Hope Hotline Program, Kesehatan Mental dan Psikologis Industri Perhotelan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Mei 2020 - 13:30 WIB

Hope Hotline Program, Kesehatan Mental dan Psikologis Industri Perhotelan
Hope Hotline Program, Kesehatan Mental dan Psikologis Industri Perhotelan

INDUSTRY.co.id - Jakarta– RedDoorz, manajemen dan platform pemesanan hotel terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran “Hope Hotline” sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di regional.

Program terbaru ini menyoroti berbagai permasalahan psikologis yang muncul terkait dengan merebaknya COVID-19 dan berguna untuk memberikan dukungan terhadap kesehatan mental para karyawan, yaitu mitra hotel dan para staf dengan menyediakan layanan sesi konseling secara online melalui mitra RedDoorz yang menyediakan konselor dan psikolog berpengalaman.

Pandemik ini membuat masyarakat melakukan banyak penyesuaian baru, di antaranya dengan adanya larangan bepergian dan berbagai perubahan yang mempengaruhi kebiasaan hidup masyarakat, di mana turut menimbulkan perasaan takut, khawatir, cemas dan stres yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Berdasarkan salah satu studi yang dilakukan di Tiongkok selama pandemi COVID-19, 53.8% responden merasakan dampak psikologis yang menengah hingga berat . Selain itu, riset Qualtrics terhadap lebih dari 2000 karyawan, termasuk di Singapura, memperlihatkan bahwa para karyawan merasakan menurunnya kesehatan mental sejak maraknya penyebaran COVID-19

Pandemik yang berkelanjutan ini menyebabkan dampak yang besar terhadap ekonomi, sistem kesehatan dan tingkatan stres pada masyarakat. Terbatasnya mobilitas dan tidak menentunya keadaan yang diakibatkan oleh pandemik ini, menyebabkan banyak dari kita yang merasakan emosi yang negatif dan tidak stabil yang berpengaruh pada kesehatan mental.

Hal ini terutama sangat dirasakan oleh karyawan yang bekerja di industri perjalanan dan hospitality, di mana banyak karyawan yang terkena dampak langsung merasakan stres karena pandemik ini telah menyebabkan gangguan besar terhadap bisnis dan mata pencaharian masyarakat.

“Melalui “Hope Hotline”, kami berdiri dalam solidaritas terhadap karyawan kami dan mitra hotel, juga ingin memainkan peran aktif untuk membantu mereka melewati keadaan ini dengan lebih mudah. Kami berharap sesi konseling yang disediakan dapat memberikan bantuan dan dapat memberikan perasaan positif dan optimisme.”, jelas Amit Saberwal, Pendiri dan CEO, RedDoorz, Jumat (15/5/2020)

Terkait dengan adanya pembatasan mobilitas, RedDoorz menjalin kerja sama dengan konselor dan psikolog bersertifikat di kawasan Asia Tenggara untuk memberikan layanan konseling secara gratis melalui online platform untuk seluruh karyawan RedDoorz dan mitra hotel. Khusus untuk layanan di Indonesia, RedDoorz bermitra dengan KALM, platform kesehatan mental online yang berbasis di Jakarta. Di Filipina, RedDoorz bekerja sama dengan para psikolog individual untuk memberikan layanan serupa.

Lukas Limanjaya, salah satu Co-Founder KALM mengatakan, "Kami sangat senang dapat menyediakan layanan konseling online bagi para karyawan dan partner RedDoorz Indonesia, demi mendukung kesehatan mental mereka. Seperti yang kita ketahui, seluruh dunia saat ini sedang menghadapi sebuah pengalaman yang traumatis karena adanya pandemik Covid-19, di mana hal ini tidak hanya berdampak pada penderita, namun juga mengganggu kesehatan mental semua orang secara umum. Ini sebabnya KALM menghargai upaya RedDoorz untuk memperhatikan kesejahteraan mental para karyawannya. Kami berharap perusahaan-perusahaan yang lain pun akan mengikuti langkah pionir yang dilakukan oleh RedDoorz, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita".

Sebagai bagian dari program “Hope Hotline”, RedDoorz juga mengadakan webinar tambahan yang ditujukan untuk para profesional di industri perjalanan dan hospitality pada minggu akhir di bulan Mei. Webinar ini akan mengajak serta konselor bersertifikasi dan psikolog yang akan berbagi informasi terkait keahlian dan tips yang diperlukan untuk mengatasi stres yang dihadapi sehari-hari di periode yang sulit seperti saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Munas Backstager Indonesia

Jumat, 27 November 2020 - 21:08 WIB

Pamdemi COVID-19 Disikapi Positif, Backstagers Indonesia Kini Jadi Perkumpulan Berbadan Hukum

Forum Backstagers Indonesia lahir sebagai pengejawantahan belum adanya Perkumpulan berbadan hukum khusus Event Organizer setingkat nasional.

Yayasan Enesis Indonesia berkolaborasi dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan menyediakan healthy kit berupa (Masker, Antis Hand Sanitizer, Plossa minyak aromaterapi eucalyptus, Amunizer Vitamin C 1000mg, Disinfectant Kispray, Adem Sari Vit C Tinggi dan minuman Scrubber untuk menjaga kesehatan usus).

Jumat, 27 November 2020 - 20:46 WIB

Berkolaborasi dengan Transjakarta, Enesis Group Dukung Pemerintah Perkuat Protokol Kesehatan di Masa Pandemi.

Jakarta– Enesis Group meluncurkan kampanye #EnesisSafeTravel untuk mendukung program pemerintah dalam memperkuat protokol kesehatan di masa pandemi.

Ilustrasi pengiriman barang (Doc:Pikiranrakyat)

Jumat, 27 November 2020 - 19:08 WIB

Gandeng Loggis.id, Paketku Tingkatkan Efisiensi dan Layanan

Dalam masa pandemi saat ini, salah satu tantangan pada hampir semua industri adalah melakukan efisiensi dalam berbagai bentuk.

Kantor pusat Pegadaian

Jumat, 27 November 2020 - 18:50 WIB

Pegadaian Panen Penghargaan di Penutupan November 2020

PT Pegadaian (Persero) meraih beberapa penghargaan atas kinerja yang dilakukan, satu di antaranya BUMN Award 2020 kategori Digital Marketing Transformation for Milennial Generation dari Warta…

Suasana diskusi Famara Jakarta di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Jumat, 27 November 2020 - 18:29 WIB

Diskusi Famara: Wujudkan Negara Kesejahteraan dari Advokat, Pakar Hukum: Banyak Advokat Bermain Tidak Jujur

Jakarta – Seluruh advokat di Indonesia harus melaksanakan penegakkan hukum dengan baik dan benar. Kalau advokat melaksanakan penegakkan hukum dengan baik dan benar maka konsep negara kesejahteraan…