Kabar Baik Buat Investor! Pemerintah Lelang 12 Proyek KPBU Senilai Rp181 triliun, Ini Rincian Proyeknya...

Oleh : Candra Mata | Selasa, 30 Juni 2020 - 08:27 WIB

Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Serang-Panimbang
Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Serang-Panimbang

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan 12 proyek kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (PKBU) akan dilelang pada tahun ini sebagai upaya menggenjot pembangunan infrastuktur ditengah pandemi Covid-19.

“Selama pandemi proyek KPBU tetap berjalan sesuai jadwal dan sampai saat ini proyek yang ditawarkan kepada investor ada 12 proyek dan dirinci ada jalan dan jembatan ada jalan tol Semarang harbor, dan lainnya itu terkait jalan. Kalau permukiman jadi 12 proyek,” ungkap Eko Heripoewanto, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR dalam video confrence bersama IDX di Jakarta, pada Senin (29/6).

Adapun 12 proyek senilai Rp181 triliun tersebut dimulai dari jalan tol Semarang Harbour, Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, Multiline Free Flow Transaction System, Jalan Tol Kamal-Teluk Naga Rajeg, Jalan Tol Layang Cikunir-Tomang-Karawaci, Aksen Jalan Tol Patimban, Jalan Tol Semanan – Balaraja, Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Kalan Tol Bogor-Serpong, Jalan Tol Jakarta Outern Ring Road Elevated Cikunir-Ulujami, Spam Regionalkarian Serpong, dan Spam Resgional Sarbagikul Bali.

Eko Heripoewanto memastikan 12 proyek ini akan berjalan sesuai target. Pihaknya juga akan melakukan sejumlah langkah strategis, mulai dari kesiapan transaksi proyek KPBU, pengadaan proyek yang dilakukan berbasis digital, hingga penerapan sistem Work From Home (WFH) untuk tenaga kerja yang alami kendala.

Namun demikian, Heri juga mengakui pihaknya kerap menemui sejumlah kendala dalam pengembagan proyek KPBU, termasuk kendala sejumlah proyek yang masih tahap konstruksi diantaranya keterlambatan konstruksi lantaran terganggu bahan baku termasuk pembatasan jumlah karyawan sesuai anjuran protokol kesehatan.

Meskipun begitu, pihaknya tetap memastikan bahwa sejumlah karyawan termasuk proyek strategis nasional tidak akan berhenti bekerja dan memastikan hasilnya sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Selama persiapan proyek yang dilelangkan berjalan jadwal kalau ada sedikit pergeseran waktu masalah teknis dan ini misalnya teman-teman badan usaha tidak bisa insentif di lapangan dan secara umum proyek yang ditawarkan masuk ke pelelangan di tahun ini,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wista Seru di Era New Normal

Minggu, 12 Juli 2020 - 21:15 WIB

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wista Seru di Era New Normal

Wisata seru di era new normal, Anda bisa mencoba menelusuri jejak zaman prasejarah lewat goa-goa Pangandaran, Jawa Barat, yang eksotis.

Bijak dan Cerdas Siaran Melalui Sosial Media

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:17 WIB

Keluarga Bisa Jadi Pintu Masuk Untuk Literasi Digital

Jakarta-Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran belum juga kelar. Banyak pihak menyarankan supaya inisiatif dilakukan di tingkat masyarakat.

Penampakan group musik Weird Genius di Times Square AS

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:10 WIB

Muncul di Times Square, Group Musik Asal Indonesia Ini Bikin Masyarakat AS Mabuk Kepayang

Weird Genius, sebuah grup musik yang digawangi Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu, mengumumkan sebuah kabar gembira bagi penggemar mereka. Belum lama ini dikabarkan jika karya mereka mendapat…

PLUT Jembrana

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:45 WIB

Meski Baru 'Seumur Jagung', PLUT Jembrana Berhasil Dorong UMKM Sekitar Naik Kelas

Usia Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Jembrana, Bali masih seumur bayi, satu tahun. Walaupun baru lahir, PLUT Jembrana mampu menorehkan berbagai jejak untuk mengembangkan UMKM…

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:41 WIB

Gugus Tugas Benarkan Rektor USU Prof Runtung Sitepu Positif terpapar COVID-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan bahwa Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu dinyatakan positif terpapar virus…