SCG Donasi Bilik Swab untuk Dua RS di Jakarta

Oleh : Candra Mata | Senin, 11 Mei 2020 - 21:17 WIB

SCG donasikan Bilik Swab untuk RS Tangani Corona
SCG donasikan Bilik Swab untuk RS Tangani Corona

INDUSTRY.co.id - Jakarta, SCG mendonasikan dua unit screening chamber atau Bilik SWAB Tes Covid-19 sebagai sebuah solusi inovatif SCG untuk RSAU dr. Esnawan Antariksa pada Jumat (11/5) dan sebelumnya untuk RS. St. Carolus pada Rabu (6/5).

Solusi ini diberikan guna meminimalisir kontak langsung antara tenaga medis dan pasien sehingga dapat menghindari penularan Covid-19 dari pasien kepada para tenaga medis. 

Bilik SWAB ini dibuat khusus dengan berkolaborasi bersama para dokter untuk memastikan keamanan, kebersihan, kenyaman, serta kesesuaian dengan kebutuhan rumah sakit dan tenaga medis. 

dr. Endrotomo Sumargono SpOT, Direktur RS St. Carolus mengatakan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini, Inovasi yang akan meningkatkan kinerja tenaga medis dalam mendiagnosis pasien sekaligus memberikan rasa aman sangatlah dibutuhkan mengingat tingginya presentase penularan dari pasien kepada tenaga medis. 

"Oleh karena itu, Kami sangat mengapreasiasi niat baik dan solusi inovatif dari SCG yang akan sangat bermanfaat bagi kami untuk mengatasi pandemi ini bersama-sama. Kami juga senang bahwa SCG melibatkan kami untuk bersama-sama mengembangkan desain dan membuat inovasi ini sesuai dengan kebutuhan kami” ujarnya. 

Sementara itu, Wiroat Rattanachaisit, Country Director - SCG Indonesia mengungkapkan oleh karena masih terus meningkatnya jumlah masyarakat terinfeksi Covid-19 di Indonesia setiap harinya dan banyaknya tenaga medis yang terkonfirmasi positif, SCG ingin turut bahu-membahu menangani pandemi ini khususnya dengan menciptakan inovasi Bilik SWAB. 

"RS. St. Carolus dan RSAU dr. Esnawan Antariksa adalah dua rumah sakit pertama dimana kami mengembangkan inovasi ini bersama dengan para dokter agar unit bilik kami sesuai dengan kebutuhan rumah sakit dan tenaga medis. Berbeda dengan yang lain, bilik SWAB ini memiliki konsep desain prefabricated yang mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk proses produksinya," ungkap Wiroat Rattanachaisit melalui keteranganya kepada Industry.co.id Senin malam (11/5).

Sedangkan dr. Berlian Arja Mukti, Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa menyebut banyak hal yang menjadi penyebab penularan Covid-19 terhadap tenaga medis salah satu yang paling utama adalah faktor keamanan. 

"Kami berterima kasih kepada SCG atas inovasi Bilik SWAB ini yang sangat kami harapkan dapat membantu kami meminimalisir penularan virus dari pasien kepada tenaga medis sehingga bisa menekan jumlah angka positif dan kematian akibat Covid-19 di Indonesia“ ujarnya. 

Perlu diketahui, unit Bilik SWAB SCG ini dibuat dengan konsep, desain, material, dan metode pemasangan yang dipikirkan dengan baik guna memastikan jaminan kualitas unit demi menunjang kinerja dokter dan tenaga medis lainnya. 

Dengan desain prefabricated, unit menjadi mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan, dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses produksi yaitu dua hari kerja untuk satu buah unit. Selain itu, keamanan menjadi faktor utama yang sangat diperhatikan.

SCG menggunakan struktur yang biasa digunakan untuk membangun rumah yaitu hollow steel structure sehingga menjadikan struktur unit yang kokoh. 

Untuk sirkulasi udara yang baik, unit dilengkapi dengan exhaust fan, bahan acrylic juga dipilih untuk memastikan penyerapan yang lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christian Atmadjaja Direktur Virtus.

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:38 WIB

Virtus Technology Indonesia Lanjutkan Program Virtus Bakti Negeri untuk Dukung Pengembangan SDM Digital di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia solusi infrastruktur…

Ilustrasi Galon

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:50 WIB

Ekonom Indef: KPPU Berkewajiban Desak BPOM Batalkan Wacana Pelabelan BPA Karena Berbau Persaingan Tidak Sehat

Ekonom senior Indef yang juga pengamat persaingan usaha, Nawir Messi, mengatakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkewajiban mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membatalkan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:40 WIB

Menteri Basuki : ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan dituntut tidak hanya pintar atau ahli di bidangnya saja, tetapi juga harus memiliki karakter yang…

Indonesia-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf Pascapandemi Covid-19 (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:30 WIB

Kebijakan Masker dicabut, RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi…

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:01 WIB

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Poso-Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi memastikan tersangka kasus terorisme yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tersisa satu orang…