Pemprov jabar Gandeng Telkom University dan Cisco Wujudkan Kota Cerdas di Tengah Pandemi

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 02 Juni 2020 - 21:26 WIB

Pemprov Jabar kerjasama dengan Telkom University dan Cisco
Pemprov Jabar kerjasama dengan Telkom University dan Cisco

INDUSTRY.co.id - Bandung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco setuju untuk berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas, yang salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat. Program yang diumumkan hari ini merupakan bagian dari program global Country Digital Acceleration (CDA) Cisco.

 
Program CDA di Indonesia berfokus pada lima bidang: pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber dan pemerataan digitalisasi. 

Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University, mengatakan kemampuan untuk mendorong dan menciptakan berbagai inovasi sangatlah penting dalam mewujudkan visi digitalisasi ekonomi Indonesia. 

Seluruh pemangku kepentingan seperti institusi pendidikan, pemerintah dan sektor swasta, perlu bersinergi bersama. 

"Kami merasa bangga dapat bekerjasama dengan Cisco dengan teknologi dan solusinya yang membantu kami mengembangkan aplikasi inovatif baru guna mempercepat inisiatif kota cerdas dan pemerintahan digital Provinsi Jawa Barat, terutama saat ini dimana ketahanan pelayanan publik sangat dibutuhkan," Prof Adiwijaya. 

Sementara itu, Marina Kacaribu, Managing Director, Cisco Indonesia, menyebut inovasi dan adopsi digital telah muncul sebagai pilar utama pertumbuhan Indonesia.  

Bersamaan dengan laju inovasi teknologi, transformasi digital akan memainkan peranan makin penting di tahun-tahun mendatang. 

"Cisco merasa terhormat memiliki kesempatan berperan aktif dengan mendukung ketersediaan platform infrastruktur yang handal dan aman untuk informasi dan komunikasi publik dalam menghadapi COVID-19," ujar Marina. 

Adapun, Mochamad Ridwan Kamil selaku Gubernur Provinsi Jawa Barat menyampaikan kolaborasi antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco merupakan salah satu langkah penting yang dilakukan untuk mendukung infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Di masa genting penanganan COVID-19, dukungan platform teknologi informasi dan komunikasi yang matang dapat menunjang efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan, dan transparansi pada layanan-layanan publik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat," jelas Ridwan Kamil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Main Dealer Sepeda Motor Honda

Jumat, 10 Juli 2020 - 12:15 WIB

Hebat, Main Dealer Sepeda Motor Honda PT Wahana Makmur Sejati Miliki SMK Binaan ke 56

Peresmian Laboratorium Honda yang didukung langsung oleh PT. Astra Honda Motor serta disaksikan dinas pendidikan Jakarta Selatan ini menambah jumlah SMK binaan Wahana di Jakarta dan Tangerang.…

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

Jumat, 10 Juli 2020 - 12:00 WIB

Berwisata ke Danau Toba Segera Dipermudah Berkat Adanya Tol Kuala Tanjung-Parapat

Disamping meningkatkan konektivitas antar destinasi wisata dengan melakukan preservasi dan pelebaran jalan lingkar Pulau Samosir, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah…

PT Jamkrindo Raih Penghargaan Anugerah BUMN 2020

Jumat, 10 Juli 2020 - 11:45 WIB

PT Jamkrindo Raih Penghargaan Anugerah BUMN 2020

PT Jamkrindo mendapatkan penghargaan terbaik II pada kategori Emerging Stated Owned Enterprise dalam acara 9th Anugerah BUMN 2020. Penghargaan diterima oleh Direktur Operasional dan Jaringan…

Industri Besi dan Baja (Ist)

Jumat, 10 Juli 2020 - 11:40 WIB

Mati 'Digerogoti' Impor dari China, Industri Baja Tanah Air Siap-siap Gulung Tikar

Impor baja impor selundupan membuat resah produsen baja lokal. Importasi baja impor tersebut jika tidak dicegah pemerintah tentu akan membuat pengusaha baja di Tanah Air lambat laun akan gulung…

Negara Hadir untuk Masyarakat Miskin dan Rentan

Jumat, 10 Juli 2020 - 11:37 WIB

Negara Hadir untuk Masyarakat Miskin dan Rentan

Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara memastikan negara hadir untuk masyarakat miskin dan rentan sampai di tingkat terbawah, yakni tingkat desa/kelurahan. Melalui Pusat Kesejahteraan Sosial…