Kabar Gembira, Hasil Penelitian Ungkap Minyak Kayu Putih Ampuh Tangkal Virus COVID-19

Oleh : Candra Mata | Senin, 01 Juni 2020 - 10:32 WIB

Ilustrasi Minyak Kayu Putih (ist)
Ilustrasi Minyak Kayu Putih (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pandemi virus corona (COVID-19) telah menciptakan situasi krisis global dan menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dunia. Terlebih, hingga saat ini vaksin COVID-19 masih belum juga ditemukan sehingga korban terus berjatuhan.

Saat ini, tindakan pencegahan seperti menjaga kebersihan dan menerapkan physical distancing menjadi satu-satunya upaya terbaik dalam memerangi virus corona. 

Selain itu, berbagai penelitian yang dilakukan juga menjadi acuan dalam menghadapi virus asal Wuhan, Tiongkok ini.

Seperti penelitian yang diungkap oleh dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Hanny Wijaya. Ia memaparkan jika minyak kayu putih berpotensi mencegah virus corona.

Hanny lantas menunjukkan laporan penelitian Sharma dan Kaur yang berjudul Eucalyptol (1,8-cineole) from Eucalyptus Essential Oil a Potensial Inhibitor of COVID-19 Corona Virus 

Infection by Molecular Docking Studies. Penelitian ini menunjukkan jika senyawa 1,8 sineol berpotensi menjadi senyawa yang dapat menghambat infeksi COVID-19.

Senyawa 1,8 sineol atau yang dikenal dengan nama cajuputol adalah senyawa monoterpen yang sering dilaporkan memilki kemampuan anti-inflamasi. 

Selain itu, senyawa ini juga memiliki antioksidan yang terbukti dapat berperan sebagai co-medication pada penyakit inflamasi saluran pernafasan seperti asma dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

”Hasil penelitian ini menguatkan potensi minyak atsiri kayu putih sebagai pencegah virus COVID-19,” ungkap Prof Dr Hanny Wijaya seperti dilansir redaksi dari laman Kumparan Senin (1/5). 

Perlu diketahui, senyawa 1,8 sineol yang cukup tinggi terkandung dalam minyak kayu putih yang merupakan minyak atsiri asli Indonesia. Bahkan, senyawa 1,8 sineol dalam minyak kayu putih mencapai 47,61 persen.

Dewan atsiri Indonesia juga mengatakan minyak kayu putih dan minyak ekaliptus didefinisikan serupa mengandung 1,8 sineol. Dilaporkan senyawa itu dapat mencegah infeksi virus influenza yang dapat menyebabkan pneumonia.

”Penelitian terhadap minyak ekaliptus, yang komposisi senyawa terkandungnya mirip dengan minyak kayu putih,” kata Hanny seperti yang dilaporkan baru-baru ini oleh Balitbang Pertanian memiliki kemampuan untuk membunuh 80-100 persen virus corona model. 

Minyak kayu putih secara tradisional bahkan disebut dapat dikonsumsi dalam bentuk infused water untuk pengobatan, seperti mengobati sakit perut, cacingan, batuk dan masuk angin (inflamasi). 

Minyak kayu putih murni dan dalam kadar rendah yang disebut paling aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, pengolahan minyak kayu putih untuk dikonsumsi masih jarang.

”Belum banyak produk pengolahan minyak kayu putih untuk dikonsumsi di dunia maupun di Indonesia,” terang Hanny.

Salah satu produk pengolahan minyak kayu putih sebagai produk pangan ialah permen minyak kayu putih.

”Hasil penelitian lanjutan menunjukkan bahwa permen ini juga mempunyai potensi untuk menjaga homeostasis mikroflora mulut,” sambungnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…