Kabar Gembira, Hasil Penelitian Ungkap Minyak Kayu Putih Ampuh Tangkal Virus COVID-19

Oleh : Candra Mata | Senin, 01 Juni 2020 - 10:32 WIB

Ilustrasi Minyak Kayu Putih (ist)
Ilustrasi Minyak Kayu Putih (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pandemi virus corona (COVID-19) telah menciptakan situasi krisis global dan menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dunia. Terlebih, hingga saat ini vaksin COVID-19 masih belum juga ditemukan sehingga korban terus berjatuhan.

Saat ini, tindakan pencegahan seperti menjaga kebersihan dan menerapkan physical distancing menjadi satu-satunya upaya terbaik dalam memerangi virus corona. 

Selain itu, berbagai penelitian yang dilakukan juga menjadi acuan dalam menghadapi virus asal Wuhan, Tiongkok ini.

Seperti penelitian yang diungkap oleh dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Hanny Wijaya. Ia memaparkan jika minyak kayu putih berpotensi mencegah virus corona.

Hanny lantas menunjukkan laporan penelitian Sharma dan Kaur yang berjudul Eucalyptol (1,8-cineole) from Eucalyptus Essential Oil a Potensial Inhibitor of COVID-19 Corona Virus 

Infection by Molecular Docking Studies. Penelitian ini menunjukkan jika senyawa 1,8 sineol berpotensi menjadi senyawa yang dapat menghambat infeksi COVID-19.

Senyawa 1,8 sineol atau yang dikenal dengan nama cajuputol adalah senyawa monoterpen yang sering dilaporkan memilki kemampuan anti-inflamasi. 

Selain itu, senyawa ini juga memiliki antioksidan yang terbukti dapat berperan sebagai co-medication pada penyakit inflamasi saluran pernafasan seperti asma dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

”Hasil penelitian ini menguatkan potensi minyak atsiri kayu putih sebagai pencegah virus COVID-19,” ungkap Prof Dr Hanny Wijaya seperti dilansir redaksi dari laman Kumparan Senin (1/5). 

Perlu diketahui, senyawa 1,8 sineol yang cukup tinggi terkandung dalam minyak kayu putih yang merupakan minyak atsiri asli Indonesia. Bahkan, senyawa 1,8 sineol dalam minyak kayu putih mencapai 47,61 persen.

Dewan atsiri Indonesia juga mengatakan minyak kayu putih dan minyak ekaliptus didefinisikan serupa mengandung 1,8 sineol. Dilaporkan senyawa itu dapat mencegah infeksi virus influenza yang dapat menyebabkan pneumonia.

”Penelitian terhadap minyak ekaliptus, yang komposisi senyawa terkandungnya mirip dengan minyak kayu putih,” kata Hanny seperti yang dilaporkan baru-baru ini oleh Balitbang Pertanian memiliki kemampuan untuk membunuh 80-100 persen virus corona model. 

Minyak kayu putih secara tradisional bahkan disebut dapat dikonsumsi dalam bentuk infused water untuk pengobatan, seperti mengobati sakit perut, cacingan, batuk dan masuk angin (inflamasi). 

Minyak kayu putih murni dan dalam kadar rendah yang disebut paling aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, pengolahan minyak kayu putih untuk dikonsumsi masih jarang.

”Belum banyak produk pengolahan minyak kayu putih untuk dikonsumsi di dunia maupun di Indonesia,” terang Hanny.

Salah satu produk pengolahan minyak kayu putih sebagai produk pangan ialah permen minyak kayu putih.

”Hasil penelitian lanjutan menunjukkan bahwa permen ini juga mempunyai potensi untuk menjaga homeostasis mikroflora mulut,” sambungnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani

Rabu, 15 Juli 2020 - 17:20 WIB

Pesan Haru Menkeu Ke Karyawan DJP: Kita Jadi Tulang Punggung Negara Wajib Kerja Keras, Tapi Tetap Hati-hati, Sayangi Keluarga Anda, Jaga Mereka

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa situasii pandemi COVID-19 masih menimbulkan kekhawatiran angka penularan yang tinggi. Namun, sebagai salah satu institusi yang…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

Rabu, 15 Juli 2020 - 17:10 WIB

Ditengah Pandemi, Menperin AGK Tegaskan Pemerintah Tetap Fokus Implementasikan Industri 4.0

Indonesia telah menyatakan kesiapan sektor manufaktur untuk bertransformasi ke arah era industri 4.0. Hal ini dibuktikan melalui peluncuran peta jalan Making Indonesia 4.0 sejak tahun 2018,…

Oracle

Rabu, 15 Juli 2020 - 17:00 WIB

Oracle Rilis Inisiatif Baru ‘Oracle Dedicated Region Cloud@Customer’

Didorong oleh permintaan pelanggan yang kuat, Oracle hari ini mengumumkan Oracle Dedicated Region Cloud@Customer, suatu sistem cloud pertama yang dirancang sesuai dengan wilayah dan dikelola…

Ilustrasi penumpang KRL (Foo: Witwetnews.com)

Rabu, 15 Juli 2020 - 16:40 WIB

Catat! Mulai 20 Juli 2020, Penumpang KRL Diwajibkan Berpakaian Lengan Panjang

Mulai 20 Juli 2020 seluruh penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuterline diharuskan berpakaian lengan panjang.

Aplikasi i-Kurma

Rabu, 15 Juli 2020 - 16:32 WIB

Berkat i-Kurma, BRIsyariah Mampu Salurkan Pembiayaan Mikro Untuk UMKM Rp9,5 Triliun Hingga Juni 2020

Pertumbuhan ini dipacu oleh transformasi digital yang dilakukan BRIsyariah melalui aplikasi i-Kurma yang merupakan aplikasi untuk memproses pengajuan pembiayaan.