Danone Indonesia Sediakan Pangan Bernutrisi untuk Tenaga Medis dan Masyarakat Terdampak COVID-19

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 April 2020 - 09:16 WIB

Danone Indonesia Sediakan Pangan Bernutrisi untuk Tenaga Medis dan Masyarakat Terdampak COVID-19
Danone Indonesia Sediakan Pangan Bernutrisi untuk Tenaga Medis dan Masyarakat Terdampak COVID-19

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Guna membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat ditengah masa pandemi COVID-19, Danone Indonesia bekerjasama dengan organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Foodbank of Indonesia untuk menyediakan 33.000 makanan bergizi, 2000 suplai makanan pokok, serta bantuan nutrisi yang diberikan kepada tenaga medis, pekerja nonformal, kelompok rentan termasuk lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak di atas 1 tahun.

Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia menjelaskan, di tengah kondisi pandemi ini, Danone berupaya untuk dapat turut berkontribusi positif bagi kemajuan Indonesia, termasuk melalui penyediaaan akses makanan sehat.

Selain terus mengupayakan pasokan produk bernutrisi yang esensial bagi kesehatan masyarakat dengan protokol kesehatan yang ditingkatkan dan sesuai dengan anjuran pemerintah, pihaknya juga mendukung penyediaan makanan bergizi.

"Bantuan ini kami prioritaskan bagi pihak yang paling terdampak seperti. tenaga medis, pekerja nonformal, serta masyarakat dalam kategori dan area yang rentan," kata Vera melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Selasa (21/4/2020).

Dukungan nutrisi oleh Danone Indonesia diberikan kepada 14.000 tenaga kesehatan di 30 rumah sakit rujukan seperti RS Darurat Wisma Atlet, RS Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso dan berbagai Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas di Jakarta.

Sebanyak 19.000 makanan untuk pekerja nonformal, keluarga dengan lansia, anak-anak, hingga ibu hamil; serta 2.000 suplai makanan pokok dan 500 dukungan nutrisi berupa susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun.

Selain dukungan langsung, kelompok usaha Danone di Indonesia melalui kategori Specialized Nutrition (SN) juga aktif melakukan edukasi melalui kanal digital kepada konsumen untuk terus menjaga semangat pada ibu agar senantiasa berjuang menjaga kualitas kesehatan anak.

Beberapa diantaranya adalah bincang-bincang dengan Psikolog dan Dokter Spesialis Anak melalui Instagram @akuanaksgm, @bebeclub, dan @nutriclub_id mengenai berbagai topik mulai dari mendukung stimulasi anak selama di rumah, cara mengurangi stres para Ibu, hingga nutrisi penting untuk daya tahan tubuh si Kecil.

“Kami sangat menghargai dedikasi seluruh karyawan kami yang bekerja di pabrik, di lapangan, dan di rumah masing-masing yang bersama-sama mewujudkan komitmen penyediaan produk makanan dan minuman yang termasuk dalam kategori esensial oleh pemerintah, serta seluruh mitra yang terlibat dalam kegiatan ini," kata Vera.

"Kita harus bersatu dan terus saling menguatkan di tengah-tengah kondisi kesehatan ini. Selain patuh pada peraturan dan himbauan pemerintah serta mengikuti protokol kesehatan, kami berharap dukungan nutrisi ini dapat mendukung daya tahan tubuh masyarakat," tambahnya .

Berbicara mengenai imunitas, sistem imun tubuh merupakan hal penting yang harus dibangun tidak hanya pada saat terjadi pandemi, tetapi juga pada kehidupan sehari-hari.

Mengutip WHO, sistem imunitas didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia, termasuk penyakit yang disebabkan oleh organisme seperti bakteri, virus, atau produk biologis lainnya seperti toksin yang disebabkan oleh organisme tersebut.

Bagi kelompok rentan seperti ibu hamil, menyusui, anak-anak, serta tenaga medis, sistem imun tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga.

DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dalam edukasi digital di @nutriclub_id menjelaskan, meskipun berperan sebagai proteksi terhadap penyakit, pada keadaan tertentu sistem imun tubuh dapat melemah.

"Karena itu, fungsi sistem imun harus terus dijaga, di antaranya dengan beristirahat cukup, olahraga teratur, serta konsumsi makanan bergizi dan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta air putih yang cukup," kata Dr. Ariani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…