Telan Pil Pahit, Perusahaan Milik Konglomerat Prajogo Pangestu Rugi US$ 17,5 Juta

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Juni 2020 - 13:46 WIB

Prajogo Pangestu
Prajogo Pangestu

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) harus menelan pil pahit pada kuartal pertama tahun 2020 (Q1 2020).

Bagaimana tidak, jika awal tahun 2019 lalu perusahaan mencetak keuntungan bersih sebesar US$17,6 juta, capaian tersebut turun hingga 199,3% dan berbalik merugi US$17,5 juta pada awal tahun ini.

Dalam rilisnya, TPIA juga mencatat ada penurunan pada pos pendapatan sebesar 13,7% dari US$552,2 juta pada Q1 2019 menjadi US$476,8 juta pada Q1 2020. Sementara itu, beban pokok stabil dengan kenaikan tipis dari US$490,3 juta menjadi US$493,4 juta.

Direktur TPIA, Suryandi, menjelaskan bahwa penurunan kinerja perusahaan pada awal tahun ini dipengaruhi oleh melemahnya permintaan pasar, khususnya di pasar domestik China karena terdampak Covid-19.

Ia mengakui, lingkungan makro yang menantang serta margin petrokimia yang ketat juga turut berpengaruh pada kinerja perusahaan saat ini.

"Untuk mengelola dan menavigasi ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya, Chandra Asri berfokus pada tiga imperatif strategis utama, yaitu kelangsungan bisnis, keunggulan operasional, dan ketahanan keuangan," katanya, Jakarta, Jumat (5/06/2020).

Lebih lanjut, Suryandi mengatakan bada posisi neraca TPIA saat ini masih kuat dengan likuiditas per Maret 2020 di angka US$880 juta, termasuk kas dan setara kas yang mencapai US$624 juta. Dengan begitu, TPIA diklaim masih berada dalam posisi yang baik untuk menghadapi krisis.

"Proyek ekspansi kami yang sedang berlangsung, yaitu pabrik MTBE dan Butene-1 dijadwalkan selesai perencana pada Q3 2020. Kami terus percaya pada daya tarik jangka panjang dari pasar petrokimia Indonesia, dan akan mempertahankan disiplin modal dan investasi yang bijaksana untuk memastikan pertumbuhan positif yang berkesinambungan," sambungnya.

Asal tahu saja, perusahaan milik konglomerat Prajogo Pangestu ini membukukan aset sebesar US$403,7 juta pada akhir Maret 2020. Angka tersebut menurun 1,4% dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar US$451,2 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…

Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:12 WIB

GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru: Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan GrabFood untuk menikmati makanan dengan lebih praktis dan terjangkau. Untuk pemesanan…

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…