Bagoes AA Meraihkan Kembali Industri Musik Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 Juni 2020 - 12:00 WIB

Bagoes AA Meraihkan Kembali Industri Musik Indonesia
Bagoes AA Meraihkan Kembali Industri Musik Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sosok BAGOES AA pertama kali dikenal sebagai pencipta lagu dan arranger yang cukup berhasil mengangkat beberapa nama lewat hasil kerjanya.

Beberapa karya yang ditelurkan pada masa ke-emasannya ditahun 1980-an diantaranya: Jangan Tutup Dirimu (Iwan Fals), Imajinasi, Semurni Kasih, Kubawa Kau Serta (Dian PP), Duniaku Tersenyum, Malam Kedua (Vina Panduwinata), Rindu Ada Disini, Bukan Sekedar Mimpi (Trio Libels), Datanglah Ceria (Utha Likumahua), Cinta Dini (January Christy), dan beberapa karyanya juga terdapat pada album penyanyi papan atas Indonesia seperti: Chrisye, Vina Panduwinata, LCLR Prambors, Iwan Fals, Ruth Sahanaya, Utha Likumahua, Dian PP, K3S, Tito Soemarsono, January Christy, Trio Libels, Chintami Atmagara, Maxi Gunawan, Franky & Jane, Lingua, dan Dea Mirella.

Bagoes AA memulai langkahnya secara profesional di Blantika Musik Indonesia pada saat mengikuti a jang ‘Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors tahun 1979. Lewat persembahannya ‘Mahajana’ disuarakan oleh penyanyi Loise Hutauruk, berhasil meraih juara ke-empat sekaligus mendapatkan penghargaan sebagai ‘Lirik Terbaik’.

Kemudian Bagoes AA kembali menyertakan lagu ciptaannya di ajang yang sama pada tahun 1980 berjudul ‘Maheswara’, disuarakan sendiri olehnya bersama Wiwik Lesmani, lagu ini berhasil keluar sebagai juara ‘pertama’, dengan menyisihkan rival-rivalnya dari berbagai kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Jogjakarta, Semarang, Bandung, Kertosono & sesama dari ibu kota Jakarta.

Namanya mengemuka sebagai vokalis saat tergabung bersama Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun lewat KELOMPOK 3 SUARA (K3S) yang didirikan secara bersama pada tahun 1985. Pada saat itu, K3S merupakan salah satu grup musisi yang karyanya banyak dinikmati pecinta musik Indonesia.

Akan tetapi pada tahun 1989, Bagoes AA mengundurkan diri dari grup K3S setelah sukses merilis 3 album.

Album perdananya bertajuk ’17 ½ Tahun Keatas’ (1985/1986), album kedua ‘O... Ya? (1986/1987)’ dan album ketiganya ‘Bohong (1987/1988)’.

Setelah lama vakum dari industri musik Indonesia, tahun 2020 ini Bagoes AA akan kembali meramaikan musik Indonesia dengan merilis sebuah album yang sudah lama dinantikannya bertajuk ‘EUPHORIA’ yang berisikan 7 lagu (4 lagu barudan 3 lagu re-aranggements).

Pada album terbarunya ini, Bagoes melibatkan beberapa musisi muda yang diliriknya karena menurut Bagoes, para musisi inilah yang cocok dengan masing-masing lagu yang ia ciptakan. Beberapa musisi yang terlibat diantaranya: Richard Christian, Carlo Saba, Wansyah Fadli, dan Iwan Zen, serta Sita Nursanti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…