Kabar Gembira, Perusahaan Semen Asal Jepang Guyur Investasi di Indonesia Capai Rp3,4 Triliun

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 April 2020 - 15:45 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB)/SBI yang sebelumnya PT Holcim Indonesia baru saja mendapatkan partner strategis asal Jepang.

Tak tanggung-tanggung partner baru ini akan berinvestasi di saham SMCB senilai US$ 220 juta (Rp 3,41 triliun, asumsi kurs Rp 15.500/US$.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), investor baru ini yakni Taiheiyo Cement Corporation (TCC), perusahaan semen asal Jepang.

Melalui induk usaha SMCB, yakni PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), keduanya telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Tak hanya berinvestasi, nantinya SBI juga akan mengekspor produk semennya ke negeri Sakura tersebut.

"Investasi yang dimaksud dalam MOU adalah sehubungan dengan rencana TCC untuk mengambil bagian atas saham atau melakukan investasi pada Perseroan dengan nilai rencana investasi TCC pada Perseroan sebesar US$ 220 juta atau ekuivalennya dengan Rupiah," tulis manajemen perusahaan, Rabu (22/4/2020).

Pelaksanaan investasi ini akan dilakukan dengan SBI bakal menerbitkan saham baru melalui penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue).

Selain itu, kedua perusahaan nantinya juga akan melakukan kerja sama terkait penelitian, pengembangan dan teknologi atas usaha masing-masing.

"Dengan penandatanganan MOU ini, Perseroan akan membangun kemitraan strategis yang diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan posisi Perseroan dalam melaksanakan kegiatan usahanya," jelasnya.(CNBC Indonesia)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:07 WIB

Laba Bersih ALDO Melesat 70,8% pada Kuartal I-2022

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”), emiten yang bergerak pada bisnis kertas dan bahan kimia yang terintegrasi, terus meraih kinerja yang positif pada awal tahun 2022 dengan bukukan kenaikan…