Tuban Didorong Percepatan Tanam

Oleh : Wiyanto | Jumat, 26 Juni 2020 - 23:06 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat membajak sawah. (Doc: Kementan)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat membajak sawah. (Doc: Kementan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ( SYL ) terus melakukan pengawasan langsung di lapangan berkaitan dengan Gerakan Percepatan Taman yang sedang di gencarkan Kementerian Pertanian sebagai salah satu upaya penangulangan pandemic Covid 19.

Percepatan tanam padi sudah dilakukan sejak awal bulan ini. Jajaran di Kementan langsung turun ke lapangan memastikan semua wilayah melakukan percepatan tanam. Pada MT II target tanam seluas 5,6 juta hektar sehingga nantinya bulan juli sampai desember akan ada 12,5 - 15 juta ton beras. Diperkirakan stok beras akhir Juni diperkirakan masih aman sebesar 6,84 juta ton.

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada sambutan dan arahan nya mengatakan “ Pandemic ini masih melanda negeri ini, bahkan di seluruh dunia. Ini membuat berbagai hal berubah tata cara kita berkehidupan semua menjadi tidak normal ‘ Kata SYL di Tuban, Jumat (26/6/2020). SYL melakukan percepatan tanam padi di Desa Ngadirejo, Kecamatan Widang ,Kabupaten Tuban.

Dilanjutkan nya “ Apapun yang terjadi, kita tetap harus makan. Saya tidak mau melihat rakyat di negeri ini mati kelaparan “ sambungnya.

Meskipun menjadi salah satu wilayah yang penyebaran Covid 19 nya termasuk tinggi, Jawa Timur tidak boleh berkecil hati. “ Sebagai salah satu wilayah yang menjadi produsen beras tertinggi, di Indonesia Jawa Timur tidak boleh menyerah dengan Covid ini . Kita tidak boleh kalah “ lanjut SYL dengan penuh semangat .

“Saya hari ini sangat semangat sekali karena petani petani disini sangat antusia dan semangat. Saya pun jadi lebih agresif untuk terus mendorong demi kemajuan pertanian di seluruh wilayah di Provinsi Jawa Timur karena mempunyai potensi yang besar untuk bisa menyumbangkan produkssi nasional,“ tutur SYL.

SYL menyebutkan komitmen Kementan dalam meningkatkan produksi beras dan percepatan tanam yakni melalui Gerakan Olah Tanah dan Tanam (GPOT), pemberitan bantuan benih, alat mesin pertanian, Kredit Usaha Rakyat (KUR), asuransi pertanian dan pendampingan yang masif. Pada tahun 2020, secara nasional pemerintah mentargetkan luas tanam padi 11,66 juta ha, berpotensi menghasilkan 33,6 juta ton beras, sementara sasaran luas tanam padi pada musim kemarau hingga september 2020 ini sebesar 5,6 juta hektar.

Ditambahkan SYL bahwa Indonesia diberikan banyak kelebihan untuk negeri ini. "Kita memiliki matahari yang cerah, lahan yang luas, perairan yang banyak. Maka di pekarangan rumah pun kita bisa menanam, tanam apa saja," ujarnya penuh semangat. "Berikan pupuk yang baik, bibit yang bagus dan lakukan management dengan baik maka kita tidak mungkin susah," lanjut SYL.

Sekali lagi SYL mengingatkan, “ Jangan jual gabah, jual lah beras. RMU di benahi,sarana prasaran di lengkapi. Pakailah alat alat pertanian yang modern. Itu semua bisa di dapatkan melalui KUR “ himbaua nya.

Lebih lanjut SYL menjelaskan berharap di masing-masing daerah yang mempunyai potensi luas lahan yang ada dapat dimaksimalkan, melalui peningkatan Indeks Pertanaman dengan cara percepatan pengolahan lahan sehingga dapat segera melakukan tanam padi, pemanfaatan jaringan irigasi yang telah dibangun, dan perluasan di areal baru pada lahan kering, lahan rawa-lebak, dan hasil cetak sawah.

Guna mewujudkan kemandirian pangan SYL menegaskan, oleh karenanya sasaran tanam padi 2020 ini cukup tinggi dibanding realisasi tahun sebelumnya. Langkah nyata yang diambil guna mewujudkan hal ini adalah pertanaman padi bulan Mei sampai dengan September 2020 harus dioptimalkan.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengapresiasi perhatian Kementan dalam menggenjot produksi pangan khususnya padi di daerahnya. Dalam kesempatan tersebut mendukung sepenuhnya program Kementan. Kabupaten Tuban ini tergolong sentra produksi yang bisa diharapkan untuk menambah pasokan beras nasioanl. "Jangan pikirkan Covid tapi pikirkan menanam . Pertanian tidak mengenal libur dan istirahat . Dengan hadirnya Pak menteri kami berharap para petani semakin semangat apapun itu halangan nya baik kendala yang biasa terjadi ditambah dengan pandemic covid 19 yang saat ini sedang terjadi,"ujar Emil. Ditambahkannya pemerintah Provinsi akan selalu ada untuk menjadi perpanjangan tangan pemerintah pusat agar semua program program yang ada bisa sampai sampai tingkat ujung tombak.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda mengatakan bahwa Kab Tuban memiliki luas baku sawah 66.534 ha dan LP Padi 2019 seluas 91.200 ha dengan Provitas 5,70 ton/ha dan Produksi beras 298.286 ton dengan target Asep 2020 adalah 29.787 ha .Sedangkan untuk Jagung Kabupaten Tuban memiliki LP Jagung 2019 sebesar 117.758 ha dengan produksi 649.549 ton PK dan target Asep 2020 adalah sebesar 22.918 ha.

“Kami punya semangat untuk membantu sekor pertanian dan siap menjadi salah sentra produksi di negeri ini," lanjutnya. “Harapan kami petani tetap semangat sedangkan pemerintah pusat tetap konsisten untuk menunjang sarana dan prasarana,“ lanjut Fathul.

Ditempat yang sama, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi berharap Kabupaten Tuban memiliki andil yang cukup besar untuk menambah sumbangan produksi padi. Dukungan Kementan tentunya diberikan untuk Tuban melalui bantuan sarana produksi maupun alsintan. Khusus untuk tanaman pangan sendiri bantuan mulai dari benih, budidaya padi, sampai alsintan pascapanen. Untuk itu Suwandi berharap agar petani tetap semangat menggarap lahannya. "Biarkan kami pemerintah yang memikirkan caranya “ cetusnya.

Suwandi juga meminta petani bisa menyerap KUR melalu gerakan kostraling sebagai pengamanan harga gabah. "Kami sudah sediakan KUR untuk komoditas tanaman pangan, silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama bagi penggilingan padi bisa digunakan untuk menyerap gabah petani dengan harga yang layak,“ lanjut Suwandi.

Dalam kesempatan tersebut diberikan juga bantuan kepada kelompok tani secara simbolis berupa Benih Padi Hibrida, Benih Jagung, power therese multiguna , klaim AUTP serta KUR.

Setelah melakukan Gerakan Percepatan Tanam di Desa Ngadirejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Menteri Pertanian melanjutkan perjalanan nya ke Lokasi Pilot Percontohan Nasional Model Pertanian Modern Berbasis Mekanisasi Pertanian di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel , Kabupaten Tuban.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…