Pengusaha Sukses Asal Surabaya Ini Sebut Pandemi Covid-19 Dorong Transformasi Teknologi jadi Lebih Cepat

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Juni 2020 - 06:13 WIB

CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)
CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah perusahaan global mulai beradaptasi dengan teknologi pada saat pandemi Covid-19. Adanya wabah tersebut, telah memaksa banyak perusahaan untuk melakukan proses transformasi menjadi perusahaan yang berbasis teknologi.

Hal tersebut disampaikan CEO & Founder Crown Group, Iwan Sunito saat menjadi pembicara dalam webinar dengan topik From 0 to $5 Billion: Lessons from 2 Decades of Entrepreneurship, (1/6) kemarin.

"Ketiadaan kesempatan untuk berinteraksi secara normal telah memunculkan celah baru kebutuhan ataupun ketergantungan terhadap teknologi. Adaptasi teknologi adalah keniscayaan untuk menghadirkan pengalaman yang baru bagi konsumen. Dan perlu diingat bahwa selalu ada kesempatan berkembang di setiap krisis yang terjadi, yang berujung kepada lahirnya sebuah inovasi," ujar pengusaha asal Surabaya ini.

Dikatakan Iwan, Crown Group sebagai salah satu perusahaan swasta terbesar di Australia telah lebih dahulu mengadaptasi teknologi untuk menciptakan pengalaman baru bagi pembeli properti dan tamu hotel.

Crown Group, kata dia, telah berhasil menciptakan video 360-derajat yang menakjubkan untuk proyek-proyek yang dikembangkan dan hotel Skye Suites, termasuk diantaranya Mastery by Crown Group dan Waterfall by Crown Group.

Disamping itu, sambung Iwan, pihaknya juga memperkuat program pemasaran melalui keterlibatan platform lini masa, sehingga tim sales Crown Group dapat melakukan tur property virtual secara live kepada para agen penjualan dan konsumen.

Menurut Iwan, cara ini cukup ampuh, terbukti dengan penjualan pada bulan Mei 2020 mencapai Rp. 630 milyar, melebihi target yang direncanakan.

"Sejak 24 bulan yang lalu, kedua hotel kami, Skye Suites Parramatta dan Skye Suites Sydney sudah memiliki fitur layanan virtual concierge. Karenanya, kedua hotel ini mendapat penghargaan sebagai The Best Technology Hotel oleh HM Awards selama dua tahun terakhir yakni 2018 – 2019. Banyak tamu yang menginap di Skye Suites sangat menyukai fitur tersebut," tutur Iwan.

Oleh karena itu, tegas Iwan, dirinya melihat bahwa teknologi dan perusahaan sudah menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

"Di sisi lain, ini adalah waktu bagi kita semua untuk kembali terhubung dengan komunitas kita lebih dari sebelumnya. Bagaimana kita bisa menjangkau keluar karena kita peduli sembari menumbuhkan kembali semangat kebersamaan," pungkas pria kelahiran Surabaya dan sempat menghabiskan masa remajanya di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkopolhukam Mahfud MD

Rabu, 15 Juli 2020 - 19:10 WIB

Masih Seputar Djoko Tjandra, Menko Polhukam Panggil Empat Instansi

Menko Polhukam Mahfud MD akan segera memanggil 4 institusi untuk meminta laporan perkembangan kasus buronan kelas kakap, Djoko S Tjandra. Hal ini disampaikan oleh Menko Polhukam Selasa (7/7/2020)…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 15 Juli 2020 - 19:05 WIB

Tunjangan Profesi di Setop, Forum Guru: Kami para Guru Indonesia Mendesak Mendikbud Nadiem Makarim Membatalkan Peraturan Sekjen Kemendikbud

Para guru yang tergabung dalam Delegasi Forum Komunikasi Guru SPK Indonesia menyambangi Gedung DPR RI untuk bertemu dengan Komisi X yang menangani persoalan pendidikan di Indonesia. Para guru…

Kapolri Jenderal Polisi, Idham Azis (Foto Ist)

Rabu, 15 Juli 2020 - 19:02 WIB

Kapolri Jendral Idham Copot Jabatan Brigjen Pol Prasetijo Terkait Djoko Tjandra

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis resmi mencopot Brigjen Pol Prasetijo Utomo dari jabatannya sebagai Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri.

Enam serikat buruh konsisten dalam tim RUU Cipta Kerja

Rabu, 15 Juli 2020 - 18:50 WIB

Enam Serikat Buruh Tegaskan Tetap Konsisten Dalam Tim Pembahasan RUU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan

Enam serikat pekerja/serikat buruh menyatakan tetap konsisten tergabung dalam tim pembahasn klaster ketenagakerjaan RUU Cipta Kerja yang dibentuk dari unsur pemerintah, unsur pengusaha, dan…

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Rabu, 15 Juli 2020 - 18:17 WIB

Terus Bertambah! Yurianto: 80.094 Orang Positif COVID-19, Sembuh 39.050, Meninggal 3.797

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per hari ini Rabu (15/7) totalnya menjadi 80.094…