Bagoes AA Meraihkan Kembali Industri Musik Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 Juni 2020 - 12:00 WIB

Bagoes AA Meraihkan Kembali Industri Musik Indonesia
Bagoes AA Meraihkan Kembali Industri Musik Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sosok BAGOES AA pertama kali dikenal sebagai pencipta lagu dan arranger yang cukup berhasil mengangkat beberapa nama lewat hasil kerjanya.

Beberapa karya yang ditelurkan pada masa ke-emasannya ditahun 1980-an diantaranya: Jangan Tutup Dirimu (Iwan Fals), Imajinasi, Semurni Kasih, Kubawa Kau Serta (Dian PP), Duniaku Tersenyum, Malam Kedua (Vina Panduwinata), Rindu Ada Disini, Bukan Sekedar Mimpi (Trio Libels), Datanglah Ceria (Utha Likumahua), Cinta Dini (January Christy), dan beberapa karyanya juga terdapat pada album penyanyi papan atas Indonesia seperti: Chrisye, Vina Panduwinata, LCLR Prambors, Iwan Fals, Ruth Sahanaya, Utha Likumahua, Dian PP, K3S, Tito Soemarsono, January Christy, Trio Libels, Chintami Atmagara, Maxi Gunawan, Franky & Jane, Lingua, dan Dea Mirella.

Bagoes AA memulai langkahnya secara profesional di Blantika Musik Indonesia pada saat mengikuti a jang ‘Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors tahun 1979. Lewat persembahannya ‘Mahajana’ disuarakan oleh penyanyi Loise Hutauruk, berhasil meraih juara ke-empat sekaligus mendapatkan penghargaan sebagai ‘Lirik Terbaik’.

Kemudian Bagoes AA kembali menyertakan lagu ciptaannya di ajang yang sama pada tahun 1980 berjudul ‘Maheswara’, disuarakan sendiri olehnya bersama Wiwik Lesmani, lagu ini berhasil keluar sebagai juara ‘pertama’, dengan menyisihkan rival-rivalnya dari berbagai kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Jogjakarta, Semarang, Bandung, Kertosono & sesama dari ibu kota Jakarta.

Namanya mengemuka sebagai vokalis saat tergabung bersama Dian Pramana Poetra dan Deddy Dhukun lewat KELOMPOK 3 SUARA (K3S) yang didirikan secara bersama pada tahun 1985. Pada saat itu, K3S merupakan salah satu grup musisi yang karyanya banyak dinikmati pecinta musik Indonesia.

Akan tetapi pada tahun 1989, Bagoes AA mengundurkan diri dari grup K3S setelah sukses merilis 3 album.

Album perdananya bertajuk ’17 ½ Tahun Keatas’ (1985/1986), album kedua ‘O... Ya? (1986/1987)’ dan album ketiganya ‘Bohong (1987/1988)’.

Setelah lama vakum dari industri musik Indonesia, tahun 2020 ini Bagoes AA akan kembali meramaikan musik Indonesia dengan merilis sebuah album yang sudah lama dinantikannya bertajuk ‘EUPHORIA’ yang berisikan 7 lagu (4 lagu barudan 3 lagu re-aranggements).

Pada album terbarunya ini, Bagoes melibatkan beberapa musisi muda yang diliriknya karena menurut Bagoes, para musisi inilah yang cocok dengan masing-masing lagu yang ia ciptakan. Beberapa musisi yang terlibat diantaranya: Richard Christian, Carlo Saba, Wansyah Fadli, dan Iwan Zen, serta Sita Nursanti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cukai Rokok (ilustrasi)

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:48 WIB

Penyederhanaan Struktur Cukai Rokok Buka Peluang Emiten Rokok Raksasa Makin Cuan

Disinyalir, penyederhanaan layer cukai akan membuat pabrikan golongan II untuk naik tingkat dan membayar cukai yang sama besarnya dengan para pendahulu, antara lain emiten HM Sampoerna (HMSP).

foto pasar Kalideres/ sumber: harian umum

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:37 WIB

Penghasilan Sangat Berat! Forum Pedagang Pasar Kalideres Minta Tempat Penjualan yang Layak

Jakarta-Di tengah masa sulit akibat dampak pandemi Covid 19 juga berdampak buruk bagi para pedagang yang sebagian besar adalah pedagang kecil, Forum Pedagang Pasar Kalideres meminta pengelola…

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:36 WIB

Muhammadiyah 'Jewer' Nadiem Soal Zona Kuning

Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Menengah mengizinkan zona kuning untuk belajar tatap muka mendapat cibiran dari PP Muhammadiyah.

Ilustrasi Pengelolaan Hutan (Photo by Republika)

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Tumpang Tindih Pengelolaan Hutan Jadi Pemicu Bencana Jangka Panjang

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mengingatkan kepada pemerintah akan pentingnya pengelolaan perhutanan sosial yang memiliki kekuatan strategis mulai dari sosial, budaya, ekonomi,…

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto : Arief/Man

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:05 WIB

DPR Ini Berharap Ekonomi Indonesia Jangan Sampai Masuk Jurang Resesi

Berdasarkan data yang dirilis BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II Tahun 2020 mengalami kontraksi atau -5,32 persen dibandingkan triwulan II-2019.