Cerita Pencapaian PR yang Sukses Memecahkan Gelombang sehingga Tak Mengkandaskan Kapal

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 12 Mei 2020 - 17:05 WIB

Berbekal dari pemikiran di atas, Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2020 bermaksud memberikan apresiasi setingg-tingginya terhadap peran dan fungsi Public Relation dalam menopang sebuah perusahaan untuk mewujudkan kinerja yang maksimal.
Berbekal dari pemikiran di atas, Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2020 bermaksud memberikan apresiasi setingg-tingginya terhadap peran dan fungsi Public Relation dalam menopang sebuah perusahaan untuk mewujudkan kinerja yang maksimal.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Dunia informasi dan komunikasi terus berkembang pesat dalam beberapa waktu terakhir. Hanya berjarak kurang dari lima atau sepuluh tahun yang lalu, misalnya, masyarakat mungkin masih demikian asing dengan istilah buzzer dan influencer. Namun jangan tanyakan peran dan dampak yang bisa ditimbulkan dari dua hal tersebut dalam mempengaruhi informasi di masyarakat saat ini. Atau juga keterlibatan platform media sosial secara tak terpisahkan dalam strategi komunikasi di sebuah perusahaan. Gelombang disrupsi secara cepat dan senyap telah mengubah pola komunikasi yang sudah ada dan menciptakan standar barunya sendiri.

Kondisi ini diperparah dengan terjadinya pandemi virus COVID-19, di mana salah satu karakteristik khas masyarakat modern yang mobilitasnya tanpa batas, kini dipaksa secara tegas untuk back to the barrier dan saling menjaga jarak fisik antara satu dengan yang lain.

Relasi di masyarakat tidak lagi sama. Tak terkecuali yang juga terjadi dalam dunia usaha. Relasi yang harus dibangun sebuah perusahaan dengan masyarakat di sekitarnya juga sama sekali telah berubah. Interaksi secara online dan real time seketika menjadi tren yang mau tak mau harus diikuti.

Interaksi fisik sebisa mungkin tak digunakan lagi. Kondisi pandemi pada akhirnya mendorong gelombang disrupsi untuk bergulung semakin besar dan cepat. Sebuah tatanan baru terbentuk dan menjadi standar ‘new normal’ yang berlaku di masyarakat kita hari ini.

Bagi sebuah perusahaan, peran sebagai ujung tombak dalam menghadapi kondisi baru yang sangat challenging dan dinamis tersebut ada pada seorang Public Relation. Dalam pendekatan konvensional bisa saja sebagian orang masih beranggapan bahwa “don’t judge the book from the cover”. Namun realita hari ini mengajarkan bahwa sebuah citra bagi perusahaan tak ubahnya avatar yang sangat menentukan dalam berbagai aspek. Seorang konsultan keuangan sekaligus motivator berdarah Amerika-Kanada, Brian Tracy, membahasakan peran komunikasi dalam titik tersebut tak ubahnya seperti sebuah ilmu mengendarai sepeda atau menulis. Seolah sepele dengan cakupan ilmu yang lebih terkesan teknis, namun dapat mengubah kualitas dari seluruh bagian hidup kita.

Seorang CEO boleh saja bertindak sebagai nakhoda yang menentukan ke arah mana kapal akan berjalan. Namun seorang Public Relation lah yang bertugas mencari cara bagaimana memecah gelombang di depan agar tidak menghantam dan lalu mengkandaskan kapal, sehingga perjalanan dapat terus dilanjutkan. Seorang Public Relation bertanggung jawab penuh dalam hal strategi komunikasi dan informasi agar bahtera perusahaan tetap utuh saat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Berbekal dari pemikiran di atas, Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2020 bermaksud memberikan apresiasi setingg-tingginya terhadap peran dan fungsi Public Relation dalam menopang sebuah perusahaan untuk mewujudkan kinerja yang maksimal. Melalui IPRA 2020, Warta Ekonomi ingin mengapresiasi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terbukti telah mampu menjalankan peran Public Relation yang baik dengan mampu menciptakan pemberitaan yang positif dan citra yang baik di tengah-tengah masyarakat. Penghargaan ini akan didasarkan pada proses riset yang mendalam lewat beberapa metode. Salah satu adalah media content analysis untuk dapat melihat lebih jauh isi dari sebuah teks dan berbagai pemberitaan terkait perusahaan yang bersangkutan. "Proses analisa dari media monitoring juga bertujuan untuk memahami struktur makna dari sebuah teks berita yang kemudian dapat memperlihatkan sentimen positif, sentimen negatif, maupun netral. Semakin banyak sentimen positif yang muncul dari pemberitaan, maka menunjukkan kinerja Public Relation yang baik, sehingga mampu menghasil output berupa citra perusahaan yang baik di masyarakat," ujar Chief Executive Officer sekaligus Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Group, Mohamad Ihsan.

Proses media monitoring nantinya dilakukan dengan memantau pemberitaan secara online dalam enam bulan terakhir terkait perusahaan-perusahaan dari berbagai industri, diantaranya agribisnis, asuransi jiwa, asuransi umum, consumer goods, ritel, energi, farmasi, property & konstruksi, minyak dan gas, pembiayaan, perbankan, pertambangan, telekomunikasi, agritech dan information technology. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada foundation. Puncaknya, bersamaan dengan penganugerahan penghargaan kepada para pemenang, Warta Ekonomi Group juga mengundang dua tokoh besar di bidang komunikasi, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Bapak Johnny G Plate dan Ketua Persatuan Humas (Perhumas), Bapak Agung Laksamana, yang akan hadir sebagai Keynote Speaker terkait peran dan tantangan industri komunikasi di era disruptif dan pandemi COVID-19 ini. "Terakhir, Warta Ekonomi mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan IPRA 2020. Semoga upaya kami ini dapat semakin menyemangati dunia usaha nasional untuk selalu dan senantiasa menjaga kualitas peran kehumasannya, dan bahkan semakin meningkatkannya di masa-masa mendatang," tegas Ihsan.

 

DAFTAR PENERIMA PENGHARGAAN IPRA 2020

No        Company Name          Category         Title

1          PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk        Banking           Popular Banking Company for Publication Activity Strategy

2          PT Bank Mandiri (Persero) Tbk          Banking           Popular Banking Company for Event Activity Strategy

3          PT Bank DKI     Banking           Popular Banking Company for News Activity Strategy

4          PT Bank Nationalnobu Tbk      Banking           Popular Banking Company for Community Involvement Activity Strategy

5          PT Bank CIMB Niaga Tbk        Banking           Popular Banking Company for Inform Activity Strategy

6          PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB)         Banking           Popular Banking Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

7          BPR Serang     Banking           Popular Banking Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

8          PT Asuransi Jiwa Sequis Life Indonesia           Life Insurance Popular Life Insurance Company for Publication Activity Strategy

9          PT BNI Life Insurance  Life Insurance Popular Life Insurance Company for Event Activity Strategy

10        PT Asuransi Allianz Life Indonesia      Life Insurance Popular Life Insurance Company for News Activity Strategy

11        PT Prudential Life Assurance  Life Insurance Popular Life Insurance Company for Community Involvement Activity Strategy

12        PT Bhinneka Life Indonesia     Life Insurance Popular Life Insurance Company for Inform Activity Strategy

13        PT Asuransi Cigna       Life Insurance Popular Life Insurance Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

14        PT FWD Life Indonesia            Life Insurance Popular Life Insurance Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

15        PT Asuransi Sinar Mas            General Insurance      Popular General Insurance Company for Publication Activity Strategy

16        PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) General Insurance      Popular General Insurance Company for Event Activity Strategy

17        PT Asuransi Astra        General Insurance      Popular General Insurance Company for News Activity Strategy

18        PT Asuransi Wahana Tata       General Insurance      Popular General Insurance Company for Community Involvement Activity Strategy

19        PT Chubb General Insurance Indonesia          General Insurance      Popular General Insurance Company for Inform Activity Strategy

20        PT Asuransi Adira Dinamika Tbk        General Insurance      Popular General Insurance Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

21        PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)         Financial Service         Popular Financial Service Company for Publication Activity Strategy

22        PT Adira Dinamika Multi Finance       Multi Finance  Popular Multi Finance Company for Event Activity Strategy

23        PT Bussan Auto Finance          Multi Finance  Popular Multi Finance Company for Inform Activity Strategy

24        PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk   Telecommunication    Popular Telecommunication Company for Publication Activity Strategy

25        PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel)       Telecommunication    Popular Telecommunication Company for Event Activity Strategy

26        PT Telekomunikasi Selular      Telecommunication    Popular Telecommunication Company for Community Involvement Activity Strategy

27        PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin)    Telecommunication    Popular Telecommunication Company for Inform Activity Strategy

28        Telkomtelstra  Telecommunication    Popular Telecommunication Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

29        PT Hutchison 3 Indonesia        Telecommunication    Popular Telecommunication Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

30        PT Adhi Commuter Properti   Property & Construction         Popular Property & Construction Company for Publication Activity Strategy

31        PT PP (Persero)           Property & Construction         Popular Property & Construction Company for Event Activity Strategy

32        PT Summarecon Agung Tbk    Property & Construction         Popular Property & Construction Company for News Activity Strategy

33        PT Ciputra Development        Property & Construction         Popular Property & Construction Company for Inform Activity Strategy

34        PT Sinar Mas Land      Property & Construction         Popular Property & Construction Company for Collaboration Activity Strategy

35        PT Modernland Realty Tbk     Property & Construction         Popular Property & Construction Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

36        PT Meccaya Pharmaceutical Pharmacy        Popular Pharmacy Company for Publication Activity Strategy

37        PT Kimia Farma Tbk    Pharmacy        Popular Pharmacy Company for Community Involvement Activity Strategy

38        PT Kalbe Farma Tbk    Pharmacy        Popular Pharmacy Company for Inform Activity Strategy

39        PT Phapros Tbk           Pharmacy        Popular Pharmacy Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

40        PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk         Pharmacy        Popular Pharmacy Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

41        Djarum Foundation     Foundation      Popular Foundation for Publication Activity Strategy

42        Aksi Cepat Tanggap (ACT)      Foundation      Popular Foundation for Event Activity Strategy

43        DBS Foundation           Foundation      Popular Foundation for News Activity Strategy

44        Bakrie Center Foundation       Foundation      Popular Foundation for Community Involvement Activity Strategy

45        Tanoto Foundation      Foundation      Popular Foundation for Inform Activity Strategy

46        Putera Sampoerna Foundation           Foundation      Popular Foundation for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

47        Tahir Foundation         Foundation      Popular Foundation for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

48        PT Aneka Tambang Tbk          Mining Popular Mining Company for Publication Activity Strategy

49        PT Bukit Asam Tbk      Mining Popular Mining Company for News Activity Strategy

50        PT Kaltim Prima Coal  Mining Popular Mining Company for Inform Activity Strategy

51        PT Adaro Energy Tbk  Mining Popular Mining Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

52        PT Indonesia Power    Energy Popular Energy Company for Publication Activity Strategy

53        PT Perusahaan Gas Negara    Energy Popular Energy Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

54        PT Medco Energi Internasional Tbk   Energy Popular Energy Company for News Activity Strategy

55        PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)        Energy Popular Energy Company for Inform Activity Strategy

56        PT Energi Mega Persada Tbk Oil and Gas     Popular Oil & Gas Company for Publication Activity Strategy

57        PT Pertamina (Persero) Tbk   Oil and Gas     Popular Oil & Gas Company for Inform Activity Strategy

58        PT Total Oil Indonesia Oil and Gas     Popular Oil & Gas Company for Community Involvement Activity Strategy

59        PT Pertamina EP         Oil and Gas     Popular Oil & Gas Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

60        PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk            Consumer Goods         Popular Consumer Goods Company for Publication Activity Strategy

61        PT Procter & Gamble Home Products Indonesia (P&G Indonesia)    Consumer Goods         Popular Consumer Goods Company for Event Activity Strategy

62        PT Gudang Garam Tbk            Consumer Goods         Popular Consumer Goods Company for Inform Activity Strategy

63        Danone Indonesia       Consumer Goods         Popular Consumer Goods Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

64        PT Unilever Indonesia Tbk      Consumer Goods         Popular Consumer Goods Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

65        PT Triputra Agro Persada       Agribusiness    Popular Agribusiness Company for Publication Activity Strategy

66        PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk            Agribusiness    Popular Agribusiness Company for News Activity Strategy

67        PT Astra Agro Lestari Tbk       Agribusiness    Popular Agribusiness Company for Inform Activity Strategy

68        Wilmar Indonesia       Agribusiness    Popular Agribusiness Company for COVID-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy

69        PT Electronic City Indonesia Tbk        Retail   Popular Retail Company for Publication Activity Strategy

70        PT Ace Hardware Indonesia Tbk         Retail   Popular Retail Company for News Activity Strategy

71        PT Duta Intiguna Yasa (MR DIY)         Retail   Popular Retail Company for Inform Activity Strategy

72        PT 3M Indonesia         Retail   Popular Retail Company for Lobbying & Negotiation Activity Strategy

73        PT Tani Hub     Agribusiness Technology        Popular Agritech Company for Publication Activity Strategy

74        PT Anabatic Technologies Tbk            Information Technology         Popular Information Technology Company for Publication Activity Strategy

75        PT Astra Graphia Tbk  Information Technology         Popular Information Technology Company for Inform Activity Strategy

76        PT Astra International Tbk      Automotive     Popular Company Group for Automotive Business Activity Strategy

77        PT Riau Andalan Pulp and Paper        Basic Industry & Chemicals    Popular Basic Industry & Chemicals Company for Public Relation Activity Strategy

78        Perum BULOG Logistic            Popular Food Logistics Company for Publication Activity Strategy

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…