Edukasi Orang Tua di Tengah Pandemi Virus COVID-19, Ini Yang Dilakukan Pintek

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 April 2020 - 19:45 WIB

Pintek
Pintek

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perusahaan financial technology peer-to-peer lending yang bergerak dalam mendukung pendidikan di Indonesia, Pintek memperkenalkan kampanye #YangPentingBelajar bagi peserta didik yang melakukan kegiatan belajar di rumah. 

Kampanye ini dilatarbelakangi dari himbauan Pemerintah pada protokol pencegahan penyebaran virus COVID-19 agar tidak semakin meluas. Langkah ini merupakan bagian dari partisipasi perusahaan terhadap pendidikan di Indonesia, sekaligus kepedulian perusahaan dalam kelancaran aktivitas peserta didik di lingkungan rumah dan dukungan moril kepada orang tua dalam pengelolaan keuangan di situasi seperti ini.

Melalui PINtalk Online yang berjudul “#YangPentingBelajar di Rumah: Memaksimalkan Peran Orang Tua dalam Mendampingi Produktivitas Anak dan Keluarga”, Pintek menggandeng Najelaa Shihab, Pendidik dan Pendiri Keluarga Kita, untuk membagikan informasi kepada orang tua dalam mendukung dan mengawasi proses belajar anak selama di rumah. 

Selain itu, seminar online ini merupakan tempat untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan berbagi informasi mengenai permasalahan ekonomi yang dihadapi orang tua ditengah iklim perekonomian yang tidak menentu.

"Melalui kampanye #YangPentingBelajar, kami ingin berkontribusi dalam mendukung pendidikan di Indonesia agar tetap berjalan baik dan sesuai dengan misi pemerintah walaupun di kondisi seperti sekarang," kata Aries Purwo Dilliarso, Vice President of Risk Pintek di Jakarta, Kamis (16/4/2020). 

Aries menambahkan, Pintek ingin tetap menjadi pendorong dalam menciptakan sumber daya manusia berkompeten bagi yang membutuhkan skilling, upskilling, dan reskilling di tengah pandemi sehingga dapat menciptakan solusi terbaik dalam menghadapi tantangan ekonomi.

“Melalui #YangPentingBelajar kami hadir untuk membantu para orang tua dengan meringankan beban ekonomi untuk pendidikan anak agar tetap terlaksana dengan baik meskipun dalam kondisi seperti saat ini,” tutup Aries. 

Salah satu tantangan yang dihadapi orang tua adalah cara memaksimalkan perannya dalam mendukung kegiatan online learning peserta didik selama belajar di rumah. Selain memerlukan akses terhadap teknologi dan internet, peran dari orang tua berpengaruh dalam meningkatkan performa anak selama pembelajaran di rumah.

Najelaa Shihab, Pendidik dan Pendiri Keluarga Kita mengatakan, perubahan rutinitas memang tidak mudah, semua pihak dilatih menyesuaikan diri dengan cepat. Awali dengan bersepakat tentang jadwal harian baru, konsisten menjalankannya sambil mengelola energi dan emosi. 

"Tetap jaga kesehatan dan lihat perubahan ini sebagai kesempatan positif untuk mengembangkan diri kita dan anak lewat aktivitas online yang berkualitas dan menguatkan hubungan lewat interaksi menyenangkan di rumah," kata Najeela.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…