Lebaran Virtual Ala Menperin Agus Gumiwang

Oleh : Ridwan | Senin, 25 Mei 2020 - 15:50 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hari raya umat Islam yang jatuh pada 1 Syawal 1441 Hijriah bertepatan dengan penanganan pandemi virus korona (covid-19). 

Rutinitas yang kerap dilakukan setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama Ramadan seperti menerima tamu pun dilakukan dengan cara berbeda.

Seperti Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang tetap berada di rumah bersama keluarganya kecil dalam momentum Lebaran kali ini. Tidak ada kegiatan gelar griya atau open house yang biasanya dilakukan untuk menyambut mitra kerja dan keluarga besar Kemenperin.

"Silaturahmi Hari Raya Idulfitri tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saya didampingi istri bersilaturahmi secara virtual dengan jajaran pejabat Kementerian Perindustrian dan juga asosiasi industri," kata Agus disampaikan melalui akun Instagram pribadinya @agusgumiwangk, dikutip Senin (25/5/2020).

Dalam kondisi new normal ini komunikasi tetap bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas niat dan makna utama dari perayaan Idulfitri. 

Menurut Agus, saling ikhlas memaafkan merupakan inti di pertemuan virtual tersebut.

"Silaturahmi virtual ini juga merupakan simbol bahwa wabah covid-19 bukan sebuah hambatan untuk terus menjalin silaturahmi di Hari Raya Idulfitri. Selamat Idulfitri 1441 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan untuk mendukung industri manufaktur dalam mengantisipasi dampak pandemi agar tidak semakin terpuruk. Upaya itu memerlukan kerja sama tidak hanya dari pihak Kemenperin, tetapi juga lintas kementerian dan lembaga.

"Jika hanya membutuhkan tanda tangan saya, mungkin bisa cepat. Namun, ada berbagai hal yang perlu diselesaikan lintas kementerian, sehingga membutuhkan waktu," ujar politisi Partai Golongan Karya ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:00 WIB

TNI-Polri Luncurkan Program Kampung Tangguh Nusantara

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. meresmikan secara langsung Program Kampung Tangguh Nusantara tahun 2020 dalam rangka mendukung program…

Satgas 754 Kostrad Tegakkan Protokol Kesehatan di Kiliarma Mimika Papua

Jumat, 10 Juli 2020 - 05:30 WIB

Satgas 754 Kostrad Tegakkan Protokol Kesehatan di Kiliarma Mimika Papua

Dalam mencegah penyebaran Covid-19, Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 754/ENK/20/3 Kostrad menegakkan protokol kesehatan terhadap masyarakat yang datang dari timika di Distrik Agimuga.…

Danyonmarhanlan IX Panen Raya Dukung Program Ketahanan Pangan

Jumat, 10 Juli 2020 - 05:00 WIB

Danyonmarhanlan IX Panen Raya Dukung Program Ketahanan Pangan

Kegiatan panen raya ini dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif dan meningkatkan ketahanan pangan di Kota Ambon. dengan memanfaatkan lahan kosong di Dusun Taeno, Desa Rumah Tiga kec. Teluk…

Atlet Binsat Yonif 1 Marinir Surabaya Latihan Menembak

Jumat, 10 Juli 2020 - 04:30 WIB

Tingkatkan Kemampuan, Atlet Binsat Yonif 1 Marinir Surabaya Latihan Menembak

Atlet Binsat Batalyon Infanteri 1 Marinir yang disiapkan untuk mengikuti lomba Batalyon Unggul Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan menembak pistol di lapangan tembak F.X. Soepramono Bhumi…

 Dirdiklat Kodiklatal Kunjungan Kerja ke Komnado Latih Marinir Pasuruan

Jumat, 10 Juli 2020 - 04:00 WIB

Dirdiklat Kodiklatal Kunjungan Kerja ke Komnado Latih Marinir Pasuruan

Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Kolonel Marinir Suliono, S.E didampingi Para Perwira Staf Kolatmar menyambut kedatangan Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Komando Pendidikan…