Kabar Gembira, Perusahaan Semen Asal Jepang Guyur Investasi di Indonesia Capai Rp3,4 Triliun

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 April 2020 - 15:45 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB)/SBI yang sebelumnya PT Holcim Indonesia baru saja mendapatkan partner strategis asal Jepang.

Tak tanggung-tanggung partner baru ini akan berinvestasi di saham SMCB senilai US$ 220 juta (Rp 3,41 triliun, asumsi kurs Rp 15.500/US$.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), investor baru ini yakni Taiheiyo Cement Corporation (TCC), perusahaan semen asal Jepang.

Melalui induk usaha SMCB, yakni PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), keduanya telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Tak hanya berinvestasi, nantinya SBI juga akan mengekspor produk semennya ke negeri Sakura tersebut.

"Investasi yang dimaksud dalam MOU adalah sehubungan dengan rencana TCC untuk mengambil bagian atas saham atau melakukan investasi pada Perseroan dengan nilai rencana investasi TCC pada Perseroan sebesar US$ 220 juta atau ekuivalennya dengan Rupiah," tulis manajemen perusahaan, Rabu (22/4/2020).

Pelaksanaan investasi ini akan dilakukan dengan SBI bakal menerbitkan saham baru melalui penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue).

Selain itu, kedua perusahaan nantinya juga akan melakukan kerja sama terkait penelitian, pengembangan dan teknologi atas usaha masing-masing.

"Dengan penandatanganan MOU ini, Perseroan akan membangun kemitraan strategis yang diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan posisi Perseroan dalam melaksanakan kegiatan usahanya," jelasnya.(CNBC Indonesia)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani dalam Forum G20 (ist)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 00:05 WIB

Di Paris Forum dan G20 Arab Saudi, Menkeu Sri Mulyani Jelaskan Cara Stabilkan Ekonomi dari Hantaman COVID-19

Sri Mulyani menceritakan langkah luar biasa yang telah diambil Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dalam menghadapi krisis ini dengan memperbolehkan pemerintah untuk memiliki defisit…

Enny Sri Hartati, Pengamat Ekonomi di diskusi Forum Monitor (Doc: Monitor)

Jumat, 10 Juli 2020 - 23:33 WIB

UMKM Enggak Pernah Naik Kelas, Terlalu!

Pandemi virus covid-19 yang berlangsung hampir tiga bulan nyaris membuat perekonomian nasional lumpuh. Bahkan, pelaku sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didominasi masyarakat…

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…