Wuih...Garuda, KAI, KS, PTPN dan Perumnas Disuntik Rp9,65 Triliun, Pemerintah: Ini Talangan Bukan PMN

Oleh : Candra Mata | Jumat, 05 Juni 2020 - 10:45 WIB

Bantuan Modal BUMN (ilustrasi Sindonews.com)
Bantuan Modal BUMN (ilustrasi Sindonews.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Febrio Nathan Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan mengatakan Pemerintah akan menggelontorkan dana talangan kepada lima BUMN senilai Rp19,65 triliun agar dapat bertahan ditengah pandemi Covid-19.

"Dana talangan ini adalah working capital jangka pendek, tidak permanen. Talangan investasi adalah sesuatu yang akan kembali. Ini bukan PMN, bukan penambahan modal secara permanen," kata Febrio dalam video conference, Kamis (4/6) .

Adapun kelima BUMN yang bakal mendaoat talangan adalahpertama, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan nilai talangan Rp8,5 triliun. 

Kedua, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan talangan mencapai Rp3,5 triliun. Ketiga adalah PT Perkebunan Nusantara (Persero) mendapat Rp4 triliun. 

Keempat PT Krakatau Steel(Persero) Tbk dapat talangan capai Rp3 triliun, dan terakhir kelima ialah Perum Perumnas dengan nilai talangan sebesar Rp650 miliar.

Perlu diketahui, hingga saat ini Pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp52,27 triliun yang diberikan kepada 12 BUMN untuk penyertaan modal negara (PMN) yang tertuang dalam UU APBN 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukungan Menuju Indonesia Cashless Society di Era New Normal

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:15 WIB

Shopee: Pembayaran Digital Meningkat di Era New Normal

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, melihat adanya peningkatan masyarakat Indonesia memilih opsi pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara online.

Coronavirus (ist)

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:10 WIB

Jubir COVID-19 Yurianto: Droplet Bertahan Lama Dalam Ruangan, Cegah dengan Masker bukan Face Shield

Marak pemberitaan mengenai penularan COVID-19 melalui udara beredar ditengah masyarakat membuat juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto angkat bicara.  Menurutnya bahwa merujuk rilis…

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:00 WIB

Home Industri Modifikasi Otomotif Berkembang Signifikan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong berkembangnya home industri motor dan mobil custom (modifikasi otomotif) sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif. Terlebih orang nomor satu di…

Ilustrasi kredit perbankan

Selasa, 14 Juli 2020 - 09:55 WIB

Kabar Gembira! OJK Bakal Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Berdasarkan hasil diskusi dengan kalangan perbankan, diputuskan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperpanjang restrukturisasi kredit.

Reklamasi Teluk Jakarta (Foto Ist)

Selasa, 14 Juli 2020 - 09:50 WIB

Inilah Keheranan Ahok, Soal Reklamasi Ancol di Zaman Gubernur Anies yang Menempel dengan Darat

Jakarta, Gubernur Anies Baswedan dinilai dianggap melanggar janji kampanye karena pernah menentang dengan keras reklamasi di masa Basuki Tjahaja Purnama menjabat Gubernur DKI Jakarta.