Mau Naik DAMRI ke Luar Kota, Ini Syaratnya

Oleh : Wiyanto | Jumat, 15 Mei 2020 - 06:47 WIB

Suasana di dalam Bus DAMRI (Dok: DAMRI)
Suasana di dalam Bus DAMRI (Dok: DAMRI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – DAMRI selaku Badan Usaha Milik Negara bidang transportasi yang berada dibawah Kementerian Perhubungan ikut mendukung program Pemerintah untuk melakukan pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

"Manajamen DAMRI menjelaskan bahwa dukungan DAMRI dalam aktivitas operasional perusahaan dilakukan sesuai protokol kesehatan, diantaranya ialah pemeriksaan seluruh awak kendaraan dengan aturan pemakaian baju lengan panjang, masker, sarung tangan serta hasil negatif COVID-19, surat keterangan negatif COVID-19 yang dimiliki pelanggan, penjualan tiket yang hanya dilakukan secara offline di Kantor Cabang, seluruh pelanggan yang wajib masker dan melakukan physical distancing," ujar Nico R. Saputra, kepala Divisi Sekretariat Perusahaan DAMRI di Jakarta, ditulis Jumat (15/5/2020).

Kendati demikian, terdapat pengecualian pelanggan yang dapat bepergian menggunakan Bus DAMRI, yaitu orang yang bekerja pada Lembaga Pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan COVID-19, pertahanan, keamanan, ketertiban umum, kesehatan, kebutuhan dasar dan pelayanan fungsi ekonomi penting.

Selain itu pasien yang membutuhkan pelayanan darurat, keluarga inti yang mengalami sakit keras meninggal dunia, Pekerja Migran Indonesia (PMI), Warga Negara Indonesia (WNI) serta pemulangan orang dengan alasan khusus atau Pelajar/Mahasiswa yang berada di luar negeri.

Manajemen DAMRI menambahkan bahwa persyaratan pengecualian pelanggan tersebut sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 terkait Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Selanjutnya kendaraan yang akan dioperasikan juga harus dilengkapi dengan tanda khusus yang diberikan oleh pejabat berwenang serta dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah beroperasi.

Sejalan dengan hal tersebut, dapat diinformasikan bahwa DAMRI tidak melayani bantuan pengurusan Surat Keterangan Kesehatan sebagai persyaratan perjalanan keluar daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edhy Prabowo Menteri KKP (Foto Dok Teropong Senayan)

Kamis, 26 November 2020 - 06:00 WIB

TSK Penerima Suap EP Disangkakan Melanggar Sejumlah Pasal

Sebagai penerima, EP bersama lima orang lainnya disangkakan melanggar Pasal 12 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang…

Sembilan Kapal Perang TNI AL Sukseskan Operasi Dukungan Tembakan TA 2020 di Natuna

Kamis, 26 November 2020 - 05:30 WIB

Sembilan Kapal Perang TNI AL Sukseskan Operasi Dukungan Tembakan TA 2020 di Natuna

Latihan ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kemampuan personel, unsur-unsur KRI Koarmada I serta mensinergikan dengan unsur terkait sebagai unsur pendukung dalam setiap melaksanakan kegiatan…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menerima penghargaan

Kamis, 26 November 2020 - 05:19 WIB

Kementan Mendapat Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Dari Kemenpan RB

Kementerian Pertanian (Kementan) mendapat penghargaan Pelayanan Publik terbaik untuk inovasi Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST). Penghargaan ini diberikan Kementerian…

Mentan mengatakan, keterbukaan informasi menjadi bagian penting, sekaligus tolak ukur dalam menjaga ritme kerja para pegawainya.

Kamis, 26 November 2020 - 05:09 WIB

Kementan Peringkat 1 Badan Publik Paling Informatif dari KIP

Kementerian Pertanian (Kementan) dianugerahi sebagai Kementerian terbaik peringkat 1, dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. Ketetapan ini diberikan Komisi Informasi Publik (KIP) setelah…

Satgas Pamtas Yonif 642 Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap Pekerja Migran

Kamis, 26 November 2020 - 05:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 642 Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap Pekerja Migran

Pengawasan dilakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Pos Kout Jagoi Babang bersama dengan Karantina Kesehatan Jagoi Babang, Imigrasi Jagoi Babang, Bea Cukai Jagoi Babang dan Babinsa…