Kabar Baik Buat Investor! Pemerintah Lelang 12 Proyek KPBU Senilai Rp181 triliun, Ini Rincian Proyeknya...

Oleh : Candra Mata | Selasa, 30 Juni 2020 - 08:27 WIB

Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Serang-Panimbang
Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Serang-Panimbang

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan 12 proyek kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (PKBU) akan dilelang pada tahun ini sebagai upaya menggenjot pembangunan infrastuktur ditengah pandemi Covid-19.

“Selama pandemi proyek KPBU tetap berjalan sesuai jadwal dan sampai saat ini proyek yang ditawarkan kepada investor ada 12 proyek dan dirinci ada jalan dan jembatan ada jalan tol Semarang harbor, dan lainnya itu terkait jalan. Kalau permukiman jadi 12 proyek,” ungkap Eko Heripoewanto, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR dalam video confrence bersama IDX di Jakarta, pada Senin (29/6).

Adapun 12 proyek senilai Rp181 triliun tersebut dimulai dari jalan tol Semarang Harbour, Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, Multiline Free Flow Transaction System, Jalan Tol Kamal-Teluk Naga Rajeg, Jalan Tol Layang Cikunir-Tomang-Karawaci, Aksen Jalan Tol Patimban, Jalan Tol Semanan – Balaraja, Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Kalan Tol Bogor-Serpong, Jalan Tol Jakarta Outern Ring Road Elevated Cikunir-Ulujami, Spam Regionalkarian Serpong, dan Spam Resgional Sarbagikul Bali.

Eko Heripoewanto memastikan 12 proyek ini akan berjalan sesuai target. Pihaknya juga akan melakukan sejumlah langkah strategis, mulai dari kesiapan transaksi proyek KPBU, pengadaan proyek yang dilakukan berbasis digital, hingga penerapan sistem Work From Home (WFH) untuk tenaga kerja yang alami kendala.

Namun demikian, Heri juga mengakui pihaknya kerap menemui sejumlah kendala dalam pengembagan proyek KPBU, termasuk kendala sejumlah proyek yang masih tahap konstruksi diantaranya keterlambatan konstruksi lantaran terganggu bahan baku termasuk pembatasan jumlah karyawan sesuai anjuran protokol kesehatan.

Meskipun begitu, pihaknya tetap memastikan bahwa sejumlah karyawan termasuk proyek strategis nasional tidak akan berhenti bekerja dan memastikan hasilnya sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Selama persiapan proyek yang dilelangkan berjalan jadwal kalau ada sedikit pergeseran waktu masalah teknis dan ini misalnya teman-teman badan usaha tidak bisa insentif di lapangan dan secara umum proyek yang ditawarkan masuk ke pelelangan di tahun ini,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Green Pramuka City

Kamis, 02 Juli 2020 - 19:45 WIB

Pengelola Green Pramuka City Fasilitasi Pemilik Unit Hadapi PKPU di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat

Green Pramuka City memfasilitasi para pemilik unit dengan menyediakan kuasa hukum independen untuk kepentingan administrasi dan pengurusan PKPU di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Kamis, 02 Juli 2020 - 18:30 WIB

Sebut Sudah 7 Perusahaan Relokasi, Kepala BKPM: 17 Investor Asing Baru Lainnya Siap Menyusul

Emiten PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) cetak pendapatan sebesar Rp34,19 trilliun hingga periode 31 Maret 2020 turun dari pendapatan Rp34,84 triliun di periode sama tahun sebelumnya.

Logo PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom)

Kamis, 02 Juli 2020 - 18:10 WIB

Telkom Cetak Pendapatan Sebesar Rp34,19 Triliun di Kuartal I-2020

Emiten PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) cetak pendapatan sebesar Rp34,19 trilliun hingga periode 31 Maret 2020 turun dari pendapatan Rp34,84 triliun di periode sama tahun sebelumnya.

Pizza Hut NPC (ist)

Kamis, 02 Juli 2020 - 17:35 WIB

Tidak Kuat Lagi, Restoran Pizza Hut NPC Resmi Ajukan Pailit

NPC International Inc pemegang waralaba restoran Pizza Hut terbesar di Amerika Serikat mengajukan pailit. Bisnis Pizza Hut bangkrut karena penutupan restoran akibat covid-19 yang menambah tekanan…

Ilustrasi Pergerakan Saham

Kamis, 02 Juli 2020 - 17:19 WIB

IHSG Berakhir di Zona Hijau, Menguat ke Level 4.966

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat sore ini. Pasar modal Indonesia naik 52,39 poin atau 1,07% ke level 4.966,78 atau 4.967.