Mengatasi Kecemasan Menghadapi ‘New Normal’ dengan Teknik Mindfulness

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:19 WIB

Ilustrasi Bahagia
Ilustrasi Bahagia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Setelah hampir tiga bulan masyarakat di berbagai kota menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, kini Indonesia tengah bersiap menghadapi era kenormalan baru atau New Normal, yakni dibukanya kembali aktivitas harian di luar rumah dengan protokol kesehatan COVID-19 yang wajib dipatuhi.

Kelonggaran beraktivitas di luar rumah bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bekerja dari rumah atau Work from Home memberikan berbagai reaksi. Ada yang menyambut gembira, tapi tidak sedikit yang justru merasa khawatir dan cemas akan meningkatnya potensi terpapar COVID-19 akibat beraktivitas sosial di luar rumah.

Kecemasan merupakan gangguan yang umum terjadi di masyarakat, di mana seseorang memikirkan skenario terburuk dalam hidupnya yang diakibatkan oleh ketidakpastian yang dihadapi. Seseorang yang mengalami gangguan cemas biasanya ditandai dengan jantung berdebar, nafas pendek, sulit tidur, mual, kembung, diare, sakit kepala, otot menegang dan berbagai gejala lain dari mulai ringan hingga berat.

Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan adalah dengan Mindfulness. Mindfulness adalah praktik menempatkan kesadaran penuh pada apa yang terjadi di momen saat ini dengan keterbukaan dan penerimaan. Mindfulness telah menjadi sebuah metode yang secara tren di dunia menunjukkan peningkatan dalam 15 tahun terakhir dan dipakai sebagai metode alternatif penanganan berbagai gangguan mental dan psikologis.

“Saat kecemasan atau rasa panik muncul, lakukan latihan Mindfulness sederhana yakni dengan memfokuskan perhatian terhadap nafas,” ujar Beninglara, praktisi meditasi dan pendiri Mindfulness Indonesia, sebuah lembaga pendidikan Mindfulness kepada INDUSTRY.co.id, Sabtu (6/6/2020).

Saat memfokuskan diri pada nafas, amati sensasi tubuh apa yang muncul dengan terbuka tanpa memberikan penghakiman terhadap diri sendiri, orang lain maupun keadaan atau situasi. “Jika kita memfokuskan diri pada nafas, maka pikiran yang berseliweran dan otot yang tegang akan tenang secara perlahan,” ujar Bening.

Pada saat seseorang mempraktikkan Mindfulness, ia tidak terbawa oleh perasaan maupun isi pikirannya melainkan mengamati dan menerima semua jenis emosi yang muncul. Inti dari Mindfulness adalah penerimaan atas segala sensasi yang dirasakan tanpa memberikan penghakiman. Setelah itu, seseorang mampu merespon kondisi apapun dengan lebih bijak dan dilandasi cinta kasih atau compassion terhadap diri sendiri dan lingkungan.

Mindfulness juga dilatih dengan cara melakukan Mindfulness Meditation secara rutin.  Namun menurut Bening mempraktikkan Mindfulness bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, terutama pada saat kecemasan muncul.

"Kapanpun dimanapun kita bisa mengajak pikiran dan perhatian kita untuk fokus terhadap nafas atau sensasi inderawi lainnya, sehingga pada dasarnya Mindfulness bisa dilakukan setiap saat," ujarnya.

Masyarakat juga bisa menjaga dirinya agar tetap Mindful yakni dengan membatasi diri terhadap informasi yang berseliweran dan belum tentu benar.

"Pikiran kita sangat mudah terombang-ambing, apalagi dengan banyaknya arus informasi. Untuk itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesadaran kita supaya tetap Mindful adalah dengan bijak mengkonsumsi informasi khususnya dari sosial media," tutup Bening.

Mindfulness Indonesia merupakan lembaga pelatihan Mindfulness yang resmi dan telah memperkenalkan Mindfulness di Indonesia sejak tahun 2016. Selain itu, Mindfulness Indonesia juga merupakan lembaga pertama di Indonesia yang memberikan terapi penanggulangan pasien pengguna narkoba melalui pendekatan holistik di sebuah lembaga rehabilitasi narkoba non-medis di Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 26 April 2024 - 05:01 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Catatkan Premi Rp22 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15% berdasarkan nilai premi baru…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…