Salip DKI Jakarta, Jatim Catat Jumlah Kenaikan Kasus Harian Positif Corona Terbanyak Sejak Maret 2020

Oleh : Ridwan | Senin, 01 Juni 2020 - 07:15 WIB

Ilustrasi Tenaga Medis Covid-19 lakukan Pemakaman Pasien
Ilustrasi Tenaga Medis Covid-19 lakukan Pemakaman Pasien

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Provinsi Jawa Timur mencatatkan jumlah kenaikan kasus harian positif Covid-19 terbanyak sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kasus pertama dan kedua pada 2 Maret 2020 lalu.

Berdasarkan laporan media harian Covid-19 per 31 Mei 2020 hingga pukul 12.00 WIB, penambahan kasus positif di Jawa Timur mencapai 244 kasus. Secara akumulasi jumlah kasus positif di Provinsi tersebut mencapai 4.613 kasus.

"Yang pertama Jawa Timur, sekarang jadi 244 positif. Ada penambahan dibanding kemarin sebanyak 199," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konfrensi pers di Graha BNPB, (31/5/2020).

Tambahan kasus harian tersebut merupakan yang tertinggi dari seluruh provinsi. Posisi kedua disusul oleh DKI Jakarta dengan penambahan kasus 118 orang, sehingga secara kumulatif penderita Covid-19 di wilayah Ibu Kota negara ini mencapai 7.348 orang.

Kemudian, posisi ketiga ada Nusa Tenggara Barat dengan penambahan kasus positif sebanyak 42 orang.

Berdasarkan catatan, jumlah kenaikan kasus terbanyak sebelumnya pun sempat terjadi di Provinsi DKI Jakarta pada 16 April lalu, yakni sebanyak 223 kasus.

Selain episentrum, DKI Jakarta saat ini punya kasus corona terbanyak yakni 7.348 kasus.

Wilayah provinsi Jawa Timur saat ini memang acap kali menempati posisi tertinggi dalam penyebaran Covid-19 hariannya dalam beberapa hari belakangan ini. Salah satu wilayah yang menjadi rawat penyebaran adalah Kota Surabaya.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dr Joni Wahyuhadi bahkan menyebut Surabaya berpotensi menjadi Kota Wuhan, China, tempat pertama kali corona ditemukan dan mewabah.

Kala itu, dia menyebutkan bahwa 65 persen pasien Covid-19 di Jatim, disumbang oleh tiga daerah yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

"65 persen Covid-19 ada di Surabaya Raya, ini tidak main-main kalau kita tidak hati-hati maka Surabaya bisa jadi Wuhan," kata Joni, di Surabaya, Rabu (27/5).

Maka itu, Joni mengatakan saat ini pihaknya sedang fokus untuk menurunkan rate of transmission (tingkat penularan) Covid-19, terutama di Surabaya yang saat ini masih mencapai angka 1,6.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…