SBY Angkat Bicara soal RUU HIP: Hati-hati, Kalau Keliru Dampaknya Sangat Besar, Kasihan Pancasila, Kasihan Rakyat

Oleh : Candra Mata | Rabu, 24 Juni 2020 - 11:10 WIB

Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Angkat Bicara soal RUU HIP (captured INDUSTRY.co.id)
Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Angkat Bicara soal RUU HIP (captured INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 'turun gunung' angkat bicara terkait ramainya pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang sedang digodok oleh DPR bersama Pemerintah. 

"Saya mengikuti hiruk pikuk sosial & politik seputar RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Saya juga sudah membaca & mengkaji RUU tsb. Tentu ada pendapat & tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak semakin panas *SBY*," tulis Presiden RI keenam ini di media sosial twitter miliknya @SBYudhoyono kemarin Selasa siang (23/6).

SBY juga berpesan sekaligus mengingatkan agar Pansila sebagai dasar negara tidak boleh dikutak-katik kearah yang keliru. 

"Kita harus sungguh berhati-hati jika berpikir, berbicara & merancang sesuatu yg berkaitan dgn ideologi & dasar negara Pancasila. Apalagi jika menyentuh pula kerangka & sistem kehidupan bernegara. Kalau keliru, dampaknya sangat besar *SBY*," tuitnya. 

Selain itu, SBY juga menegaskan konsep pancasila merupakan konsesus bersama di yang menjadi sara negara sejak menyatakan diri merdeka pada tahun 1945.

"Memposisikan ideologi harus tepat & benar. Ingat, proses "nation building" & "consensus making" yg kita lakukan sejak tahun 1945 juga tak selalu mudah. Jangan sampai ada "ideological clash" & perpecahan bangsa yg baru. Kasihan Pancasila, kasihan rakyat *SBY*," sebutnya. 

Hingga berita ini diturunkan redaksi Industry.co.id, tiga tuitan SBY tersebut menuai banyak pujian dari para warganet atau netizen di platform sosial media twitter. 

Salah satu komentar datang dari akun @nikungranikung, Ia menyatakan Pancasila sudah tepat namun realisasi nya yang kadang belum bagus.

"Nahh betul, Pancasila sebenarnya udah cocok dan bagus, cuma penerapannya aja yg kadang tidak sesuai harapan," tuitnya. 

Warganet lain juga turut memberikan perhatian dan mengomentari tuitan SBY terkait RUU HIP. 

"Pemikiran terbaik serta mencerahkan kehidupan berbangsa dan bernegara," tulis akun @RicKY_KCh. 

"kasihan pancasila, kasihan rakyat. that's the point!," sebut @Putripuyo. 

"Pancasila ini sudah Final. Tapi masih di korek terus-menerus.. entah apa tujuannya," tuit akun @GilangmacZ09

"Pak SBY sebaiknya kasih statement yg jelas, mana yang harus diperbaiki. Jangan ngambang warna abu2. Selama ini bapak terkesan tidak tegas. Secara  umum saat bapak jadi president kami cukup puas dg kebijakan secara umum Dan perkembangan ekonomi," kata akun @Komari0071.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…