Lebaran Virtual Ala Menperin Agus Gumiwang

Oleh : Ridwan | Senin, 25 Mei 2020 - 15:50 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hari raya umat Islam yang jatuh pada 1 Syawal 1441 Hijriah bertepatan dengan penanganan pandemi virus korona (covid-19). 

Rutinitas yang kerap dilakukan setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama Ramadan seperti menerima tamu pun dilakukan dengan cara berbeda.

Seperti Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang tetap berada di rumah bersama keluarganya kecil dalam momentum Lebaran kali ini. Tidak ada kegiatan gelar griya atau open house yang biasanya dilakukan untuk menyambut mitra kerja dan keluarga besar Kemenperin.

"Silaturahmi Hari Raya Idulfitri tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saya didampingi istri bersilaturahmi secara virtual dengan jajaran pejabat Kementerian Perindustrian dan juga asosiasi industri," kata Agus disampaikan melalui akun Instagram pribadinya @agusgumiwangk, dikutip Senin (25/5/2020).

Dalam kondisi new normal ini komunikasi tetap bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas niat dan makna utama dari perayaan Idulfitri. 

Menurut Agus, saling ikhlas memaafkan merupakan inti di pertemuan virtual tersebut.

"Silaturahmi virtual ini juga merupakan simbol bahwa wabah covid-19 bukan sebuah hambatan untuk terus menjalin silaturahmi di Hari Raya Idulfitri. Selamat Idulfitri 1441 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan untuk mendukung industri manufaktur dalam mengantisipasi dampak pandemi agar tidak semakin terpuruk. Upaya itu memerlukan kerja sama tidak hanya dari pihak Kemenperin, tetapi juga lintas kementerian dan lembaga.

"Jika hanya membutuhkan tanda tangan saya, mungkin bisa cepat. Namun, ada berbagai hal yang perlu diselesaikan lintas kementerian, sehingga membutuhkan waktu," ujar politisi Partai Golongan Karya ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…