Peranan Big Data Seperti Apa Ini Ulasannya

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:12 WIB

Diskusi Big Data secara daring (Doc: Wahdah Institut)
Diskusi Big Data secara daring (Doc: Wahdah Institut)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Perkembangan teknologi seakan tidak bisa dihindari lagi. Berkat dorongan inovasi dan pengalaman yang panjang, teknologi diharapkan dapat menjadi jawaban untuk membuat hidup manusia menjadi lebih baik.

"Demikian juga terhadap alam semesta. Akan tetapi, manfaat teknologi ternyata tidak dapat dillihat dari sisi teknis fisis material semata. Teknologi berinteraksi aktif dan massif dengan dimensi social-kultural manusia, baik secara individu, berkelompok, maupun global," ujar Agung Bramantya dari wahdahinstitute di Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Menurutnya, perkembangan teknologi baru harus dikaji lebih lanjut dari sudut pandang dinamika sosiokulturteknis. Big data secara literal berarti “data yang besar atau banyak”. Saat ini dunia telah memasuki Era Zettabyte (sepuluh pangkat duapuluh satu byte). Lalu lintas komunikasi berbasis internet protocol (IP) secara global meningkat pesat. Media sosial dan komunikasi Machine to Machine (M2M) telah dan akan menyumbang produksi data terbesar, terutama untuk data tidak terstruktur. Selain data yang sangat banyak dan besar, big data juga sangat terkait erat dengan variasi dan kecepatan data.

"Implementasi penggunaan big data di Indonesia lebih banyak ditemukan di sektor bisnis. Para pelaku usaha berharap bahwa penggunaan big data dapat membantu mereka menjalankan bisnis dengan lebih baik," katanya.

Dengan data yang besar dan akurat, lanjut dia, para pelaku bisnis dapat meningkatkan pendapatan, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan ide untuk menghasilkan produk baru.Selain sektor bisnis, pengembangan big data juga dapat dilihat pada sektor pemerintahan dan sektor akademisi.

Pada sektor pemerintahan, sebagai contoh, Pemerintah DKI Jakarta sejak tahun 2017 telah menggandeng IBM untuk melakukan analisis data dari Jakarta Smart City. Di bawah divisi IBM Big Data Analytics, IBM bertugas mengolah data laporan masyarakat dan data dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk perbaikan kebijakan di DKI Jakarta. Pada sektor akademis, beberapa universitas dan peneliti mempunyai wadah “idbigdata” yang merupakan komunitas bagi pegiat, praktisi, dan masyarakat yang tertarik dengan big data di Indonesia. Meski diinisiasi oleh akademisi, komunitas ini bersifat terbuka.

Untuk mengulas lebih dalam dan memberikan edukasi kepada khalayak lebih luas lagi, Wahdah Institute hadir dengan Serial Webinar Menara Ilmu. Peserta dapat melakukan registrasi di bit.ly/REGWAHDAHINSTITUTE secara gratis untuk tergabung ekslusif di forum Zoom serta mendapatkan e-sertifikat. Adapun live streaming secara terbuka dapat dinikmati di channel Youtube Ummat TV dan channel Wahdah Institute.Pandemi Covid19 yang dirasakan saat ini menjadikannya lebih “spesial” lagi.

Serial Menara Ilmu dari Wahdah Institute direncanakan hadir periodik tiap 2 pekan sekali pada hari Minggu, dimulai tanggal 5 Juli 2020 jam 19.30-21.30 WIB melalui platform Zoom dan live streaming di channel Youtube, demikian juga rekamannya. Forum ini menghadirkan Prof. Achmad Husni Thamrin, Ph.D. (Keio University, Jepang) dan Dhomas Hatta Fudholi, Ph.D. (Universitas Islam Indonesia) sebagai narazoombers dengan Host oleh Agung Bramantya, Ph.D. (Wahdah Institute) dengan tema “ADA APA DENGAN BIG DATA: nasibnya di era pandemic dan peluang kita”.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:46 WIB

Triwulan III 2020, Regulator Jasa Keuangan Tetap Waspada Nasib Perekonomian

Memasuki triwulan III 2020, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan di antara anggota KSSK dengan meningkatkan kewaspadaan mengantipasi dampak penyebaran Covid-19 yang masih tinggi terhadap…

Hadi Pranoto Temukan Obat Herbal Covid-19 (ist)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:00 WIB

Heboh Pengakuan Hadi Pranoto, Kemenkes Luruskan Informasi: Obat Covid-19 Harus Lewati Uji Ilmiah Sebelum Diproduksi dan Dipasarkan

Akhir akhir ini banyak pihak mengklaim telah menemukan obat COVID-19. Salah satunya informasi yang disampaikan oleh Hadi Pranoto yang mengaku sudah menemukan obat yang spesifik bisa menanggulangi…

Migas Ilustrasi

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:53 WIB

Seberapa Menarik Wilayah Kerja Migas Ditawarkan Cost Recovery atau Gross Split ?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menjaga agar aktivitas dan investasi hulu migas tetap berjalan optimal di tengah tantangan pandemi global dan penurunan harga minyak bumi…

MenkopUKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Beringharjo Yogyakarta

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Omzetnya Turun 80%, MenkopUKM Teten Bakal Ringankan Cashflow para Pedagang Pasar Beringharjo

Sejumlah pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta mencurahkan isi hatinya di hadapan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:30 WIB

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, IHSG Justru Berakhir Menguat 1,03 Persen

BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen dibading periode yangs ama pada tahun sebelumnya, justru perdagangan Indeks Harga Saham…