Menpora Zainudin Ingin Atlet Pandai Kelola Keuangan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Mei 2020 - 17:00 WIB

Menpora Zainudin Amali (Foto Fok Jawa Pos)
Menpora Zainudin Amali (Foto Fok Jawa Pos)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka kegiatan Webinar Short Course Atlet Nasional (SCAN) secara online melalui aplikasi Zoom dari Ruangan Situation, Kantor Kemenpora, Kamis (14/5). Acara diikuti oleh ratusan atlet, pelatih serta stakeholder olahraga.  

Pada sambutannya, Menpora mengatakan, Webinar merupakan salah satu kegiatan dari Kemenpora. Acara ini dimaksudkan sebagai pengganti kegiatan yang sebelumnya sudah dirancang untuk para atlet, pelatih, manajer, hingga berbagai stakeholder olahraga. Kegiatan ngobrol langsung secara online ini juga sekaligus silaturahmi.

“Terima kasih, kegiatan ini adalah kegiatan Kemenpora yang dimaksudkan untuk menjadi pengganti kegiatan yang sebelumnya yang sudah dirancang, yang harusnya dilakukan secara tatap muka. Tapi, karena kondisi tak memungkinkan adanya pandemi, dilakukan kegiatan seperti ini. Ini juga sebagai ajang silaturahmi,” kata Kemenpora.

Lebih lanjut, Menpora mengapresiasi kegiatan ini. Webinar, menurutnya merupakan salah satu terobosan dan inovasi yang sangat baik. Pada kesempatan tersebut, Menpora menyampaikan, kesehatan dan keselamatan atlet, pelatih, serta ofisial menjadi yang utama ditengah pandemi saat ini.

“Setiap hari kita melihat perkembangan di negeri kita, orang yang teridentifikasi meningkat. Tim Gugus Tugas melakukan pengecekan diberbagai tempat. Kemenpora telah berkoordinasi dengan stakeholder olahraga, KONI Pusat, PSSI, kompetisi basket, dan voli. Kita berdiskusi, untuk kompetisi profesional tidak mungkin dilakukan,” ujar Menpora.

“Kemudian, kita sepakat mengutamakan kesehatan dan keselamatan, atlet, pelatih, dan lainnya. Itu menjadi perhatian kami. Sehingga kami memutuskan kompetisi profesional dihentikan sementara. Kami sampaikan, patuhi protokol kesehatan. Semoga anjuran ini bisa dijalani dengan baik. Saya berterima kasih kepada stakeholder olahraga, dan lainnya yang berusaha untuk terus menjaga lingkungannya bersih,” sambung Menpora.

Meski ditengah pandemi, Kemenpora terus memantau latihan atlet dan kegiatan cabang olahraga. Baik itu dilakukan secara mandiri, dan mematuhi protokol kesehatan. Berolahraga, menjadi penting untuk tetap menjaga kebugaran. Selain itu, Menpora juga mengajak atlet untuk mengikuti lomba senam stay at home. Yang mana, pemenang nantinya bisa mendapatkan hadiah uang tunai.

“Kami tetap memantau apa yang dilakukan pelatnas. Memantau latihan baik secara sendiri. Kami apresiasi itu. Tetap menjaga kebugaran. Kami tahu ini tidak akan maksimal dengan tujuan prestasi. Tapi situasi seperti ini, upaya seminimal apapun dilakukan untuk menjaga kebugaran. Lalu, awal Mei, Kemenpora juga mempublikasikan lomba senam stay at home. Jika peserta Webinar ini berniat, silakan ikut lomba dan ini ada hadiahnya,” terang Menpora.

“Jadi, saya mohon gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Kemenpora menghadirkan kegiatan ini untuk anda semua. Walaupun situasi pandemi, tetapi tolong jangan sekali-kali putus harapan. Tetap punya harapan dan tetap optimis. Sebarkan rasa optimis,” lanjut Menpora.

Disamping itu, kepada atlet, Menpora juga mengingatkan, sebagai publik figur dan idola dikalangan masyarakat, atlet Indonesia diimbau untuk mengelola masing-masing media sosial secara baik, dan menginspirasi.

“Atlet harus memahami cara menggunakan media sosial secara bijak, tepat dan berguna terutama dimasa pandemi ini, sehingga dapat membantu untuk turut menyebarkan berita-berita yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Menpora.

Kemudian, Menpora juga mengajak atlet untuk pintar mengelola pendapatannya, agar masa depannya bisa lebih baik. “Kita tidak dapat menutup mata dari mantan atlet profesional yang pada akhir karirnya malah tidak mampu untuk bertahan hidup, karena pada saat masa jayanya dimana memiliki income yang cukup, tidak bijak mengatur keuangannya, apalagi untuk berinvestasi,” jelasnya.

Menpora lalu mengambil contoh pada SEA Games yang lalu. Menpora menjelaskan bahwa atlet yang mendapat medali emas diberikan bonus oleh pemerintah. “Jika tidak bijak dalam mengelola uang, pasti akan menjadi sia-sia, karena akan digunakan untuk hal-hal yang konsumtif dari pada hal yang produktif, sehingga pada akhir karirnya sebagai atlet tinggal penyesalan saja.” tutur Menpora.

“Kami tidak ingin hal itu terjadi bagi atlet dan pelatih, makanya kami mengundang pakar-pakar keuangan dan investasi untuk memberikan short course kepada atlet dan pelatih melalui webinar ini.” tambah Menpora.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.