Sah! Suko Hartono Resmi jadi Dirut PGN

Oleh : Ridwan | Sabtu, 16 Mei 2020 - 10:30 WIB

Dirut PGN Suko Hartono
Dirut PGN Suko Hartono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gigih Prakoso dicopot sebagai direktur utama PT PGN Tbk dan digantikan oleh Suko Hartono. Pencopotan tersebut dilakukan di dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan yang berlangsung Jumat (15/52020) siang.

Selain Gigih, direksi lain yang diganti adalah Dilo Seno Widagdo (direktur Komersial) dan Desima Equalita Siahaan (direktur SDM & Umum PGN).

Suko Hartono adalah mantan dirut PT Pertamina Gas (Pertagas). Nama Suko ramai dibicarakan karena konon disorong langsung oleh Komisaris Utama PGN Archandra Tahar.

Sementara, nama Fariz Aziz menggantikan posisi Dilo Seno, sebelumnya dia adalah SVP Supply, Distribution and Infrastructure PT Pertamina (Pertamina).

Masuknya nama Fariz konon adanya campur tangan Dirut Pertamina Nicke Widyawati. Beni Syarif Hidayat masuk juga ke jajaran direksi PGN menggantikan posisi Desima pun karena Nicke. Beni sebelumnya adalah SVP Human Capital Management Pertamina.

Kemudian, RUPS juga mencopot Mas’ud Khamid dari jabatan komisaris di PGN dan digantikan oleh Warih Sadono.

Kemudian dalam RUPS tersebut, PGN memutuskan untuk membagikan deviden tahun buku 2019 sebesar Rp 1.007.477.080.625,76 atau Rp41,56 per lembar saham kepada Pemerintah dan Pemegang Saham.

PGN berhasil mempertahankan kinerja positif pada tahun 2019, dengan didukung oleh peningkatan kinerja operasional. Karena itu, PGN selaku Subholding Gas terus berkomitmen memperluas utilisasi gas bumi domestik.

Saat ini, PGN mempunyai lini bisnis pipanisasi Gas, CNG, dan LNG. PGN hadir melalui produk antara lain sinergi yang menyasar segmen pelanggan industri dan komersial, Gas Kita atau Jargas untuk pelanggan rumah tangga dan pelanggan kecil, Gas Link untuk pengguna CNG atau LNG, serta GasKu yang melayani sektor transportasi yang disalurkan ke pelanggan melalui SPBG.

Dari kinerja konsolidasi secara operasional, pada sisi hulu PGN menorehkan catatan lifting minyak dan gas bumi sebesar 28.293 BOEPD, sedangkan pengelolaan bisnis hilir meliputi niaga gas sebesar 990 BBTUD, transmisi gas sebanyak 2.046 MMSCFD, dan bisnis hilir lainnya sebesar 228 BBTUD.

Realisasi volume transmisi dipengaruhi oleh penurunan volume Pertagas dan penghentian penyaluran gas oleh PCML melalui pipa Kalimantan Jawa Gas (KJG) pada September 2019. Sementara itu, realisasi lifting lebih rendah dari tahun 2018 karena dipengaruhi oleh berakhirnya dua blok upstream yaitu SES dan Sanga-Sanga.

Pada tahun lalu, total aset yang dikelola PGN mencapai USD 7,374 Miliar. Dari sisi pendapatan mencapai USD 3,849 Miliar, dengan EBITDA sebesar USD 1,040 Miliar. Secara konsolidasian, PGN menghasilkan laba operasi sebesar USD 546 Juta, dengan laba bersih sebesar USD 68 Juta.

Realisasi Pendapatan atau EBITDA tahun 2019 dipengaruhi oleh menurunnya pendapatan dari sisi upstream, karena berakhirnya dua blok pada akhir 2018 yaitu Blok Sanga-Sanga dan SES, serta harga ICP dan finance lease akibat berhentinya pengaliran gas melalui pipa Kalimantan Jawa Gas (KJG).

Secara lebih detail, kinerja keuangan ditopang geliat operasional. PGN selama tahun lalu, berhasil meningkatkan volume distribusi gas, dari posisi 960 BBTUD, naik 3% menjadi 990 BBTUD pada 2019.

Sedangkan untuk transmisi gas, PGN menyalurkan volume sebesar 2.046 MMSCFD.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Minggu, 31 Mei 2020 - 17:25 WIB

Terenyuh, Anies: Didepan seragam ASN Ada simbol negara, Tugas Kita Melindungi dan Menomorsatukan Rakyat daripada Diri sendiri

"Saya ingatkan kepada kita semua, di sisi depan baju seragam kita ada simbol abdi negara. Itu bukan sekedar ornamen seragam, itu adalah wujud sikap kita. Kita adalah penyelenggara negara,"

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Doc: Kementan)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:31 WIB

Nambah Pendapatan Sumber Pangan Bikin Geleng-geleng Kepala

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen…

Presiden Jokowi

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:29 WIB

Dari 245 PSN, Jokowi: Saya Minta Betul-betul Dihitung, Mana Proyek yang Daya Ungkitnya Lebih Besar Bagi Pemulihan Ekonomi

Adapun mengenai usulan beberapa PSN baru yang sebanyak 245 proyek strategis, Kepala Negara meminta jajarannya untuk mengkaji secara rinci mengenai prioritas dari proyek-proyek usulan tersebut.…

Petenis Federer (Foto Dok VoaNews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:00 WIB

Petenis Federer Federer Atlet Bayaran Termahal di Dunia

Pemain tenis asal Swiss, Roger Federer, menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2020. Hal tersebut terjadi karena pandemi COVID-19 telah menggeser Lionel Messi dari posisi…

ASN Diminta Selalu Gunakan Masker Saat Berkegiatan

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:20 WIB

Halo ASN, Begini Sistem Kerja 'Kalian' Saat New Normal

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan Surat Edaran nomor 58 tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Tatanan Normal Baru…