memperkuat kerja sama bilateral di bidang keamanan dan keselamatan maritim dengan peningkatan kapasitas di bidang keamanan dan keselamatan maritim. Bentuk kegitannya berupa pelaksanaan latihan gabungan, pelatihan, pendidikan, lokakarya, dan seminar.

Selain itu, pada 11 Juli 2018 lalu Bakamla RI/IDNC juga menerima Kunjungan Kapal Patroli JCG Tsugaru (Port Visit) ke pelabuhan JITC 2 Tanjung Priok untuk melaksanakan Latihan Bersama dengan Bakamla RI dan instansi terkait di Indonesia.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan latihan ini, Sekretaris Utama Laksda Bakamla S. Irawan, S.E., M.M., Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla T.S.N.B Hutabarat, M.M.S., Kepala Biro Sarana dan Prasarana Laksma Bakamla Amrein, S.E., Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., Direktur Latihan Laksma Bakamla Sandy M. Latief, S.IP., Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Retiono Kunto, Kepala Unit Penindakan Hukum Kolonel Bakamla Iman Wahyudi, S.IK., M.Si., M.H., serta Inspektur Bakamla Kolonel Bakamla Mulyono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kopi Toraja (Foto Dije)

Senin, 17 Mei 2021 - 20:15 WIB

Tidak Boleh Menyimpan Kopi di Dalam Lemari Es, Mengapa?

Kopi yang enak tergantung pada kualitas rasanya. Nah, salah satu cara agar kopi tetap berkualitas, yakni dengan menyimpan kopi dengan cara yang tepat dan benar. Kopi harus disimpan di tempat…

Logo Telkom

Senin, 17 Mei 2021 - 20:01 WIB

Kualitas Layanan Suara dan Data TelkomGroup di Jayapura Meningkat dengan Ketersediaan Bandwidth 4,7 Gbps

Layanan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) baik suara maupun data termasuk IndiHome dan Telkomsel di Jayapura kian meningkat secara kualitas pasca putusnya sistem komunikasi kabel laut…

Pembangunan Jembatan Sementara Benanain

Senin, 17 Mei 2021 - 19:10 WIB

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Jembatan Sementara Benanain Rampung Awal Juni 2021

Saat ini penanganan dilakukan berupa pembangunan jembatan sementara yang dapat dilalui kendaraan roda empat.

Pembalap Andi Gilang di Seri Kelima Moto3 Prancis 2021

Senin, 17 Mei 2021 - 18:00 WIB

Ketua IMI Apresiasi Prestasi Pembalap Andi Gilang di Seri Kelima Moto3 Prancis 2021

Pada balapan seri kelima Moto3 Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021), ia berhasil mendapatkan satu poin karena finish di posisi kelima belas, setelah sebelumnya start dari posisi…

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…