Hope Hotline Program, Kesehatan Mental dan Psikologis Industri Perhotelan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Mei 2020 - 13:30 WIB

Hope Hotline Program, Kesehatan Mental dan Psikologis Industri Perhotelan
Hope Hotline Program, Kesehatan Mental dan Psikologis Industri Perhotelan

INDUSTRY.co.id - Jakarta– RedDoorz, manajemen dan platform pemesanan hotel terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran “Hope Hotline” sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di regional.

Program terbaru ini menyoroti berbagai permasalahan psikologis yang muncul terkait dengan merebaknya COVID-19 dan berguna untuk memberikan dukungan terhadap kesehatan mental para karyawan, yaitu mitra hotel dan para staf dengan menyediakan layanan sesi konseling secara online melalui mitra RedDoorz yang menyediakan konselor dan psikolog berpengalaman.

Pandemik ini membuat masyarakat melakukan banyak penyesuaian baru, di antaranya dengan adanya larangan bepergian dan berbagai perubahan yang mempengaruhi kebiasaan hidup masyarakat, di mana turut menimbulkan perasaan takut, khawatir, cemas dan stres yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Berdasarkan salah satu studi yang dilakukan di Tiongkok selama pandemi COVID-19, 53.8% responden merasakan dampak psikologis yang menengah hingga berat . Selain itu, riset Qualtrics terhadap lebih dari 2000 karyawan, termasuk di Singapura, memperlihatkan bahwa para karyawan merasakan menurunnya kesehatan mental sejak maraknya penyebaran COVID-19

Pandemik yang berkelanjutan ini menyebabkan dampak yang besar terhadap ekonomi, sistem kesehatan dan tingkatan stres pada masyarakat. Terbatasnya mobilitas dan tidak menentunya keadaan yang diakibatkan oleh pandemik ini, menyebabkan banyak dari kita yang merasakan emosi yang negatif dan tidak stabil yang berpengaruh pada kesehatan mental.

Hal ini terutama sangat dirasakan oleh karyawan yang bekerja di industri perjalanan dan hospitality, di mana banyak karyawan yang terkena dampak langsung merasakan stres karena pandemik ini telah menyebabkan gangguan besar terhadap bisnis dan mata pencaharian masyarakat.

“Melalui “Hope Hotline”, kami berdiri dalam solidaritas terhadap karyawan kami dan mitra hotel, juga ingin memainkan peran aktif untuk membantu mereka melewati keadaan ini dengan lebih mudah. Kami berharap sesi konseling yang disediakan dapat memberikan bantuan dan dapat memberikan perasaan positif dan optimisme.”, jelas Amit Saberwal, Pendiri dan CEO, RedDoorz, Jumat (15/5/2020)

Terkait dengan adanya pembatasan mobilitas, RedDoorz menjalin kerja sama dengan konselor dan psikolog bersertifikat di kawasan Asia Tenggara untuk memberikan layanan konseling secara gratis melalui online platform untuk seluruh karyawan RedDoorz dan mitra hotel. Khusus untuk layanan di Indonesia, RedDoorz bermitra dengan KALM, platform kesehatan mental online yang berbasis di Jakarta. Di Filipina, RedDoorz bekerja sama dengan para psikolog individual untuk memberikan layanan serupa.

Lukas Limanjaya, salah satu Co-Founder KALM mengatakan, "Kami sangat senang dapat menyediakan layanan konseling online bagi para karyawan dan partner RedDoorz Indonesia, demi mendukung kesehatan mental mereka. Seperti yang kita ketahui, seluruh dunia saat ini sedang menghadapi sebuah pengalaman yang traumatis karena adanya pandemik Covid-19, di mana hal ini tidak hanya berdampak pada penderita, namun juga mengganggu kesehatan mental semua orang secara umum. Ini sebabnya KALM menghargai upaya RedDoorz untuk memperhatikan kesejahteraan mental para karyawannya. Kami berharap perusahaan-perusahaan yang lain pun akan mengikuti langkah pionir yang dilakukan oleh RedDoorz, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita".

Sebagai bagian dari program “Hope Hotline”, RedDoorz juga mengadakan webinar tambahan yang ditujukan untuk para profesional di industri perjalanan dan hospitality pada minggu akhir di bulan Mei. Webinar ini akan mengajak serta konselor bersertifikasi dan psikolog yang akan berbagi informasi terkait keahlian dan tips yang diperlukan untuk mengatasi stres yang dihadapi sehari-hari di periode yang sulit seperti saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

Sawah yang siap ditanam padi (Doc: Kementan)

Kamis, 28 Mei 2020 - 22:44 WIB

Sempat Kebanjiran, Pertanaman Padi di Lebak Masih Tetap Bisa Panen

Pasca banjir yang melanda ratusan rumah dan sawah siap panen di Kecamatan maja dan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, warga yang sebagian berprofesi sebagai petani sudah memulai aktifitas seperti…

BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:30 WIB

IHSG Finish di Zona Hijau, Saham Bank BCA Naik 6,65 Persen

Pada akhir perdagangan Kamis (28/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) finish di zona hijau sore ini. Pasar modal Indonesia ditutup naik 74,6 poin atau 1,60% ke level 4.716,18

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:04 WIB

BNI Syariah Siap Perkuat Bisnis Remittance

PT Bank BNI Syariah masuk BUKU 3 dan optimis dapat meraih bisnis internasional seperti remittance. Modal inti BNI Syariah di atas Rp5 triliun.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:00 WIB

Naik, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk Cetak Penjualan Rp1,44 Triliun Sepanjang 2019

Emiten PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) cetak penjualan sebesar Rp1,44 triliun hingga periode 31 Desember 2019 naik dari penjualan Rp1,27 triliun hingga periode 31 Desember 2018.