Nikmati Beragam Spesies Langka Berkerumun di Tepi Laut S Hotels & Resorts Thailand dan Maladewa

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 Juni 2020 - 15:00 WIB

Nikmati Pemandangan Beragam Spesies Langka di Laut Maladewa
Nikmati Pemandangan Beragam Spesies Langka di Laut Maladewa

INDUSTRY.co.id - Bangkok- Kembali ke awal 2020 dengan pantai –pantai indah di Maladewa yang dipenuhi para turis yang ramai berlibur. Para pasangan yang sedang berbulan madu dan bersantai di bawah cabana, para keluarga yang berlayar dengan berwisata snorkeling dan anak-anak bermain di air jernih berwarna biru turkois.

Namun, sejak COVID-19, sebagian besar dunia telah sepertinya berhibernasi dan pantai-pantai yang sama sepi dari pengunjung - manusia. Pada akhir Maret, anggota tim dari SAii Lagoon Maldives yang baru saja dibuka melihat beberapa jejak kaki yang sebelumnya belum pernah ada di sepanjang pantai utama resor. Setelah dicari, kura-kura laut Olive Ridley ditemukan bersarang di pantai - penampakan pertama yang tercatat dari spesies ini bersarang di Maladewa.

“Kami cukup terkejut menemukan spesies ini di pantai kami. Itu hanya menunjukkan betapa cepatnya lingkungan laut beradaptasi dan berkembang dalam situasi yang nyaman,” komentar Aladin Pakbara, pemimpin proyek untuk pembangunan resor.

Tim keberlanjutan di SAii Lagoon Maldives akan bekerja dengan pihak berwenang dan lingkungan otoritas setempat untuk melihat bagaimana mereka dapat mendukung penyu-penyu Olive Ridley di masa depan. Para anggota tim sedang dilatih oleh para ahli kelautan di Marine Discovery Centre untuk mengidentifikasi

kura-kura ini dan spesies baru dan langka lainnya, dan apa yang harus dilakukan jika terjadi pengamatan lainnya.

Penurunan kedatangan wisatawan juga menyebabkan peningkatan penampakan spesies laut asli lainnya di dalam dan sekitar komunitas CROSSROADS Maladewa S Hotels & Resorts, yang meliputi SAii Lagoon Maldives, Hard Rock Hotel Maldives dan The Marina @ CROSSROADS, tempat rekreasi ‘one-stop, non-stop’ yang beragam. Ini termasuk penyu sisik, pari elang dan ikan pari. Cerita tentang pemulihan satwa liar selama ‘lockdown’ baru-baru ini telah muncul di seluruh dunia.

Penyelam melakukan pekerjaan konservasi terumbu karang Dunia bawah laut yang terus berkembang

Sebuah video yang dirilis oleh penjaga taman di Pulau Phi Phi yang terkenal di Thailand bermunculan hiu blacktip di perairan dangkal Maya Bay, yang terkenal di film “The Beach”. Sebagai bagian dari proyek keberlanjutan global SHR, tim Pusat Penemuan Kelautan di Phi Phi Island Village Beach Resort bekerjasama dengan taman nasional dalam berbagai pekerjaan konservasi, termasuk pembiakan karang, penanaman bakau dan proyek penyelamatan untuk hiu karpet. Ini diprakarsai oleh Kullawit "Um" Limchularat, pakar internasional yang sangat dihormati yang mengepalai proyek pembangunan berkelanjutan perusahaan SHR.

“Komitmen SHR terhadap keberlanjutan telah ditanam dalam jalinan perusahaan kami. Sejalan dengan etos kelompok induk kami, Singha Estate PCL, kami memahami bahwa kami adalah wali yang memiliki tugas untuk melindungi dan melestarikannya untuk generasi mendatang. Kami mengoperasikan semua resor kami sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (UN Sustainable Development Goals SDGs) PBB, terutama yang berkaitan dengan SDG14, 'Kehidupan di Bawah Air', dan kami berusaha untuk melestarikan ekosistem laut dan pesisir kami. Kehadiran penyu Olive Ridley di SAii Lagoon Maldives adalah contoh luar biasa lain tentang bagaimana kita memungkinkan alam untuk berkembang, ”kata Dirk De Cuyper, Chief Executive Officer, S Hotels & Resorts, dalamsiaran persnya belum lama ini.

Pusat Penemuan Kelautan SHR adalah fasilitas bebas-masuk yang menampilkan berbagai pameran interaktif dan pameran pendidikan yang menjelaskan siklus hidup dan kebiasaan spesies laut unik yang endemik di setiap wilayah. Pusat pertama dibuka di Resor Pantai Desa Pulau Phi Phi pada 2018, dan yang kedua diluncurkan pada 2019 di CROSSROADS Maldives. Pusat Penemuan Kelautan ketiga telah direncanakan di Santiburi, resor netral karbon di Koh Samui.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…