Tidak Melulu Soal Keluhan di Masa Corona, Ini Kisah Sukardi Raub Untung dari Hasil Panen Sayur dan Ikan Segar

Oleh : Candra Mata | Minggu, 17 Mei 2020 - 05:35 WIB

Sukardi dan warga pancoran indah panen sayur ditengah pandemi
Sukardi dan warga pancoran indah panen sayur ditengah pandemi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Di tengah situasi pandemi, sebagian warga merasa jenuh atau tertekan dengan beraktivitas di rumah.

Namun tidak demikian bagi warga pancoran yang kreatif satu ini.

Ya,Sukardi namanya, seorang warga RT 14 RW 1 Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang tidak mau menyerah oleh keterbatasan keadaan di masa sulit saat ini.

Ia bersama warga lainnya telah berhasil menikmati panen sayur dan ikan segar yang dikelola nya disaat masa karantina dirumah saja. 

Panenan tersebut tidak hanya menambah nutrisi bagi keluarganya tetapi juga menambah penghasilan. 

Melalui Teknik hidroponik, Sukardi dan beberapa warga lain di kampung menanam dan memanen beragam sayur diantaranya sayur kangkong, sawi, selada dan pakcay.

Saat ini, ia sedang mencoba belajar dengan teknik aquaponik.

Teknik akuaponik menggunakan media sederhana, seperti ember kapasitas 60 liter, gelas plastik, spon busa, kawat, arang dan sekam. Menurutnya, teknik bisa sekaligus memanen sayuran dan ikan lele. 

“Bagus, lebih mudah pembuatan medianya selain dari tanaman dan menghasilkan ikan,” ujar Sukardi melalui pesan digital pada redaksi, Sabtu malam (16/5).

Ia mengenal teknik hidroponik dan aquaponik ini melalui seorang relawan yang datang ke kampungnya beberapa tahun lalu. Sukardi dan warga lain memiliki kelompok tani Gang Hijau Pancoran Indah. 

Dengan hasil panen yang semakin baik, kelompok tani ini mulai belajar menjual hasil panenannya. 

Melalui usaha mandiri ini, masyarakat dapat beraktivitas di rumah sekaligus meringankan beban ekonomi. Sayuran dapat dipanen setiap tiga minggu sekali dan ikan lele dapat menjadi lauk pelengkap nutrisi makanan keluarga. 

“Harapan saya, semoga warga lainnya dapat mengikuti membuat aquaponik dan hidroponik agar dapat menghasilkan sendiri sayuran dan daging ikan segar,” ujarnya.

Langkah sederhana Sukardi ini bisa mendukung upaya ketahanan pangan di tengah pandemi COVID – 19. Bahkan pada tahapan lebih lanjut, warga dapat memanfaatkan hasil panen dengan menjualnya. Di sisi lain, aktivitas berkebun di perkotaan dengan lahan terbatas atau urban farming ini menjadi aksi adaptif yang dapat dilakukan oleh siapa saja di tengah pandemi. Aktivitas ini bisa jadi jadi langkah untuk menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental masyarakat.  

Sementara itu, BNPB sangat mendukung inisiatif mandiri warga dalam menghadapi situasi COVID-19. 

Deputi Sistem dan Strategi BNPB Wisnu Widjaja menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendukung upaya-upaya inovasi dan semangat masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sekaligus mengurangi penyebaran COVID-19.

"Saya kira idenya itu, sudah bagus sekali. Kami mendukung," ucap Wisnu pada Jumat lalu (15/5) di Graha BNPB, Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Masyarakat Aceh patuhi pemakaian Masker (foto dialeksis.com)

Senin, 25 Mei 2020 - 08:14 WIB

Kurva COVID-19 Landai, Jubir Pemerintah: Aceh Adalah Provinsi yang Luar Biasa, Masyarakatnya Patuh

“Kunci penyelesaian masalah (COVID-19) ini ada di masyarakat. Pemerintah hanya membuat pedoman, ketentuan, anjuran dan ini tidak akan ada hasilnya kalau masyarakat tidak patuh. Kalau masyarakatnya…

Ambulans

Senin, 25 Mei 2020 - 07:45 WIB

Nekat, Wanita Ini Sewa Ambulans untuk Mudik

Kepolisian di Tabanan, Bali, berhasil menghentikan aksi seorang ibu dan anaknya yang nekat menyewa mobil ambulans untuk mudik ke Jember, Jawa Timur.

Para pemudik lebaran yang hendak pulang kampung (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 07:08 WIB

Jubir COVID-19: Pemudik Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

“Pahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah,…

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Senin, 25 Mei 2020 - 07:00 WIB

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Semula Akim menekuni penjual nasi liwet, namun wanita asal Solo ingin meningkatkan penghasilan dengan mencoba peluang baru dibidang Suplier Scrab

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Mei 2020 - 06:00 WIB

DRP Nilai Menkeu Sri Mulyani Tak Hormati Kesepakatan Politik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR…